ARTICLE


Cloud Raya Tekankan Pentingnya Collaboration Tools melalui Webinar dengan Zimbra

25 June 2020 by Marketing Cloudraya

Kebutuhan IT saat Pandemi 

Pandemi tak kunjung usai, namun roda bisnis dan perekonomian harus tetap berputar. Bagaimana caranya? Memang kebijakan untuk Work From Home (WFH) bagi sebagian besar perusahaan telah berakhir. Banyak perusahaan yang telah menerapkan kebijakan Work From Office (WFO) bagi para karyawannya. Problem yang masih sering muncul dengan adanya kebijakan WFO dan WFH ini adalah kolaborasi kerja.

Kolaborasi kerja diperlukan untuk koordinasi kerja, baik secara digital/online dengan tim antara on-site dan off-site. Lalu bagaimana cara terbaik untuk melakukan kolaborasi kerja di tengah pandemi ini? 

Pembahasan serta penjelasan mengenai topik kolaborasi kerja untuk business continuity ini diulas dalam webinar yang diselenggarakan oleh Cloud Raya yang berkolaborasi dengan Zimbra, dan mengusung tema : Connect with Anyone to Build Your Project. Dalam webinar tersebut dijelaskan mengenai solusi kebutuhan kolaborasi kerja di tengah pandemi yaitu melalui :

  • Proper planning
  • Over communicate
  • Using the right tools

Beberapa collaborations tools yang diperlukan antara lain Video Conference seperti Google Meet dan Zoom, File Sharing Method seperti Dropbox, Skydrive, dan Google Drive, serta Tempat Informasi Terpusat seperti  Sharepoint dan Google Docs. Dengan banyaknya alat kolaborasi yang diperlukan/dibutuhkan untuk bekerja sama ini, membuat sebagian orang kesulitan karena kurang praktis dan simpel. Padahal saat ini banyak orang lebih menghargai efisiensi waktu, kemudahan, kecepatan, real time, dan kepraktisan. Disaat inilah Cloud Raya hadir memberikan solusi. Berkolaborasi dengan Zimbra, Cloud Raya memperkenalkan layanan Zimbra 9 dengan fitur utamanya adalah Zimbra Connect, Zimbra Drive, dan Zimbra Docs. 

Produk dan Layanan Cloud Raya

Cloud Raya merupakan layanan public cloud yang andal dan mudah digunakan dari Wowrack Indonesia. Cloud Raya sendiri menggunakan sistem yang dibangun secara in house menggunakan kode nama Cloud-X Engine. Cloud Raya juga menggunakan teknologi virtualisasi terbaru seperti KVM, Xen, dan Hyper-V. Keunggulan lain Cloud Raya di sisi finansial adalah kemudahannya untuk menerapkan pembayaran sesuai pemakaian saja (pay per use) dari layanan cloud yang Anda gunakan. Jadi, kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkan layanan cloud, Anda dapat menggunakannya secara langsung tanpa harus menunggu proses administrasi. 

Selama ini Cloud Raya secara aktif menggunakan fitur-fitur seperti virtual mesin (compute proses), secured scalable storage (tempat penyimpanan data yang aman), load balancer (pembagian beban traffic dan resources), serta firewall security

Cloud Raya akan terus mengembangkan produk dan layanannya guna memenuhi kebutuhan cloud dan IT perusahaan di masa depan. Beberapa rencana pengembangan Cloud Raya di masa depan antara lain adalah Snapshot Image (backup VM), restore backup image (memulihkan VM dari snapshot image), convert backup menjadi user OS image (merubah VM backup menjadi OS favorit), serta AWS console management (gabungkan dan kelola AWS Anda di Cloud Raya).  

Webinar Kolaborasi dengan Zimbra 

Dalam kolaborasi webinar dengan Zimbra tersebut, dijelaskan langsung oleh Piyush Mathur selaku Sr. Sales Engineer dari Zimbra, mengenai keunggulan fitur-fitur dari Zimbra 9 yang tidak kalah dari provider lain. Zimbra Connect akan memastikan kolaborasi kerja Anda semakin mudah dengan 1 : 1 group chat, group dan channel video calls, file sharing, serta screen sharing. Zimbra Drive akan memberikan kemudahan layanan file sharing dan storage, dan semuanya telah terintegrasi dengan Zimbra Connect dan Zimbra Docs. Zimbra Docs sendiri memiliki fitur rich office productivity, documents, spreadsheets, presentations, serta dapat digunakan untuk kolaborasi secara real time. Selain ketiga fitur utama tersebut, Zimbra 9 juga menawarkan opsi easy integration with Zoom, jadi Anda bisa menggunakan fitur One-Click Zoom Meeting di Zimbra. 

Kabar baiknya lagi, Anda dapat menggunakan semua layanan Zimbra 9 ini melalui Cloud Raya! Jadi Anda tidak perlu bingung dan repot untuk order, setting, konfigurasi, dan monitoring. Karena Cloud Raya mampu melakukan semuanya untuk Anda! 

Produk dan layanan Cloud Raya sangat mengutamakan kebutuhan pelanggan / customer oriented. Sehingga tidak mengherankan jika semua panel serta fitur dibuat sangat sederhana dan user-friendly dengan tujuan memudahkan customer dalam mengoperasikannya. Sistem Cloud Raya juga didesain dengan manajemen yang sederhana. Dimana deployment VM lebih mudah berkat adanya konsol, usage monitoring, API, dan lisensi cPanel. Sistem dalam Cloud Raya sangat aman dan terjaga karena terdapat SSH key dan password pada authentication root, panel dengan VPN, Firewall, serta Load Balancer.

Cloud Raya juga ingin memberikan informasi mengenai integrasi collaboration tools yang saat ini sangat penting dilakukan pada infrastruktur cloud sebuah bisnis. Dimana hal ini telah menjadi kebutuhan utama pada setiap bisnis di era digital seperti saat ini.

Bagi Anda yang ketinggalan mengikuti cara webinar ini, jangan khawatir. Anda dapat menonton video recordingnya melalui YouTube channel Cloud Raya berikut ini.

Buka website www.cloudraya.com dan jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi selengkapnya mengenai produk dan layanan Cloud Raya.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya