Pahami Kelebihan & Kekurangan VPS sebelum Pindah ke Server VPS

Kelebihan VPS

Meskipun bukan lagi teknologi baru, masih banyak yang belum memahami apa saja kelebihan dan kekurangan VPS.  

Ketidakpahaman ini menimbulkan keraguan pada web atau app developer pemula, apakah mereka harus menggunakan VPS ataukah teknologi lainnya.  

Jika Anda adalah salah satu yang berniat untuk menggunakan server VPS, ada baiknya Anda paham kelebihan dan kekurangannya, sebelum memindahkan proyek ke server VPS. Namun, sebelum itu mari kita mengetahui perbedaan VPS vs hosting biasa terlebih dahulu.  

Perbedaan VPS vs Hosting Biasa 

VPS dan hosting biasa memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi struktur, kontrol, dan performa. Berikut perbedaan VPS vs Hosting Biasa: 

1. Isolasi sumber daya 

VPS menempatkan sebagian sumber daya virtualnya seperti storage, RAM, dan CPU secara terpisah dari pengguna lainnya. Artinya, VPS memiliki sumber daya yang terisolasi, sehingga performa dan keamanannya lebih terjaga. Sedangkan, hosting tidak memiliki sistem isolasi sumber daya, sehingga pengguna hosting biasa harus berbagi sumber daya dengan pengguna lain pada server yang sama. 

2. Kontrol dan Akses 

Dalam hal kontrol dan akses, VPS memiliki kebebasan lebih tinggi dibandingkan pengguna hosting biasa. Pengguna VPS bebas menginstal perangkat lunak, mengonfigurasi server, dan melakukan tindakan administratif lainnya. Sedangkan, pengguna hosting biasa memiliki kontrol dan akses yang lebih terbatas, bergantung pada sistem yang digunakan provider. 

3. Harga 

VPS umumnya lebih mahal daripada hosting biasa. Hal ini dikarenakan VPS memiliki kebebasan kontrol dan akses serta keamanan yang lebih tinggi dibandingkan hosting biasa. Sedangkan, hosting biasa umumnya lebih terjangkau, karena pengguna berbagi sumber daya dan memiliki akses kontrol yang lebih terbatas. 

 

Fungsi VPS Linux 

VPS (Virtual Private Server) memiliki banyak jenis, di antaranya adalah VPS Linux. VPS Linux cukup populer di kalangan developer. Beberapa penyebabnya adalah ketersediaan open source, harga yang relatif terjangkau, kestabilan performa, serta fleksibilitas dan kontrol yang tinggi. 

Ketahui fungsi VPS Linux dari penjelasan di bawah ini: 

  • Hosting website 

Dengan kinerja yang andal dan keamanan yang diperkuat, VPS Linux adalah pilihan ideal untuk meng-host berbagai jenis website. VPS Linux memberikan kontrol penuh atas server dengan isolasi sumber daya, skalabilitas, dan keamanan yang kuat. Anda dapat menginstal dan mengonfigurasi perangkat lunak sesuai kebutuhan, serta menyesuaikan sumber daya server sesuai dengan pertumbuhan website. 

  • Backup File 

VPS Linux dapat digunakan untuk backup file dengan menggunakan perangkat lunak seperti rsync atau tar, serta melalui skrip otomatis yang dijadwalkan untuk menyalin file ke penyimpanan cadangan eksternal. Pendekatan ini memastikan keamanan dan ketersediaan data penting dengan kendali penuh atas proses backup dan pemulihan file jika diperlukan. 

  • VPN 

PS Linux dapat diatur sebagai server VPN dengan menginstal perangkat lunak seperti OpenVPN atau WireGuard, memungkinkan akses internet yang aman dan terenkripsi bagi Anda yang terhubung dari jarak jauh. Dengan kontrol penuh atas konfigurasi server, Anda dapat mengelola keamanan dan privasi data mereka sesuai kebutuhan. 

  • Remote Desktop 

VPS Linux dapat dijadikan sebagai remote desktop dengan menggunakan VNC atau X2Go, yang memungkinkan akses desktop dari jarak jauh melalui koneksi internet. Hal ini ideal untuk manajemen dan penggunaan aplikasi secara konsisten. 

 

Fungsi VPS Windows 

VPS windows juga merupakan jenis VPS yang memiliki popularitas tinggi di kalangan developer, sama halnya dengan VPS Linux. VPS Windows memiliki beberapa kegunaan, di antaranya: 

  • Remote desktop 

VPS Windows juga dapat dijadikan sebagai remote desktop. Anda dapat memanfaatkan fitur bawaan seperti Remote Desktop Protocol (RDP). Dengan mengaktifkan layanan Remote Desktop di VPS Windows, Anda dapat terhubung dari jarak jauh ke desktop Windows melalui koneksi internet, memungkinkan akses ke aplikasi dan data dari mana saja dengan keamanan yang terjamin. 

  • Menjalankan Aplikasi Windows  

Dengan menggunakan VPS Windows, Anda dapat menginstal dan menjalankan berbagai jenis aplikasi Windows seperti perangkat lunak bisnis, permainan, atau aplikasi berbasis desktop lainnya. Dengan akses jarak jauh yang diberikan melalui Remote Desktop Protocol (RDP), Anda dapat dengan mudah mengelola dan menggunakan aplikasi tersebut dari mana saja dengan koneksi internet. 

 

Perbedaan VPS dengan VM  

VPS dan VM (Virtual Machine) adalah dua bentuk virtualisasi yang populer dalam dunia komputasi. Perbedaan mendasar antara keduanya terletak pada tingkat isolasi dan kontrol yang dimiliki.  

VPS menyediakan lingkungan virtual yang terisolasi secara virtual untuk setiap pengguna di atas satu server fisik. Sementara, VM adalah lingkungan virtual yang lebih terisolasi sepenuhnya. Setiap VM menjalankan sistem operasi independen dan memberikan kontrol penuh kepada pengguna atas sumber daya yang dialokasikan, termasuk instalasi sistem operasi dan perangkat lunak yang diinginkan.  

Dalam praktiknya, VPS sering digunakan untuk hosting website, aplikasi web, atau layanan cloud yang memerlukan kinerja konsisten dan kontrol yang cukup. Sedangkan, VM sering digunakan untuk pengembangan, pengujian, atau lingkungan produksi yang memerlukan tingkat isolasi dan kontrol yang lebih tinggi.  

Salah satu contoh layanan VM di Indonesia adalah CloudRaya. CloudRaya menyediakan layanan VM andal yang dapat memenuhi kebutuhan pengembangan, pengujian, dan lingkungan produksi Anda dengan aman. Beberapa layanan VM seperti CloudRaya menawarkan harga yang fleksibel, sesuai dengan kebutuhan karena menggunakan sistem pay-per-use. 

7 Kelebihan VPS  

Agar Anda lebih yakin, perlu atau tidak memindahkan web dan aplikasi Anda ke server VPS, sekarang mari kita bahas kelebihan VPS.  

  1. Performa Lebih Bagus Dibanding Hosting

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, VPS memiliki performa yang lebih baik dibandingkan layanan hosting biasa. Hal ini dikarenakan VPS memiliki sumber daya yang lebih dedicated untuk penggunanya, serta memiliki akses dan kontrol yang lebih tinggi dibandingkan hosting biasa. 

  1. Fungsi Lebih Banyak

VPS secara keseluruhan memiliki fungsi lebih banyak dibandingkan layanan hosting biasa. Hosting hanya dapat digunakan untuk keperluan hosting dasar. Sedangkan, VPS cocok untuk berbagai keperluan hosting, termasuk website, aplikasi, game, email, dan VPN. 

  1. Harga Per Jam

Meskipun sekilas lebih mahal, VPS memiliki harga yang lebih fleksibel dibandingkan hosting biasa. Beberapa provider VPS menerapkan billing per-jam, yang mana memungkinkan Anda untuk mengontrol secara penuh penggunaan VPS yang sesuai dengan kebutuhan tanpa khawatir mengeluarkan biaya lebih. 

  1. Kapasitas Server Bisa Disesuaikan Kebutuhan

VPS juga memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dalam hal kapasitas server dibandingkan dengan layanan hosting biasa. Anda dapat menambahkan kapasitas server kapan saja sesuai kebutuhan, tanpa perlu membuat atau membeli server baru. 

  1. Mudah Dikostumisasikan

Selain memiliki fleksibilitas yang tinggi, VPS juga menawarkan layanan yang terkostumisasi. Artinya, Anda bebas mengelola server Anda sebagaimana pun Anda butuhkan. Hal ini tentunya merupakan sebuah keunggulan yang patut diperhitungkan oleh pemilik bisnis yang dinamis. 

  1. Tingkat Keamanan Tinggi

VPS memiliki sistem isolasi yang lebih tinggi dibandingkan layanan hosting biasa. Dengan begitu, Anda sebagai pengguna dapat mengontrol dan memastikan keamanan server VPS Anda sendiri tanpa ada campur tangan dari pengguna lain. 

  1. Lebih Cepat

Secara general VPS memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan layanan hosting biasa. Hal ini memastikan performa yang lebih andal, cepat, dan stabil. Selain itu, sumber daya yang terdedikasi untuk Anda juga cukup berperan dalam performa VPS yang cepat ini. 

 

Kekurangan VPS 

Seperti halnya teknologi pada umumnya, VPS juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui oleh calon penggunanya.  

  1. Memiliki Kemampuan Pengoperasian Linux

VPS mengharuskan penggunanya untuk memiliki kemampuan IT yang cukup tinggi, salah satunya adalah memiliki kemampuan mengoperasikan OS Linux. Pengguna yang belum terbiasa mengoperasikan Linux mungkin akan sedikit kesulitan dalam proses penerapannya. 

  1. Harga Lebih Mahal Dibandingkan Hosting

Seperti yang telah dijelaskan, VPS memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan hosting biasa. Hal ini menjadikan VPS kurang cocok bagi Anda yang mungkin baru memulai bisnis, atau hanya sekadar mempelajari cara meluncurkan website. 


  1. Manage Mandiri

Sebagian pengguna mungkin merasa mengelola servernya sendiri secara mandiri merupakan sebuah keuntungan. Namun, bagi pemula atau seseorang tanpa background IT yang mumpuni, mengelola IT secara mandiri bisa jadi sangat rumit dan susah untuk dilakukan.  

  1. Migrasi File Mandiri

Salah satu tantangan pengguna VPS adalah Anda harus memiliki kemampuan untuk melakukan migrasi file secara mandiri. Jadi, bagi Anda yang mungkin belum memiliki kemampuan ini perlu memikirkan lagi sebelum memutuskan berpindah ke VPS. 

 

VM CloudRaya Lebih Dari VPS Biasa  

Dari artikel ini, dapat diketahui banyak kelebihan VPS yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan proyek digital Anda. 

Namun, jika Anda membutuhkan teknologi yang lebih canggih dan kompleks untuk keperluan pengembangan aplikasi, staging, atau kebutuhan produksi lainnya, maka Anda perlu mengenal VM dari CloudRaya. 

Layanan VM CloudRaya lebih dari VPS biasa. Secara general, VM CloudRaya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan skalabel dibandingkan VPS. Di CloudRaya, Anda dapat men-deploy website maupun aplikasi, mulai dari proses produksi, hingga staging. Anda juga dapat mengkostumisasi VM Anda sebagaimana Anda membutuhkannya. Hal ini membuat VM CloudRaya cocok bagi Anda yang memiliki project digital yang besar dan dinamis. 

Selain menawarkan fungsi yang lebih banyak daripada VPS biasa, VM CloudRaya memiliki performa yang lebih tinggi, andal, dan aman. VM CloudRaya menawarkan sistem pembayaran yang fleksibel yaitu sistem pay-per-use. Artinya, Anda hanya perlu membayar sumber daya yang Anda gunakan.  

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud