ARTICLE
Faktor-Faktor Penting dalam Menentukan Cloud Management

Faktor-Faktor Penting dalam Menentukan Cloud Management

17 November 2020 by Marketing Cloudraya

Untuk menjaga kinerja dan efisiensi perusahaan, Anda harus mengetahui faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management yang sesuai dengan teknologi yang digunakan. Seiring berjalanya waktu, komputasi awan mengalami kenaikan signifikan, termasuk di Indonesia.

Cloud memiliki manfaat besar bagi kemajuan perusahaan, baik untuk menyimpan data maupun informasi. Teknologi ini sangat bermanfaat bagi perusahaan baru yang belum memiliki media penyimpanan dalam jumlah besar. Dengan adanya cloud, pengelolaan data bisa lebih mudah dan cepat.

Faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management harus diperhatikan dengan baik. Hal ini bertujuan agar penggunaan lebih fleksibel, cepat dan hemat dalam pengeluaran. Dalam menentukan manajemen awan, bisa disesuaikan dengan type yang dipilih. Untuk publik awan sendiri penggunaannya hampir sama dengan Shared Hosting.

Faktor Anggaran dan Harga

Anggaran merupakan suatu hal sangat penting dan harus dipikirkan dengan matang. Jangan pernah melihat penyedia Cloud dari harga yang ditawarkan, sebelum Anda melihat kualitasnya. Tidak sedikit harga cloud murah tidak sesuai dengan spek keinginan. Dalam memilih manajemen awan, pastikan kualitas dan layanan baik serta memiliki security dan privacy.

Setiap cloud memiliki harga berbeda-beda, sesuai layanan yang diberikan. Sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenal manajemen awan yang baik. Pilih cloud sesuai dengan perusahaan dan mampu mengembangkan kualitas perusahaan tersebut. perhatikan juga faktor risiko yang mungkin terjadi.

Software manajemen awan sangat bermanfaat untuk mengembangkan perusahaan maupun instansi di berbagai sektor. Namun, pastikan teknologi sudah sesuai dengan kebutuhan. Anda harus memahami kebutuhan terlebih dahulu, serta tantangan apa saja yang akan dihadapi jika mengelola cloud tersebut.

Jika melihat kelebihan komputasi awan memang bisa lebih hemat biaya pengeluaran, karena tidak ada biaya maintenance. Untuk memastikannya, Anda harus memperhatikan faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management. Dengan begitu, keuangan tetap stabil dan perusahaan bisa berkembang dengan pesat.

Komitmen dan Kustomisasi

Ada bayak type cloud bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin menggunakan layanan cloud dalam jangka panjang, Anda harus komitmen dalam bekerja sama. Perusahaan baik akan memiliki komitmen tinggi untuk mematuhi ketentuan yang berlaku dan disepakati bersama.

Dengan adanya komitmen tersebut, perusahaan dan penyedia akan saling menguntungkan. Di tengah teknologi semakin canggih, semua aktivitas virtual atau online harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya sesuatu tidak diinginkan, seperti kerugian, hacking, dan sebagainya.

Faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management adalah kustomisasi. Jika kebutuhan perusahaan sangat kompleks, Anda harus melakukan kustomisasi manajemen inventaris yang baik. Pastikan Cloud bisa memenuhi kebutuhan Anda yang spesifik dan detail.

Kustomisasi ini bertujuan untuk menambah sistem baru dengan kapasitas lebih lengkap. Sistem baru tersebut harus menawarkan fitur berbeda, sehingga mudah untuk dikombinasikan dengan sistem atau teknologi yang sudah tersedia.

Faktor Keamanan atau Security

Faktor penting adalah security atau keamanan untuk data Anda. Data harus disimpan dengan baik, aman dan juga rapi. Untuk menjaga keamanan data tersebut, Anda harus membagi Anda berdasarkan kepentingannya. Data sensitif harus disimpan dalam private cloud dengan keamanan yang tinggi.

Untuk data bersifat umum bisa disimpan dalam publik sesuai tempat dan lokasinya. Penyimpanan data baik memberikan manajemen stabil bagi perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus memilih layanan cloud aman dan terjamin serta memiliki biaya efisien tanpa mengurangi kualitasnya.

Manajemen awan bisa digunakan untuk perusahaan dalam skala kecil maupun besar. Manajemen tersebut dapat mengoptimasikan dan meningkatkan efisiensi bisnis atau perusahaan sesuai sektornya masing-masing. Selain itu, adanya sistem keamanan juga bisa mengurangi adanya human error.

Sebelum memilih layanan penyedia, Anda harus mengetahui faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management. Jika memang ada kejanggalan dari sistem yang ditawarkan, lebih baik tidak memilihnya. Hal ini dapat menghindari terjadinya sesuatu tidak diinginkan, terutama bagi perusahaan.

Faktor Fleksibilitas dan Ketelitian

Data disimpan dalam cloud harus mudah diakses dan dilihat. Pilih manajemen awan fleksibel, agar bisa diakses kapan saja dan di mana saja. ketersediaan tim sangat penting untuk menjawab keluhan Anda jika memang terjadi sesuatu tidak diinginkan. Pilih layanan yang menyediakan penyimpanan data selama 24 jam.

Faktor pertimbangan ini sangat penting dalam memperlancar manfaat layanan. Jangan melihat harga, terutama jika harganya sangat murah. Perhatikan juga pelayanan agar tetap maksimal dan memberikan manfaat optimal serta maksimal.

Anda harus mempertimbangkan kompatibel perangkat. Teknologi komputasi awan menggunakan penggabungan antara internet dengan perangkat keras yaitu komputer. Faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management bertujuan untuk mengelola dan mengakses komputer jika dibutuhkan dalam keadaan darurat.

Dalam mengelola sebuah cloud membutuhkan suatu tingkat ketelitian tinggi. jika terjadi kesalahan dalam pendataan, perhitungan, pelacakan, dan juga perkiraan bisa menimbulkan masalah lebih serius. Risikonya adalah penyusutan profit, pengadaan barang merosot, data tercecer dan sebagainya.

Komputasi awan memiliki manfaat besar bagi perusahaan atau instansi jika dikelola dengan baik. Manfaatnya tidak hanya menjamin suatu keamanan dan kerahasiaan sebuah data saja. Namun, bisa mengurangi angka pengeluaran bulanan, karena tidak ada biaya tambahan. Hal ini tentu memberikan efek positif bagi keuangan perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.

Faktor Integrasi dan Kemudahan Implementasi

Bagi perusahaan, faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management adalah integrasi. Mengintegrasikan aplikasi atau perangkat lunak sangat penting untuk menjaga kualitas layanan. Semakin berkembangnya perusahaan, kualitas layanan harus semakin berintegritas.

Integrasi data sangat penting dalam platform berbasis cloud. Era teknologi saat ini membuat data harus disimpan dengan aman. Data adalah aset paling penting bagi perusahaan, sehingga harus diintegrasikan untuk menganalisa pertimbangan dengan berbagai keputusan. Cloud menggunakan media penyimpanan online sehingga tidak membutuhkan server atau storage.

Data tersebar dalam perusahaan memiliki nilai sangat tinggi terhadap kemajuan perusahaan. Jika aset tersebut hilang, maka perusahaan bisa mengalami kendala bahkan masalah besar. Dengan menggunakan teknologi ini, perusahaan bisa menghubungkan data dari aktivitas bisnis yang dilakukan secara komprehensif.

Faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management yang tidak boleh dilupakan adalah kemudahan implementasi. Implementasi data bisa memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi. Data perusahaan bersifat privasi harus disimpan dengan aman dalam Private Cloud, sehingga tidak dapat diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mencapai goal yang diinginkan, segera lakukan pengumpulan dan integrasi data secara terpusat. Tidak ada alasan untuk menundanya, karena banyak solusi teknologi bisa Anda pilih salah satunya komputasi awan. Pengolahan data yang baik melalui proses integrasi data sesuai dengan ketentuan berlaku.

Cloud Management harus diterapkan dalam sebuah perusahaan, organisasi, atau instansi yang menggunakan teknologi Cloud. Untuk memaksimalkan kinerja dan layanannya, Anda harus memperhatikan faktor-faktor penting dalam menentukan Cloud Management, salah satunya anggaran.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya