ARTICLE
Cloud Raya Luncurkan VPC untuk Lingkungan Cloud yang Lebih Aman

Cloud Raya Luncurkan VPC untuk Lingkungan Cloud yang Lebih Aman

14 September 2022 by Marketing Cloudraya

Surabaya, 7 September 2022 – Cloud Raya telah meresmikan fitur jaringan terbarunya yaitu Virtual Private Cloud atau VPC melalui acara Cloud Raya VPC Launch. Peresmian fitur VPC ini merupakan bentuk dari komitmen Cloud Raya sebagai penyedia layanan Public Cloud untuk menyediakan infrastruktur yang aman dan fleksibel.

Cloud Raya VPC Launch diselenggarakan secara online dan dihadiri oleh audience dengan berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, mahasiswa, pemilik bisnis, hingga engineer yang juga berpengalaman di dunia IT. Acara ini diisi oleh 2 pemateri ekspert yaitu Rudy Setiawan selaku engineer serta CIO PT. Wowrack Indonesia dan Tiyan Wisesa, Cloud Specialist dari Cloud Raya.

CIO PT. Wowrack Indonesia Rudy Setiawan menyampaikan bahwa VPC adalah suatu peningkatan keamanan jaringan pada Cloud Raya yang sebelumnya menggunakan Security Profile. Dengan adanya VPC ini, pengguna Cloud Raya dapat mempunyai lingkungan Cloud yang lebih aman dan mempunyai kontrol penuh terhadap akses jaringan.

Beliau menjelaskan bahwa VPC merupakan teknologi jaringan yang dapat membantu penggunanya memperoleh manfaat Private Cloud pada infrastruktur Public Cloud. Artinya, pengguna bisa menciptakan lingkungan Public Cloud yang lebih terisolasi dan tersegmentasi berdasarkan jenis dan fungsi resource seperti halnya pada Private Cloud.

“Cloud Raya awalnya dibangun pada satu flat network atau satu big network, dengan Security Profile untuk Firewall yang bisa buka port sekian dan lain-lainnya. Nah, untuk VPC kedepannya akan memisahkan atau bisa mengkategorikan atau mensegmentasikan resource-resource itu di grup masing-masing”, ulas Rudy Setiawan mengenai VPC.

Beliau juga mengungkapkan keunggulan dari VPC yang di antaranya adalah meningkatkan keamanan dengan menciptakan lingkungan network terisolasi yang aman dalam subnet, kontrol akses cloud dengan Access Control List, memisahkan resource berdasarkan kebutuhan seperti development resource dan production resource, mengatur ingress dan egress, serta tidak adanya additional bandwidth cost.

Penjelasan dari CIO Wowrack Indonesia ini kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua dari Tiyan Wisesa yang merupakan Cloud Specialist dari Cloud Raya. Audience diajak untuk memahami cara bagaimana mengimplementasikan VPC pada Virtual Machine baru di Cloud Raya dan juga bagaimana cara migrasi dari Virtual Machine yang sebelumnya menggunakan Security Profile ke VPC.

Materi dari kedua pembicara tersebut dilengkapi oleh sesi diskusi, di mana peserta bisa bertanya mengenai VPC maupun Cloud Raya. Pertanyaan yang terpilih dijawab langsung oleh kedua pemateri. Antusiasme audience yang tinggi bisa dilihat dari banyaknya pertanyaan yang ditanyakan selama berjalannya acara. Acara kemudian ditutup dengan sesi game yang diikuti oleh seluruh audience.

Dengan diadakannya acara Cloud Raya VPC launch, tidak hanya Cloud Raya ingin memperkenalkan fitur terbarunya yaitu VPC, tapi juga ingin membagikan ilmu dan wawasan seputar Virtual Private Cloud pada masyarakat luas. Harapannya, masyarakat dapat lebih mengerti mengenai update teknologi dan cara penggunaannya untuk pemenuhan kebutuhan bisnis maupun project pribadi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image