Mengenali Error 404 : Not Found dan Cara Menyiasatinya

Apa Itu Error 404

Pernah tidak, saat membuka sebuah website kamu menjumpai kata “Error 404 : Not Found”. Yup, pasti kata-kata ini tak lagi asing untuk kamu jumpai pada berbagai website bukan? Bahkan, seringkali membuat kita sebagai pengunjung website merasa kesal dan jengkel, karena ketika kata-kata ini muncul, maka dapat dipastikan bahwa website yang tengah dituju tidak bisa diakses.

Tapi, Sebenarnya apa sih, yang dimaksud dengan “Error 404 : Not Found.” Apakah itu sebuah kode rahasia atau sebuah pesan larangan? Nyatanya, Error 404 ini merupakan bentuk peringatan yang timbul saat browser kamu tidak dapat menemukan sebuah halaman ataupun file yang diakses. Nah, pesan kesalahan yang satu ini, umumnya berasal dari script website yang kamu miliki.

Kira-kira apa saja yang menyebabkan Error 404 ini? Dan tindakan seperti apa yang dapat dilakukan untuk menyiasati Error 404 ini? Yuk, langsung saja kita bahas mulai dari faktor penyebab terlebih dahulu.

Penyebab Error 404 : Not Found

1.   Keliru Menyisipkan URL

Yup, ini menjadi salah satu faktor dari munculnya pernyataan Error 404. Umumnya, masalah ini bisa terjadi akibat adanya typo pada penulisan URL. Mulai dari typo huruf, tanda baca, angka, penempatan kapital, dan lain sebagainya.

2.   Masalah Pada Caching

Faktor berikutnya adalah timbulnya error caching atau permasalahan pada caching. Yup, masalah yang satu ini dapat muncul dan bisa menyebabkan error, ketika browser tidak bisa menemukan file cache website, maka muncullah Error 404 ini.

3.   Masalah Pada Pengaturan DNS

Selain kekeliruan pada penyisipan URL, dan masalah yang dialami pada changing. Faktor lain yang bisa menjadi penyebab munculnya Error 404 terletak pada domain yang ternyata belum dipropagasi ke Domain Name System (DNS). Dengan adanya hal ini, kata Error 404 pun muncul saat pengaksesan terhadap website dilakukan.

4.   Gangguan Pada Plugin atau Tema

Error 404 juga dapat disebabkan oleh gangguan terhadap Plugin dan tema. Dalam beberapa peristiwa, permasalahan terhadap plugin atau tema mampu mempengaruhi link URL website. Maka dari itu, memastikan plugin dan tema tidak memiliki gangguan ataupun permasalahan lainnya, harus bisa kamu pastikan.

Intip Siasat Mengatasi Error 404 : Not Found

1.   Meninjau Penulisan URL

Seperti yang kita ketahui, kekeliruan pada penyisipan URL menjadi salah satu faktor dari munculnya Error 404. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal ini kamu perlu memperhatikan atau meninjau penulisan URL dengan baik dan benar agar tidak keliru. Mulai dari tanda baca, penempatan angka, huruf, dan lain sebagainya.

2.   Memberlakukan Reload atau Refresh Halaman

Cara selanjutnya adalah melakukan reload atau refresh terhadap halaman. Yup, pemberlakuan reload atau refresh terhadap halaman ini merupakan hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi error 404 not found.

Untuk melakukannya pun terbilang cukup mudah, yang mana kamu hanya perlu menekan tombol F5 pada keyboard. Dan mengklik tanda refresh yang bisa dijumpai di sebelah kiri address bar pada browser.

3.   Melakukan Pembersihan History Browser dan Cache

Menghapus cache dan history browser dapat menjadi solusi ketika kamu menjumpai masalah, ini adalah siasat yang bisa kamu terapkan selanjutnya. Dimana, sekumpulan history browser dan cache yang menyimpan halaman 404 error ini, dapat dihapus untuk menghindari tampilan website yang terus menerus error.

Tentu kamu tidak mau bukan hal ini terus menerus berlangsung? Maka dari itu, segeralah akses menu history di settings dan lakukan pembersihan terhadap browser dan cache.

Sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi jika mendapati “Error 404 : Not Found”. Kamu bisa lebih mudah menemukan penyebab dan solusi untuk mengatasinya. Semoga informasi yang bisa kamu dapatkan di artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah “Error 404 : Not Found”.

Temukan artikel seputar IT lebih banyak lagi di blog Cloud Raya. Atau, jika membutuhkan tutorial seputar cloud, And bisa mengunjungi Cloud Raya Knowledge Base. Dan juga jangan lupa untuk mencobai dashboard Cloud Raya yang sangat simpel dan user-friendly.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Comments are closed.

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud