ARTICLE
Case Study: 8th NPLC Universitas Ciputra

Case Study: 8th NPLC Universitas Ciputra

24 Februari 2021 by Marketing Cloudraya

“Dengan support yang kami terima dari Wowrack Indonesia, membuat kami terlihat lebih professional di mata peserta NPLC”

-Lecturer at Informatics Department, Universitas Ciputra Surabaya

Tentang Universitas Ciputra

Universitas Ciputra adalah salah satu Universitas swasta ternama yang berlokasi di Surabaya. Perguruan tinggi yang didirikan pada 7 Februari 1990 ini mempunyai misi untuk menanamkan nilai entrepreneurship pada masing-masing mahasiswanya.

Universitas Ciputra dengan aktif mendukung aktivitas akademik dan non-akademik di dalam lingkungan kampus maupun di luar. Salah satunya dengan mengadakan kompetisi atau event-event berskala nasional, seperti halnya National Programming & Logic Competition atau yang biasa disebut NPLC.

Mengenali NPLC

NPLC atau National Programming & Logic Competition merupakan event tahunan Universitas Ciputra untuk pelajar SMA sederajat. Kompetisi yang diorganisir oleh student union dari jurusan teknik informatika ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013, dan merupakan event ke-8 pada tahun 2021 ini.

NPLC menyediakan wadah bagi siswa dan siswi tingkat SMA di seluruh Indonesia untuk menunjukan kemampuan berlogika dan pemrograman mereka. Tujuan dari diadakannya event ini tidak lain untuk melatih dan mengasah kemampuan berlogika yang benar, serta menumbuhkan jiwa kompetitif antar siswa.

Tantangan

Pandemi covid-19 mengharuskan setiap kegiatan menerapkan physical distancing untuk memperlambat penyebaran virus. Oleh karena itu, daring (dalam jaringan) atau online menjadi solusi terbaik dan banyak digunakan, termasuk pada NPLC ke 8 ini.

NPLC 2021 diadakan secara online dan dibagi dalam dua tahap yaitu, 16-17 Januari untuk babak penyisihan dan 30-31 Januari untuk babak final. Event yang berbasis kompetisi pemrograman dan logika ini menggunakan sistem full-website sebagai core sistem, dan Zoom sebagai platform sync-upnya. 

Segala kegiatan yang harus diadakan secara online tentu menimbulkan tantangan tersendiri bagi event organizer. Terlebih lagi NPLC merupakan event berskala Nasional yang memiliki lebih dari 100 peserta.

Dengan segala tantangan tersebut, NPLC dituntut berjalan dengan lancar tanpa masalah. Untuk itu NPLC membutuhkan Cloud Infrastructure yang stabil dan reliable.

Solusi Wowrack Indonesia

Wowrack Indonesia memahami kesulitan yang mungkin dihadapi dalam penyelenggaraan virtual event ini. Karenanya, Wowrack Indonesia memberikan beberapa solusi untuk membantu kelancaran kegiatan NPLC.

Yang pertama adalah infrastruktur cloud. Wowrack Indonesia memberikan solusi cloud terbarunya yang bernama Cloud Raya sebagai bentuk support. Cloud Raya sendiri adalah public cloud yang memudahkan untuk melakukan skalabilitas secara cepat dan mudah.

Kompetisi yang mengandalkan aplikasi berbasis website ini membutuhkan server dengan performa yang baik. Untuk itu, Wowrack Indonesia memberikan Cloud Raya sebagai solusinya. 

Selain performanya yang selalu dapat diandalkan, Cloud Raya juga memberikan paket yang flexible, efisien, dan cepat dalam provisioning. Sehingga, membantu proses upgrade maupun downgrade kapanpun dibutuhkan.

Tidak hanya itu, Cloud Raya juga mengijinkan untuk melakukan configurasi secara mandiri. Hal ini dapat memudahkan panitia NPLC untuk melakukan customize sesuai dengan kebutuhan.

Dalam proses persiapan, Wowrack Indonesia juga menyediakan solusi berupa 2 server yang berfungsi sebagai server utama dan server backup. Sehingga jika terjadi emergency atau masalah saat acara berlangsung akan dapat dengan cepat diatasi.

Dalam proses persiapannya Wowrack Indonesia juga memberikan support berupa share knowledge from A to Z pada panitia NPLC tentang bagaimana membangun C-Panel..

Solusi yang kedua ialah Tim Support. Wowrack Indonesia memahami bahwa virtual event memerlukan banyak sekali persiapan. Oleh karena itu, Wowrack memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan support yang siap memberikan assistance kapan saja dan di mana saja.

Dampak dari Solusi Wowrack Indonesia

Solusi yang diberikan oleh Wowrack Indonesia berupa infrastruktur cloud terbukti mampu menjaga kelancaran event NPLC ke-8 ini. Acara kompetisi programing yang diikuti ratusan peserta ini dapat berjalan dengan aman dan lancar berkat performa baik dari Cloud Raya.

Selain itu, tim support dari Wowrack Indonesia juga mampu memberikan assistance yang cepat dan efisien. Panitia NPLC merasa sangat terbantu terutama pada saat membutuhkan bantuan dan arahan saat ingin membuat VM baru.

Kedua solusi yang diberikan oleh Wowrack Indonesia memberikan dampak baik bagi NPLC maupun Universitas Ciputra. Banyaknya feedback positif dari peserta cukup membuktikan keefektivitasan solusi yang diberikan Wowrack Indonesia yang berupa infrastruktur cloud dan tim support.

Pesan yang dapat diambil dari studi kasus ini adalah virtual event membutuhkan persiapan dan planning yang matang. Infrastruktur cloud yang baik memegang kunci suksesnya suatu virtual event agar dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi peserta.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image