ARTICLE
Cara Menganalisa Data dengan Big Data

Cara Menganalisa Data dengan Big Data

10 September 2021 by Marketing Cloudraya

Setiap harinya, Anda menghasilkan banyak data. Setiap kali Anda membuka email, menggunakan aplikasi seluler Anda, melakukan pembelian online, men-tag teman di media sosial Anda, menelepon call center, atau bertanya kepada asisten virtual, teknologi tersebut mengumpulkan dan memproses data tersebut.

Itu hanya Anda. Bayangkan jika seluruh manusia yang ada di bumi melakukan hal yang sama, di bidang pekerjaan yang berbeda-beda. Tentunya dapat menghasilkan data yang sangat besar sekali, bukan? Fenomena tersebut yang disebut dengan big data.

Apa itu Big Data?

Big data adalah kumpulan data yang sangat besar, yang datang dalam berbagai bentuk dan dari berbagai sumber. Tetapi, tidak cukup hanya dengan mengumpulkan dan menyimpan big data. Tentu saja Anda juga harus menggunakannya.

Berkat teknologi yang berkembang pesat, sudah banyak perusahaan maupun organisasi yang dapat menganalisa big data. Dengan begitu, dapat memudahkan mereka untuk mengampil keputusan penting.

Baca juga: Keamanan Menjaga Data pada Cloud

Analisa Big Data

Proses analisa big data merupakan serangkaian analisa untuk dapat mengetahui tren, pola, dan kolerasi dalam jumlah data yang besar untuk membantu membuat keputusan. Pada umumnya, proses ini menggunakan teknik analisa statistik yang sudah dikenal (seperti pengelompokan dan regresi). Kemudian, menerapkannya ke kumpulan data yang lebih luas.

Dengan adanya ‘ledakan’ data yang dihasilkan oleh pengguna, ada banyak proyek inovasi awal yang fungsinya untuk menyimpan database seperti Hadoop, Sprak, dan NoSQL. Adanya hal tersebut memudahkan untuk melakukan penyimpanan dan pemrosesan big data di awal tahun 2000-an.

Sedangkan, pada zaman sekarang metode analisi big data digunakan dengan teknologi baru. Seperti machine learning untuk menemukan dan meng-upgrade informasi yang lebih kompleks.

6 Cara Analisa Big Data

Karakteristik dari big data ada 3: volume data utama, kecepatan pemrosesannya, dan keragaman data yang luas. Secara umum, teknik analisa ini merupakan gabungan dari berbagai macam disiplin ilmu. Namun, setidaknya Anda dapat menggunakan cara analisa ini pada big data dan kumpulan data kecil lainnya:

1. A/B Testing

Teknik analisa data ini melibatkan membandingkan kelompok kontrol dengan berbagai kelompok uji. Tujuan dari teknik analisa ini ialah mengetahui hasil dari perbedaan perlakuan atau perubahan apa yang akan meningkatkan variabel objektif yang diberikan.

2. Data Fusion dan Data Integration (Penggabungan Data dan Integrasi Data)

Dengan menggabungkan serangkaian teknik yang menganalisa dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan solusi, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih efisien. Selain itu, wawasan yang didapatkan berpotensi besar lebih akurat daripada hanya dikembangkan melalui satu sumber data saja. 

3. Data Mining

Data mining atau penambangan data merupakan salah satu cara analisa umum yang digunakan dalam analisa big data. Yakni dengan cara memahami pola dari kumpulan big data dengan menggabungkan metode statistik dan machine learning. Contohnya adalah ketika data pelanggan diambil untuk menentukan segmen mana yang paling mungkin tertarik terhadap suatu penawaran produk.

4. Machine Learning

Walaupun sangat dikenal dalam bidang kecerdasan buatan (AI), machine learning juga digunakan untuk analisa data. Yakni bekerja dengan algoritme komputer untuk menghasilkan asumsi berdasarkan data. Hasil yang diberikan ialah prediksi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.

5. Natural Language Processing (NLP)

NLP dikenal sebagai sub-spesialisasi dari ilmu komputer, kecerdasan buatan, dan linguistik. Alat analisa data ini menggunakan algoritma untuk menganalisa bahasa manusia secara alami.

6. Statistik

Teknik ini bekerja untuk mengumpulkan, mengatur, dan menafsirkan data. Baik dalam survei maupun eksperimen langsung.

Anda mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengelola big data. Selain menghasilkan informasi yang sangat krusial, data tersebut tidak untuk Anda sebarluaskan secara bebas. Karenanya, dengan pengenalan 6 teknik dalam menganalisa big data, semoga dapat menghasilkan efek positif bagi pencapaian target.

Dan juga, bagi Anda yang membutuhkan solusi cloud computing ataupun management service, jangan ragu untuk menghubungi kami. Atau, Anda bisa langsung sign up dan mencoba mengeksplor panel Cloud Raya.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x