ARTICLE
Keuntungan Menggunakan Cloud Security

Keuntungan Menggunakan Cloud Security

25 September 2020 by Marketing Cloudraya

Tentunya ada banyak keuntungan menggunakan cloud security secara online. Itulah sebabnya banyak perusahaan saat ini memilih untuk menggunakannya daripada memakai media penyimpanan offline. Cloud security sendiri merupakan perlindungan data yang disimpan menggunakan komputasi awan secara online.

Dalam hal ini metode keamanannya meliputi penetration testing, firewalls, VPN, menghindari koneksi internet publik, dll. Jadi sistem yang digunakan merupakan cara untuk menghindari cyber crime. Beruntungnya teknologi ini sekarang prosesnya lebih mudah dan tidak butuh banyak waktu.

Saat ada perubahan pada sebuah program dalam jaringan lokal, maka datanya bisa disesuaikan kembali dengan cara diinstal ulang. Saat digunakan pada komputer, maka diperlukan program aplikasi dan sistem operasi yang mendukung. Sehingga kinerjanya bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Melihat dari segi kemudahannya tersebut, hal ini membuat beberapa perusahaan besar mulai meliriknya. Meskipun sistemnya hanya dapat disewa, namun itu cukup membuat data informasi penting perusahaan selalu terjaga dengan aman. Itulah sebabnya dikatakan bahwa keuntungan menggunakan cloud security itu sangat banyak, terlepas dari prosesnya.

Keamanan Penyimpanan Informasi pada Cloud Computing

Meskipun setiap layanannya dianggap memberikan keuntungan tersendiri dalam menyelesaikan masalah teknologi, namun ternyata kompitasi awan ini tidak benar-benar aman. Jika tidak memilih provider yang tepat, maka data rahasia penting perusahaan Anda bisa berisiko dicuri orang.

Maka dari itu, dalam hal ini pihak manajemen bertugas untuk bertanggung jawab atas segala risiko keamanan perlindungan data sistem pelanggan. Anda harus memperhatikan prosedur dan penerapan kebijakannya dengan baik untuk menjamin keamanan data pelanggan. Kebijakan itu pun harus sesuai dengan prakteknya.

Jadi sebelum mencari tahu keuntungan menggunakan cloud security, Anda harus mengenal seputar hal itu dulu. Sehingga Anda tahu harus memilih layanan komputasi awan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena bagaimanapun juga security controls yang digunakan tidak jauh berbeda dengan environment IT.

Hanya saja teknologi cloud memanfaatkan media internet, sehingga risiko yang ditimbulkan menjadi berbeda dari kondisi IT tradisional pada umumnya. Yang pasti untuk menentukan tingkat keamanannya, Anda bisa melihatnya dari securitynya. Salah satunya apakah security control digunakan untuk beberapa layer atau satu saja.

Selain itu perhatikan juga soal network, sistem, fasilitas, aplikasi, dan data security. Seharusnya provider yang baik selalu memasukkan security control pada setiap proses dan manajemennya. Sehingga ada pemisahan tugas sesuai fungsinya agar kinerjanya berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Dengan memperhatikan hal ini, tentunya Anda bisa mendapatkan keuntungan menggunakan cloud security yang benar. Biar bagaimanapun juga setiap pengguna tidak mungkin bisa mendapatkan keuntungan bila mereka tidak tahu keamanan yang digunakan oleh providernya seperti apa. Maka dari itu perhatikan dulu keamanan penyimpanannya sebelum memilihnya.

Faktor Penting agar Keamanan Cloud Terjaga

Berbicara teknologi awan, tentunya Anda tidak asing dengan sistem keamanannya. Seperti yang diketahui bahwa teknologi ini memudahkan Anda dalam melakukan penyimpanan data secara online. Namun bila tidak hati-hati, data Anda bisa dicuri orang begitu saja. Maka dari itu perhatikan berikut ini supaya keamanan cloud terjaga:

  1. Ketika mulai memutuskan memakai teknologi cloud, pastikan proteksi datanya harus aman dari provider. Anda harus tahu metode seperti apa yang digunakan oleh mereka untuk menjaga data tetap aman. Tanyakan juga lokasi penyimpanan datanya karena hal ini berkaitan dengan data center.
  2. Supaya bisa merasakan keuntungan menggunakan cloud security, sebaiknya Anda harus tahu seperti apakah aksesnya. Anda harus memahami dulu peraturan yang ditetapkan oleh provider. Salah satunya tahu siapa yang dapat mengakses file A dan sebagainya. Hal ini berkaitan dengan security control.
  3. Bila ingin mendapat keuntungan yang nyata dari teknologi ini, pahami dulu standar pihak vendor. Misalnya memakai ISO 27001 atau COBIT. Sehingga dari sinilah ketika ada masalah, Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat. Karena Anda sudah tahu standard cloud yang digunakan dari awal.
  4. Sifat cloud umumnya resource sharing. Jadi Anda harus selalu siap ketika ada seorang penyewa yang melakukan kecurangan sehingga keamanan data menjadi tidak aman. Bagaimanapun juga data yang disimpan bisa jadi menjadi satu dengan lainnya. Maka dari itu tanyakan soal multi tenancy.

Keuntungan Menggunakan Cloud Security

Cloud bisa diartikan menjadi media penyimpanan data secara online hanya dengan mengunggahnya saja. Jadi cara menggunakannya sangat mudah. Saat ini ada banyak jenis cloud yang bisa dipakai untuk kebutuhan personal dan bisnis. Berikut ini adalah keunggulan menggunakan cloud securityuntuk media penyimpanan data, antara lain:

  1. Tidak dapat dipungkiri bila teknologi ini fleksibilitas kapasitasnya sangat bagus. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan soal kapasitasnya karena bersifat tidak terbatas. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan tanpa penambahan perangkat seperti server konvensional. Sehingga keuntungannya jelas lebih irit biaya dan waktu.
  2. Keuntungan menggunakan cloud security lainnya adalah sangat aman. Karena didalamnya sudah dilengkapi dengan enkripsi khusus. Dengan adanya enkripsi membuat setiap data dilapisi oleh keamanan berlapis. Sehingga kerahasiaan data selalu terjaga sepanjang waktu melebihi dari penggunaan media penyimpanan yang masih manual. Itulah sebabnya cloud security populer.
  3. Umumnya setiap keamanan cloud sudah didukung dengan proses back up data dengan baik. Sehingga setiap data yang tersimpan selalu terjaga tanpa masalah dan tidak hilang. Jadi saat ada salah satu yang hilang, Anda masih bisa menggunakannya lagi karena ada fitur back up disini.

Contoh Penerapan Cloud Security

Setelah memahami keuntungan menggunakan cloud security, lantas untuk apakah menggunakannya? Sebenarnya teknologi ini bisa diterapkan untuk banyak hal. Baik itu untuk memenuhi kebutuhan personal, bisnis, pemerintahan, dll. Berikut ini adalah contoh penerapan dari cloud security, antara lain:

  1. Untuk bisnis, penerapannya sangat penting sekali karena berpengaruh terhadap kelangsungan usaha perusahaan. Ini penting sekali bila perusahaan menggunakan platform web sehingga privasi dan security data sering menjadi permasalahan utama. Maka dari itu keamanan cloud sangat diperlukan untuk kebutuhan bisnis.
  2. Tidak hanya untuk bisnis saja, penerapannya juga berlaku untuk pemerintahan. Dengan menerapkan cloud security pada e-Government membuat layanan yang diberikan kepada masyarakat semakin baik dan meningkat. Karena akhirnya pemerintah bisa lebih fokus untuk melayani masyarakat tanpa memikirkan perangkat dan konfigurasinya.
  3. Penerapannya juga berlaku di bidang militer. Dengan cloud security membuat pertahanan setiap negara lebih kuat dari serangan luar. Peralatan canggih bisa dijalankan dari komputer saja. Begitu juga untuk navigasi kapal selam dalam melakukan simulasi peperangan. Itulah sebabnya pengiriman sandi militer biasanya menerapkan teknologi ini juga.
  4. Di bidang kesehatan, teknologi ini berperan sebagai telemedicine. Setiap permasalahan kesehatan bisa diselesaikan dengan layanan jarak jauh. Itulah sebabnya sekarang ini banyak dokter bisa berkomunikasi ke pasiennya untuk melakukan pengobatan melalui internet. Sehingga cara ini memberikan keuntungan kepada pasien karena lebih aman dan menghemat tenaganya.

Melihat beberapa penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa cloud security membuat pekerjaan manusia semakin praktis dan segala data informasinya menjadi lebih aman. Itulah sebabnya keuntungan menggunakan cloud security tidak bisa diabaikan begitu saja karena memang sangat menguntungkan.

Cloud Raya menyediakan layanan cloud teknologi termasuk cloud security dengan tingkat keamanan yang tinggi. Cloud Raya merupakan bagian dari WOWRack Indonesia yang memiliki sertifikasi ISO 27001. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya