ARTICLE
Mengenal Virtual Private Cloud (VPC), Fungsi, dan Kelebihannya

Mengenal Virtual Private Cloud (VPC), Fungsi, dan Kelebihannya

31 Mei 2022 by Marketing Cloudraya

Di tengah pesatnya era digitalisasi ini, beberapa dari Anda mungkin masih asing lagi dengan istilah VPC atau Virtual Private Cloud. Lalu sebenarnya apa itu VPC beserta fungsi dan kelebihannya? Simak artikel berikut untuk mendapatkan informasi dan penjelasan lebih lanjut.

Apa itu Public Cloud?

Public cloud merupakan infrastruktur cloud yang dapat diakses secara umum. Banyak pelanggan maupun pengguna dari vendor cloud yang dapat mengakses infrastruktur yang sama, meskipun data mereka tidak dibagikan. Hal tersebut sama dengan analogi sebuah hotel, penyedia layanan Public Cloud adalah pemilik hotel yang menyediakan kamar-kamar beserta fasilitas didalamnya untuk disewakan ke pengunjung. Pengunjung di sini merupakan pengguna Public Cloud. Mereka melakukan aktivitas bersamaan di gedung yang sama namun secara terpisah.

Pada Public Cloud terdapat istilah yang sering digunakan yaitu VPC atau Virtual Private Cloud. Tapi apa itu sebenarnya Virtual Private Cloud?

Virtual Private Cloud

Virtual Private Cloud atau yang biasa disebut dengan VPC merupakan suatu fitur networking pada Public Cloud. Fitur ini memberikan keamanan dan fleksibilitas yang lebih pada penggunanya. Dengan adanya VPC, pengguna bisa mengatur resource infrastruktur mereka agar lebih cocok dengan kebutuhan setiap penggunanya.

Untuk keamanannya, Virtual Private Cloud membantu mengisolasi infrastruktur dengan cara filtering siapa saja yang dapat mengakses infrastruktur cloud Anda.

Fitur Utama Virtual Private Cloud (VPC)

Beberapa fitur utama dari VPC yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Agility, Anda dapat mengontrol ukuran jaringan virtual dan menggunakan sumber daya cloud kapan pun bisnis Anda untuk membutuhkannya dan juga Anda dapat memberikan skala sumber daya secara dinamis dan real-time.
  • Security, Anda memiliki kontrol keamanan penuh atas bagaimana sumber daya dan beban kerja yang diakses.
  • Affordability, Anda dapat mengambil keuntungan dari keefektifan biaya seperti menghemat biaya perangkat keras, waktu kerja Anda dan juga sumber daya lainnya.

Bagaimana Isolasi Virtual Private Cloud (VPC) dalam Public Cloud?

VPC mengisolasi atau merahasiakan (privat) berbagai sumber daya komputasi dari sumber daya komputasi lain yang tersedia di public cloud. Teknologi utama yang dapat digunakan untuk mengisolasi VPC dari public cloud lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Subnet

Subnet merupakan rentang alamat IP dalam jaringan yang dicadangkan sehingga tidak tersedia untuk semua orang di dalam jaringan atau bersifat privat. Dalam VPC alamat IP pribadi tidak dapat diakses melalui internet publik, tidak seperti alamat IP biasa, yang dapat dilihat oleh publik.

  • VLAN

LAN atau Local Area Network merupakan jaringan area lokal, atau sekelompok perangkat komputasi yang semuanya terhubung satu sama lain tanpa menggunakan internet. Sedangkan VLAN merupakan salah satu jenis LAN virtual. Seperti subnet, VLAN adalah cara mempartisi jaringan, tetapi partisi terjadi pada lapisan yang berbeda dalam model OSI (lapisan 2 bukan lapisan 3).

  • VPN

VPN atau Virtual Private Network merupakan jaringan pribadi virtual yang cara kerjanya menggunakan enkripsi untuk membuat jaringan pribadi di atas jaringan publik. Lalu lintas VPN melewati infrastruktur internet yang dibagikan secara publik – router, sakelar, dan lain-lain. – tetapi lalu lintasnya diacak dan tidak terlihat oleh siapa pun.

VPC umumnya akan memiliki subnet dan VLAN khusus yang hanya dapat diakses oleh pelanggan VPC. Ini dapat menjadi tindakan pencegahan bagi siapa pun di public cloud yang ingin mengakses sumber daya komputasi di dalam VPC. Pelanggan VPC biasanya terhubung melalui VPN ke VPC mereka, sehingga data yang masuk dan keluar dari VPC tidak terlihat oleh pengguna cloud publik lainnya.

Apa Keuntungan Virtual Private Cloud (VPC)?

  1. VPC adalah SDN yang memungkinkan Anda untuk dapat menyesuaikan pengaturan jaringan yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Operasi manajemen berlaku secara real time.
  • Isolasi aman karena memiliki berbagai sistem keamanan yang mampu menjaga data privasi Anda.
  • Skalabilitas, karena memiliki cara kerja dengan banyak produk dan mengelola portal internet dengan mudah untuk menyediakan arsitektur cloud hybrid.
  • Instance VPC dari pengguna yang berbeda sepenuhnya terisolasi satu sama lain dan tidak berbagi internet.
  • Fleksibilitas SDN dapat digunakan dengan cara mengkonfigurasi jaringan sesuai kebutuhan, menyesuaikan rentang alamat IP dan tabel rute.

Demikian penjelasan dan pembahasan mengenai VPC, fungsi, dan kelebihannya. Apakah artikel ini cukup membantu? Anda juga dapat memanfaatkan berbagai kelebihan dan fitur-fitur VPC dalam berbagai jenis pekerjaan yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi maupun kelompok.

Temukan artikel-artikel seputar teknologi lainnya di Blog Cloud Raya, atau Anda juga bisa mengunjungi Knowledge Base kami untuk mendapatkan artikel tutorial seputar teknologi Cloud Raya. Untuk mencoba dashboard dan fitur-fitur Cloud Raya jangan ragu untuk register gratis di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image