Mengenal Metaverse, Pengertian dan Cara Kerjanya

Mengenal Metaverse

Belum lama ini, Metaverse menjadi topik yang sering terdengar hingga menjadi populer dibicarakan di seluruh dunia. Metaverse merupakan dunia dalam bentuk 3D. Kabarnya, melalui Metaverse orang-orang nantinya bisa saling berinteraksi secara virtual, namun seperti di kehidupan sungguhan.

Di dalam dunia metaverse, pengguna bisa membuat avatar sesuai yang diinginkan. Avatar dalam bentuk 3D tersebut merupakan replika diri Kamu yang tergambar dalam sebuah animasi 3D. Avatar ini bahkan bisa dipakai sebagai representasi pengguna di jejaring sosial.

Jika Kamu ingin tau lebih detail mengenai Metaverse, simak ulasannya berikut ini:

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah teknologi yang mengembangkan dunia virtual 3D untuk individu saling berinteraksi satu sama lain. Di dalamnya akan berisi avatar milik para penggunanya di dunia nyata.

Di dalam dunia Metaverse, Kamu bisa melakukan berbagai hal, mulai dari bermain game, menonton konser secara virtual, melakukan jual beli, bahkan bekerja dan menghasilkan uang. Uniknya, Kamu bisa memilih menjadi siapapun serta bertemu dengan pengguna lain dari seluruh dunia yang kemudian berinteraksi layaknya kehidupan nyata.

Dunia virtual ini pertama kali dicetuskan oleh Mark Zuckerberg yang tak lain adalah CEO Facebook. Melalui Metaverse, Zuckerberg berusaha melakukan rebranding perusahaan miliknya untuk menuju generasi baru dari media sosial.

Alat yang Perlu disiapkan Untuk Masuk ke Metaverse

Sebelum berselancar di dalamnya, Kamu perlu mendownload aplikasi Sensorium Galaxy sebagai media untuk membuat avatar pengguna di Metaverse. Selain itu, Kamu juga perlu menyiapkan alat pendukung, seperti kacamata AR yang dilengkapi controller stick, yang dapat mendukung teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality).

Sarung tangan haptic, ataupun dukungan audio juga bisa dijadikan opsi agar dapat menciptakan pengalaman terbaik layaknya berselancar di dunia nyata. Karena Kamu bakal melihat pemandangan indah, mendengar suara, hingga merasakan berbagai hal yang seolah dapat tersentuh. Tentu saja terasa sangat penuh sensasi.

Cara Membeli Tanah di Metaverse

Membeli tanah di media virtual tentu sulit dibayangkan. Namun hal itu menjadi mungkin di dunia virtual satu ini, karena Metaverse juga menyediakan lahan yang bisa Kamu gunakan untuk mendirikan tempat tinggal ataupun perusahaan di Metaverse. Benar-benar seperti dunia nyata, ya!

Peluang investasi property digital yang dibuka oleh Metaverse ini bahkan telah sukses menarik beberapa investor, terlepas dari nasibnya di masa depan yang belum bisa diprediksi. Apakah menguntungkan untuk jangka panjang, atau justru sebaliknya.

Metaverse Coin

Masih ada hal menarik lainnya dari Metaverse, yakni adanya mata uang yang bisa Kamu gunakan setiap kali melakukan transaksi di dalam dunia Metaverse, yaitu mata uang yang dikenal sebutan Metaverse Coin.

Selain digunakan untuk transaksi, Metaverse Coin juga dapat Kamu gunakan untuk berinvestasi, karena coin ini nantinya dapat dikonversi menjadi token aset Crypto, seperti Ethereum (ETH). Tak hanya itu, Kamu juga bahkan bisa membeli NFT (Non-fungible Token) dan juga layanan lainnya dengan Metaverse Coin.

Nah, itulah penjelasan mengenai Metaverse. Meskipun Metaverse ini akan  terwujud dalam waktu 10 hingga 15 tahun kedepan karena dalam pengembangannya tentu butuh peran dan kolaborasi antar-perusahaan besar, namun seluruh dunia seolah siap dengan perubahan dan kemajuan teknologi yang terus menantang.

Simak terus update teknologi di blog kami. Atau, Anda juga mengunjungi Knowledge Base kami untuk mendapatkan tutorial-tutorial bermanfaat seputar IT dan Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud