Memahami Apa Itu Big Data? Konsep dan Karakteristiknya

Big Data

Saat ini, era digitalisasi semakin maju dan berkembang pesat. Begitupun dengan fenomena big data yang kini tak lagi dapat dipungkiri dan menjadi istilah yang cukup umum untuk dijumpai saat ini.

Meskipun menjadi istilah yang cukup umum. Seringkali, konsep big data banyak tidak diketahui apalagi dipahami. Padahal, konsep yang satu ini cukup penting, lho untuk dipahami. Eits, tapi jangan khawatir… Karena artikel ini akan menyajikan pembahasannya untuk kamu, yuk simak penjelasan berikut ini.

1.  Memahami Apa Itu Big Data?

Big Data dapat disebut sebagai serangkaian data yang terdapat dalam jumlah sangat besar, terbilang rumit, dan dapat terus bertambah sepanjang waktu. Data ini dapat diperoleh dari adanya kegiatan internet yang secara berkala terus-menerus dilakukan.

Saat ini, ada berbagai jenis data dalam berbagai bentuk dan variasi. data yang kamu peroleh semakin beragam, layaknya postingan media sosial, riwayat belanja pada marketplace, sampai pencarian di search engine yang menunjukkan ketertarikan Anda tentang suatu topik.

2.  Karakteristiknya

Sebelum berkenalan lebih jauh, ada baiknya kita ketahui apa saja sih karakteristik dari big data itu sendiri?

a.   Volume

Volume menjadi karakteristik terpenting yang dimiliki oleh big data, utamanya big data ini sendiri memiliki volume yang cukup besar, dan bisa didapati secara keseluruhan atau berdasarkan pengelolaan terhadap platform. Layaknya platform media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lain sebagainya.

b.   Velocity

Proses velocity atau kecepatan produksi suatu data merupakan salah satu karakteristik pada big data. Kecepatan produksi ini berlangsung secara instan dan berbagai bentuk perubahan sangat mungkin untuk terjadi secara real-time.  penggunaan data. Dengan adanya internet.

c.   Veracity

Semakin besar jumlah sebuah data, maka  semakin sulit pula pengelolaan terhadap data dilakukan dengan baik dan benar. Misal terjadi kesalahans error atau kesalahan proses, efek yang besar pun tidak dapat dipungkiri. Oleh karenanya kriteria Veracity ini amat diperlukan.

d.   Value

Big data memiliki nilai atau value yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada seluruh penggunanya dalam melakukan pengaksesan berbagai informasi dengan cepat, serta memperoleh keputusan dengan tepat berdasarkan berbagai data yang ada.

3.  Integrasi Data

Integrasi data dapat dikatakan sebagai sebuah proses yang dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan semua data yang telah dibuat sampai menjadi big data. Semua data tersebut akan tercatat pada sistem yang mana berikutnya, berbagai data itu akan dikenakan pada proses atau tahapan selanjutnya.

4.  Pengelolaan Terhadap Data

Data yang diperoleh harus dikelola dengan tepat, entah saat menyimpan atau mengaksesnya. Pengelolaan ini dilakukan agar data tersebut nantinya tetap terjaga dengan baik tanpa adanya gangguan. Maka dari itu, sebuah ruang penyimpanan besar sangat diperlukan agar pengaksesan dapat dilakukan dimana saja.

Dalam masalah bisnis, penggunaan website dengan layanan hosting yang kompeten dan tepat merupakan siasatnyaa. Makanya, semua aktivitas bisnis dan data yang dihasilkan.

5.  Pemberlakuan Analisis Data

Seluruh data yang telah tersimpan, nantinya akan dikelompokkan berdasarkan jenisnya dan dapat dianalisa atau ditinjau untuk kebutuhan lebih lanjut.

Seperti halnya saja pada riwayat belanja konsumen di toko online, yang bisa menyuguhkan informasi produk apa yang nantinya  dapat ditawarkan, jadi ketika konsumen tersebut sedang berbelanja. Peluang pembelian produk semakin besar karena bentuk penawarannya dapat dikatakan semakin relevan.

Temukan artikel-artikel seputar IT lainnya di blog Cloud Raya, atau Anda juga bisa langsung sign up secara gratis dan mendapatkan kesempatan untuk mencobai fitur-fitur Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud