Inilah Cara untuk Menentukan Object Storage untuk Bisnis Anda

cara menentukan object storage untuk bisnis

Bagi setiap orang yang bekerja dengan menggunakan media laptop, komputer, ataupun melalui media digital lain pastinya membutuhkan sarana penyimpanan data. Data yang disimpan ini nantinya diharapkan dapat digunakan kembali sewaktu-waktu. Penyimpanan data versi konvensional adalah perangkat keras seperti harddisk, flashdisk, dan perangkat offline lainnya.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini muncul sarana penyimpanan data secara online yang disimpan dalam cloud server. Dalam penyimpanan data online ini, Anda membutuhkan sarana internet supaya data dapat tertransfer dengan baik. Penyimpanan online ini dianggap lebih mudah dan fleksibel dibanding penyimpanan data konvensional.

Selain itu, penyimpanan data secara online diyakini lebih menghemat biaya dan tempat. Salah satu bentuk penyimpanan data secara online adalah object storage, simak penjelasannya berikut ini:

Apa Itu Object Storage?

Object storage atau object-based-storage merupakan sebuah arsitektur penyimpanan data. File atau data yang disimpan dalam storage dapat berupa gambar, video, dokumen, sampai file statis. Object storage mampu menyimpan data sampai skala exabytes, sehingga dianggap sebagai solusi kebutuhan ruang penyimpanan berskala besar.

Sistem penyimpanan object storage ini mengizinkan pengguna menyimpan beragam jenis data dan ukuran yang beragam pula pada satu tempat yang sama, bersama dengan metadata komprehensif. Metadata yang jadi kunci pembeda antara object storage dengan media penyimpanan lainnya.

Object storage menganggap data sebagai sebuah objek atau benda. Pengguna cukup meletakkan semua data yang ingin disimpan dalam sebuah wadah. Objek yang tersimpan tersebut kemudian diberi catatan informasi untuk memudahkan pencarian saat ingin diambil kembali.

Faktor-Faktor untuk Menentukan Object Storage yang Tepat

Sumber foto: https://unsplash.com/photos/_UeY8aTI6d0

Sebelum Anda menggunakan layanan object storage, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, supaya dapat memanfaatkan keuntungan dari segi efisiensi bisnis. Berikut ini adalah faktor-faktor penentu object storage yang tepat:

Pilihlah Infrastruktur Object Storage as a Service

Beberapa penyedia layanan object storage biasanya akan mengharuskan Anda menggunakan perangkat keras yang memiliki pemilik meskipun pada kenyataannya hal tersebut tidak selalu benar. Anda perlu mencari layanan object storage as-a-service dan kompatibel dengan protokol S3 sebagai pilihan yang terbaik. Karena dapat menghilangkan kemungkinan bisnis Anda dari vendor lock in.

Selain itu, arsitektur shared-nothing menjadikan node lebih mudah untuk ditambahkan sekaligus membuat Anda lebih mudah meningkatkan kapasitas penyimpanan tanpa pemeliharaan kompleks.

Pilihlah yang Menyediakan Integrasi Cloud Secara Penuh

Teknologi cloud adalah salah satu alat yang mendukung solusi IT perusahaan, jadi penting bagi Anda untuk fokus pada teknologi cloud tersebut. Cloud merupakan bagian strategi IT perusahaan yang booming saat ini dan akan berlanjut di masa depan.

Supaya Anda dapat memanfaatkan kekuatan data secara penuh, penyimpanan data Anda harus bisa bekerja dengan cepat. Supaya seluruh data tersedia untuk beberapa aplikasi di seluruh departemen dan beberapa tempat penyimpanan seperti cloud storage.

Pilih Object Storage yang Kompatibel dengan Berbagai Protokol Penyimpanan

Object storage memang dapat diaplikasikan dengan layanan streaming, aplikasi medis, sampai solusi backup. Namun banyak aplikasi yang mengelola data berbasis file belum siap berpindah ke protokol object storage.

Oleh karena itu, saat memilih opsi object storage usahakan mencari layanan yang kompatibel dengan berbagai protokol penyimpanan seperti S3 API dan Cloud Data Management Interface (CDMI). Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menyimpan dan mengakses data dari berbagai aplikasi.

Pilih Layanan yang Memberi Tim Support yang Siap Membantu Setiap Saat

Sumber foto: https://unsplash.com/photos/dWYU3i-mqEo

Dalam setiap layanan pastinya akan muncul kendala pada sistem secara tiba-tiba yang tidak mudah untuk Anda hindari. Bila kendala tersebut tidak terselesaikan dengan baik, akan membawa akibat fatal pada produktivitas perusahaan.

Oleh karena itu Anda harus memastikan layanan yang Anda pilih mampu berjalan dengan semestinya, dan tim providernya memiliki layanan support yang siap membantu kapanpun Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda akan lebih dimudahkan untuk mengelola infrastruktur layanan object storage Anda sesuai kebutuhan.

Pilih Layanan yang Kompatibel dengan Kebutuhan Backup Data Perusahaan

Object storage merupakan media penyimpanan yang fleksibel, teknologinya juga dapat digunakan untuk memenuhi strategi bisnis backup 3-2-1. Object storage yang Anda pilih bisa memenuhi kebutuhan backup tersebut jika layanan yang Anda pilih kompatibel dengan kebutuhan dan solusi backup seperti NAS dan aplikasi backup yang digunakan dalam bisnis.

Ketahui Cara Menentukan Object Storage untuk Bisnis Anda

Object storage akan sangat Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda, supaya semua data yang dimiliki oleh perusahaan dapat tersimpan dengan baik. Oleh karena itu, sebelum Anda menentukan penyedia layanan object storage, perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Pahami Kebutuhan Anda

Pastikan Anda tahu data apa saja yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Ketahui juga seberapa besar kapasitas penyimpanan data yang akan Anda butuhkan. Setelah Anda tahu apa yang benar-benar Anda butuhkan, maka Anda bisa menentukan object storage yang bisa Anda dapatkan.

Teliti Penyedia Object Storage

Mencari lebih dari satu penyedia object storage bukan hal yang salah. Karena Anda perlu membandingkan antara satu penyedia layanan dengan penyedia layanan lainnya, supaya Anda menemukan mana yang tepat bagi Anda.

Tentukan Metode Penerapan

Penyedia layanan object storage biasanya memiliki metode penerapan masing-masing. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan metode penerapan yang diinginkan dengan apa yang disediakan oleh penyedia layanan.

Uji Coba Platform

Uji coba platform merupakan langkah yang penting dalam menentukan object storage apa yang paling tepat untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, yakinkan diri Anda telah menguji coba platform tersebut dengan saksama.

Pantau Kinerja dan Evaluasi

Hal penting lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memantau kinerja object storage dan juga memantau evaluasi atas kinerja object storage tersebut. Jika Anda merasa hasil evaluasi tidak seperti yang Anda inginkan, maka Anda perlu mempertimbangkan kembali pemilihan object storage tersebut.

Pilih Penyedia Solusi yang Tepat

Anda perlu memilih penyedia layanan object storage yang mampu memberikan solusi terbaik terhadap setiap masalah yang akan dihadapi. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa khawatir ketika ada masalah saat penggunaan object storage yang Anda pilih.

Lacak Perjanjian Tingkat Layanan

Sebelum Anda menggunakan layanan object storage, pastikan Anda melacak kembali perjanjian tingkat layanan, supaya Anda tidak dirugikan di kemudian hari. Pastikan perjanjian tingkat layanan tersebut sesuai dengan yang disepakati.

Kesimpulan Pemilihan Object Storage untuk Bisnis

Beberapa poin di atas merupakan faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menentukan object storage apa yang cocok untuk bisnis Anda. Anda perlu memilih object storage mana yang telah terbukti efektif saat ini dan dapat berkembang dengan mudah menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda.

Conclusion

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan layanan Object Storage yang paling tepat untuk bisnis Anda.

Kunjungi blog kami untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar teknologi. Atau, kunjungi juga knowledge base page kami untuk tutorial seputar Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud