Keuntungan dalam Menggunakan Cloud Computing

Blog CloudRaya-03

Banyak keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing yang bisa Anda rasakan, salah satunya dalam finansial. Teknologi canggih ini memanfaatkan jaringan internet dengan komputerisasi, sehingga dapat memudahkan pekerjaan manusia. Layanan berbasis internet sangat bermanfaat di berbagai sektor, termasuk pendidikan.

Komputasi Awan adalah teknologi yang menggabungkan antara layanan internet dengan jaringan komputer untuk mengakses data secara bersama dalam satu server. Data dalam komputer akan disimpan dalam suatu tempat yang tidak bisa dilihat secara fisik, yaitu cloud atau internet.

Keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing dapat lebih menghemat waktu, biaya dan tenaga. Pengguna tidak bisa melihat dengan detail proses akses data tersebut, namun data sudah tersimpan dengan aman dan rapi. Anda juga bisa mengakses data tersebut kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan Cloud Computing dalam Akses Data

Saat ini perusahaan atau instansi sudah menggunakan teknologi Komputasi Awan. Komputasi awan ini dapat menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan komputer lain dalam satu server selama masih terhubung dengan jaringan internet.

Saat akses data, Komputasi Awan memiliki kecepatan sangat baik. Data yang tersimpan dalam server lebih aman dan mudah diakses. Sebagai dokumen penting, data harus disimpan dengan aman dan rapi. Cara paling tepat dalam menyimpan data tersebut adalah dengan memanfaatkan cloud.

Kemudahan akses data menjadi salah satu keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing, baik bagi organisasi maupun perusahaan besar. Namun, untuk memilih layanan Komputasi Awan terbaik, Anda harus hati-hati karena saat ini banyak hacker profesional mungkin bisa mengakses data pribadi Anda.

Hemat, Fleksibel, dan Efektif

Penggunaan Komputasi Awan saat ini lebih hemat untuk alokasi perangkat keras. Di sebuah perusahaan, komputer terhubung tidak hanya satu atau dua saja, tapi bisa lebih dari sepuluh komputer. Oleh karena itu, dengan menggunakan Komputasi Awan besaran pengeluaran dibebankan lebih murah tanpa memerlukan maintenance.

Komputasi Awan tidak membutuhkan perawatan atau maintenance khusus, karena sistem didalamnya sudah dirancang dengan sangat detail. Hal ini tentu akan mengurangi beban infrastruktur komputer yang ada dalam perusahaan. Meskipun hemat, Komputasi Awan tetap memiliki akses data cepat dan mudah.

Keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing selanjutnya adalah fleksibel. Saat Anda ingin menyimpan data, Anda tidak perlu menambah kapasitas jumlah komputer. Komputasi Awan mampu menyimpan data berkapasitas besar hanya memerlukan hitungan menit saja, sehingga sangat rekomended saat melakukan self provisioning.

Tingkat Security dan High Availability

Jika dilihat dari sistem keamanannya, Komputasi Awan memiliki security baik dan terjamin. Semua data yang masuk ke komputer akan disimpan dalam cloud aman. Komputasi Awan sudah mendapatkan sertifikat resmi dan standarisasi ISO saat penggunaannya di berbagai sektor.

Selain itu, Komputasi Awan juga didesain dengan high availability. Sistem tersebut sudah terdaftar di data center, sehingga ketersediaan data dan fasilitas lain sudah dijamin selama 24 jam. Pengguna bisa menyimpan data sesuai keinginan, serta memanajemen data dengan baik di server cloud.

Melalui keamanan dan ketersediaan data yang baik, Komoutasi Awan banyak diterapkan oleh perusahaan besar di seluruh dunia. Keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing sudah Anda rasakan sejak dulu, salah satunya dengan adanya media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya.

Tersedia dalam Berbagai Macam Model Cloud Computing

Ada beberapa model Komputasi Awan yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Jika penggunaan teknologi ini hanya untuk personal atau satu organisasi saja, Anda bisa menggunakan model Private. Model ini sangat cocok untuk kebutuhan bisnis, karena semua sumber daya diatur dan dioperasikan oleh organisasi yang bersangkutan.

Jika Anda ingin menggunakan Komputasi Awan untuk perusahaan besar, Anda bisa memilih model Community. Model ini biasanya digunakan oleh beberapa perusahaan secara internal atau eksternal, sehingga dapat mengurangi biaya pengeluaran. Komputasi Awan juga bisa dibebankan oleh perusahaan yang bergabung, agar lebih hemat dan efektif.

Selanjutnya ada model Public Cloud, yang sudah Anda rasakan manfaatkan sejak dulu. keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing adalah tidak memerlukan biaya apapun atau gratis dan bisa dinikmati oleh semua orang. Layanan Komputasi Awan ini bisa dirasakan secara umum, dan saling berbagi informasi bersama-sama.

Kombinasi Model Cloud Computing

Sebagai teknologi modern yang sangat membantu manusia dalam berbagai sektor, Komputasi Awan juga memiliki model kombinasi yang canggih. Hybrid Cloud merupakan gabungan antara model Private dan Public Cloud. Kombinasi Komputasi Awan ini menghasilkan manfaat yang lebih besar, baik untuk kebutuhan pribadi maupun secara umum.

Model Komputasi Awan memiliki dua jenis layanan interaksi, yaitu Business to Bussiness (B2B) dan Bussines to Customer (B2C). Keduanya bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau instansi, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada customer. Hybrid Cloud juga dapat digunakan untuk beberapa komputer bersama dengan cloud yang berbeda.

Keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing selanjutnya adalah layanan konsumen bisa lebih cepat dan mudah. selain itu, data yang disimpan juga lebih aman dan terjamin. Dalam perkembangan bisnis, Komputasi Awan mampu menjamin kelangsungan bisnis Anda seiring berjalanya waktu.

Cloud Computing untuk Dunia Pendidikan

Selain dunia bisnis, Cloud Computing sudah merambah ke dunia pendidikan termasuk di Indonesia. Lembaga pendidikan menyimpan data siswanya, mulai dari identitas, hingga prestasi selama menempuh pendidikan. Seuda data tersebut disimpan dalam sistem Cloud, agar tetap aman dan tersusun dengan rapi.

Cloud Computing juga bisa tidak membutuhkan tenaga IT khusus, karena tidak memerlukan maintenance. Semua data yang diback up dan diupdate dapat tersimpan secara otomatis tanpa biaya tambahan. Teknologi ini tentu sangat memudahkan instansi dalam melakukan proses belajar mengajar, manajemen pembelajaran, dan akses data siswa.

Keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing di dunia pendidikan bisa menghemat biaya operasional. Khususnya bagi perguruan tinggi, ada banyak perangkat hardware maupun software yang harus dibeli. Dengan menggunakan Cloud Computing, Anda tidak perlu menginstall banyak aplikasi lain karena semuanya sudah tersedia dengan mudah.

Tersedia dalam Berbagai Provider Sesuai Kebutuhan

Proses pengolahan daya komputer dengan jaringan internet memiliki manfaat yang besar. Komputer yang sudah terkoneksi Cloud Computing bisa dioperasikan dalam waktu yang sama, sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan program aplikasi. Namun, untuk menggunakan komputer tersebut harus terhubung dengan internet.

Perkembangan teknologi yang semakin tinggi membuat permintaan Cloud Computing semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada beberapa provider yang bisa Anda pilih. Pastikan provider yang dipilih sudah memiliki standar ISO dan sertifikat resmi yang masih berlaku. Cloud Computing sangat bermanfaat dalam berbagai sektor kehidupan. Seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami perubahan. Salah satu keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing adalah kemudahan akses data, tingkat keamanan,fleksibilitas, skalabilitas dan masih banyak lagi.

Cloud Raya menyediakan layanan cloud computing yang sudah terstandardisasi ISO 27001. Percayakan kebutuhan cloud computing anda bersama kami.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud