Inilah yang Dimaksud Cloud Computing Beserta Jenis Layanannya

Inilah yang Dimaksud Cloud Computing Beserta Jenis Layanannya

Apakah Anda pernah mendengar istilah cloud computing atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai komputasi awan? Meskipun istilah ini masih asing bagi sebagian orang, namun tidak bagi mereka yang berkecimpung di dunia IT.

Seperti yang dapat disimpulkan dari namanya, istilah ini berkaitan dengan internet dan perangkat komputer. Namun tidak hanya itu, komputasi awan juga berkaitan dengan data, server, dan sebagainya.

Teknologi ini digunakan oleh banyak perusahaan modern untuk membantu karyawan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, apa sebenarnya cloud computing ini?

Sumber foto: https://pixabay.com/

Apa yang Dimaksud Cloud Computing?

Cloud computing merupakan inovasi teknologi yang terdiri dari banyak server yang tersebar di seluruh dunia dan saling terkoneksi menggunakan internet. Kontribusi cloud computing sangat penting terutama di era digitalisasi ini.

Cloud computing memiliki segudang manfaat di antaranya untuk menyimpan data, membangun aplikasi dan website, menjalankan aplikasi atau software, dan lain sebagainya.

Masih belum mengerti benar tentang cloud computing? Langsung saja kita lihat dari contoh penggunaannya.

Cara Kerja Cloud Computing dan Contoh Penggunaannya

Cloud computing bekerja sebagai satu kesatuan dari server-server yang ada. Semua data dari aplikasi, website dan lainnya tersimpan dalam serve-server yang terletak di data center.

Mungkin terdengar rumit, namun tanpa kita sadari saat ini hampir setiap orang telah menggunakan cloud computing. Jika kita ingat kembali, sehari-hari mayoritas masyarakat telah banyak beraktivitas menggunakan smartphone maupun laptop untuk bekerja, belajar, hingga sekedar bersantai.

Saat kita mengakses aplikasi media sosial maupun aplikasi entertainment seperti Netflix atau Spotify, sebenarnya kita telah menggunakan teknologi cloud computing. Semua yang kita lihat dan dengar dari aplikasi tersebut seperti tulisan, gambar, lagu, video dan sebagainya disimpan di cloud atau sever masing-masing aplikasi.

Itu merupakan contoh penggunaan pada penikmat pengguna aplikasi seperti yang biasa kita lakukan sehari-hari. Sekarang, mari kita lihat pemanfaatan cloud computing dari segi pemiliki bisnis.

Pemanfaatan Cloud Computing untuk Berbisnis

Cloud computing menawarkan banyak manfaat bagi pemiliki bisnis yang ingin mulai migrasi ke dunia digital. Adapun pemanfaatannya adalah sebagai berikut:

  • Penyimpanan Data Lebih Aman

Perusahaan konvensional, biasanya melakukan segala kegiatan secara offline termasuk dalam management data. Penyimpanan data disimpan pada perangkat keras seperti hardisk maupun flashdisk.

Sayangnya cara ini sangat rentan pada keamanan data. Jika perangkat keras tercuri ataupun rusak maka perusahaan akan kehilangan akses akan datanya..

Dengan menyimpan data pada cloud, jika laptop atau perangkat Anda rusak maupun hilang sekalipun. Anda tetap dapat mengakses data selama koneksi internet tersedia.

Tidak perlu khawatir akan keamanan siber, karena layanan cloud biasanya telah memiliki sistem keaman berstandar internasional.

  • Meningkatkan Aksesbilitas

Cloud computing mengizinkan penggunanya untuk bisa mengakses data yang tersimpan di dalamnya kapan saja dan di mana saja selama memiliki akses credential terhadap cloud itu sendiri juga koneksi internet.

Manfaat ini juga bisa diterapkan dalam memberikan aksesbilitas pada customer perusahaan, sehingga dapat meningkatkan layanan yang akan memberikan nilai plus untuk perusahaan itu sendiri.

  • Meningkatkan Produktivitas

Tingginya aksesbilitas yang ditawarkan oleh cloud juga berimbas pada peningkatan produktivitas perusahaan. Kemudahan dalam mengakses data dari mana saja dan kapan saja, sangat memudahkan proses kolaborasi suatu perusahaan terutama yang mempunyai beberapa atau banyak cabang.

  • Efisiensi Biaya

Dengan menggunakan cloud, perusahaan dapat menghemat biaya operasional. Perusahaan tidak perlu membeli banyak perangkat keras sendiri, yang mana perangkat-perangkat keras tersebut membutuhkan ruangan yang lebih besar untuk menyimpannya, juga perawatan intensif agar perangkat tidak rusak di mana semua kebutuhan tersebut membutuhkan biaya tersendiri.

Dengan cloud perusahaan hanya perlu memilih provider cloud yang menyediakan solusi yang dibutuhkan dan menyesuaikan budget yang ada.

  • Meningkatkan Value Perusahaan

Sekarang ini, kepemilikan dan implementasi teknologi mendukung adanya peningkatan value pada suatu perusahaan. Semakin suatu perusahaan menerapkan teknologi terkini yang dapat memberikan kemudahan dan keamanan untuk pelanggan, maka semakin percaya dan loyal pelanggan pada perusahaan tersebut.

Jenis Layanan Computing

Cloud computing bukanlah komponen teknologi seperti microchip atau ponsel. Sebaliknya, ini adalah sebuah sistem yang terdiri dari tiga layanan utama: Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS).

1.    Software as a Service (SaaS)

Layanan cloud computing Software as a Service (SaaS) memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi yang telah disediakan tanpa perlu mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankannya.

Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut, hanya perlu memiliki perangkat klien cloud computing yang terhubung ke internet. Namun, ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna berlangganan agar bisa mengakses aplikasi, seperti Office 365 dan Adobe Creative Cloud.

2.    Platform as a Service (PaaS)

Layanan cloud computing Platform as a Service (PaaS) menyediakan platform komputasi yang sudah terpasang sistem operasi, database, web server, dan kerangka aplikasi untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat.

Perusahaan yang menyediakan layanan ini bertanggung jawab dalam pemeliharaan platform komputasi. Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna dapat fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa harus memikirkan pemeliharaan dari platform komputasi.

3.    Infrastructure as a Service (IaaS)

Layanan cloud computing Infrastructure as a Service (IaaS) menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwidth, dan konfigurasi lainnya yang dapat digunakan untuk membangun komputer virtual dengan sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan.

Keuntungan dari layanan ini adalah tidak perlu membeli komputer fisik sehingga lebih hemat biaya. Konfigurasi dari komputer virtual juga dapat diubah sesuai kebutuhan, seperti menambah storage saat hampir penuh.

Kesimpulan

Nah, itu dia pengertian dan contoh penerapan cloud computing di kehidupan kita sehari-hari dan juga pada perusahaan. Anda hanya perlu memilih provider cloud terpercaya yang menyediakan jenis layanan cloud yang dibutuhkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda lebih memahami cloud.

Kunjungi blog Cloud Raya untuk menemukan insight seputar teknologi lainnya. Atau, jika Anda membutuhkan tutorial untuk set up dan implementasi project digital Anda, silakan kunjungi halaman knowledge base dan juga channel Youtube kami.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Comments are closed.

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud