Beda VPS vs VM, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan VPS dan VM

Sekilas memiliki fungsi yang mirip, banyak di antara kita yang masih bingung beda VPS vs VM. Terlebih, banyak penyedia layanan IT yang menamai layanan ini berbeda-beda, dengan spesifikasi yang sebetulnya mirip. 

Namun tenang, di artikel ini akan dibahas lengkap beda VPS vs VM supaya tidak ada kebingungan lagi. Simak artikel ini hingga akhir, ya. 

Apa itu VPS? Beda dengan Mesin Virtual 

Kesulitan memahami beda layanan VPS vs VM kerap dialami bahkan oleh pengguna teknologi cloud computing sekalipun. Hal ini dikarenakan, VPS dan VM sama-sama memberikan solusi virtualisasi yang mengizinkan penggunanya mengoperasikan OS yang berbeda pada satu mesin fisik. 

Untuk bisa memahami beda VPS dan VM dengan baik, mari kita pahami terlebih dulu apa itu VPS dan VM. 

Apa itu VPS? 

VPS (Virtual Private Server) adalah server virtual yang dipartisi dari satu server fisik. VPS memberikan pengguna kontrol lebih besar atas server mereka dibandingkan shared hosting, tetapi skalabilitasnya terbatas. 

VPS memungkinkan individu, bisnis kecil, dan organisasi untuk memiliki kontrol dan fleksibilitas lebih atas infrastruktur hosting mereka tanpa harus membeli atau mengelola server fisik secara penuh. Biasanya VPS dimanfaatkan untuk hosting aplikasi maupun website. 

Apa itu VM? 

VM (Virtual Machine) adalah representasi virtual, atau emulasi, dari komputer fisik. VM memungkinkan pengguna menjalankan beberapa OS dan aplikasi pada satu mesin fisik yang sama tanpa mengganggu satu sama lain. Hal ini memungkinkan pengguna mengisolasi lingkungan pengembangan, uji coba, atau produksi mereka, dan menyediakan fleksibilitas dalam alokasi resources seperti CPU, memori, dan penyimpanan. 

VM juga merupakan salah satu layanan cloud computing yang ditawarkan oleh CloudRaya. VM memungkinkan pengguna untuk meluncurkan dan mengelola server virtual (disebut instans) di infrastruktur CloudRaya. 

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah mulai paham beda VPS vs VM? Agar lebih mudah mendapatkan gambaran perbedaannya, kami telah menyiapkan table berikut. 

Tabel Perbedaan VM, VPS, dan Shared Hosting 

Fitur Shared Hosting VPS VM yang Tercluster 
Kinerja  Kurang  Terbatas  Tinggi  
Skalabilitas  Kurang  Terbatas  Tinggi  
Redundansi  Kurang  Rendah  Tinggi  
Ketersediaan Tinggi  Kurang  Rendah  Tinggi  
Harga/performance  Kurang  Mid Tinggi  
Metode pembayaran  Bulanan  Bulanan  Per jam (pay-per-use)  

 

Fungsi VPS 

Beberapa fungsi utama VPS yang perlu diketahui adalah sebagai berikut: 

1. Menyediakan lingkungan hosting yang terisolasi 

VPS memungkinkan setiap pengguna memiliki lingkungan hosting yang terisolasi secara virtual. Artinya, sumber daya dan konfigurasi tidak akan berdampak pada satu sama lain. Meskipun beberapa layanan VPS berbagi server fisik yang sama, setiap VPS beroperasi secara independen dan terisolasi dari yang lainnya. 

VPS juga dapat berfungsi untuk mengelola dan menjalankan aplikasi atau situs web dengan keamanan dan stabilitas, tanpa harus khawatir tentang gangguan dari pengguna lain atau faktor eksternal. 

2. Skalabilitas untuk menyesuaikan kebutuhan sumber daya. 

VPS memudahkan pengguna dalam menyesuaikan sumber daya seperti CPU, RAM, dan penyimpanan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini dapat membantu pengguna meningkatkan atau menurunkan kapasitas server sesuai dengan lonjakan lalu lintas atau perubahan kebutuhan aplikasi. 

VPS juga memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi pengguna untuk mengatur sumber daya sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa harus memperoleh atau meningkatkan server fisik. 

3. Layanan yang lebih ekonomis dibandingkan server fisik. 

VPS seringkali menjadi pilihan yang lebih terjangkau daripada menyewa atau membeli server fisik secara eksklusif. Hal ini dikarenakan sumber daya fisik dibagi di antara beberapa VPS, karenanya biaya overhead dan investasi awal biasanya lebih rendah. 

Kemampuan VPS ini juga mengurangi biaya infrastruktur IT bagi bisnis kecil dan menengah, serta memungkinkan individu untuk mengakses solusi hosting yang canggih tanpa biaya yang signifikan. 

Fungsi VM 

Seperti halnya VPS, di sini Anda juga akan diajak mengatahui fungsi-fungsi utama VM yang wajib Anda ketahui untuk dapat lebih memahami beda VPS vs VM. 

1. Isolasi lingkungan yang kuat. 

VM menyediakan isolasi lingkungan yang kuat antara instance yang berbeda. Setiap VM beroperasi sebagai entitas terpisah, memiliki sumber daya, dan konfigurasi yang terisolasi dari yang lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa sistem operasi dan aplikasi secara bersamaan tanpa saling mengganggu. 

Dengan kemampuan di atas, VM memastikan keamanan dan stabilitas lingkungan komputasi dengan mengisolasi instance dari satu sama lain. 

2. Dapat di-install berbagai sistem operasi. 

VM memungkinkan pengguna menginstal berbagai jenis sistem operasi di dalamnya, termasuk Linux, Windows, MacOS, dan lain-lain. Setiap VM berperilaku seperti mesin fisik mandiri, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi atau layanan yang spesifik untuk sistem operasi tertentu.  

VM memberikan fleksibilitas yang besar dalam pengembangan, pengujian, dan implementasi aplikasi yang memerlukan platform atau sistem operasi yang berbeda. 

3. Flexibilitas dalam konfigurasi dan skalabilitas sumber daya. 

VM memberikan fleksibilitas dalam mengatur konfigurasi dan sumber daya yang digunakan, termasuk CPU, RAM, dan penyimpanan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan sumber daya sesuai dengan kebutuhan aplikasi atau beban kerja tertentu. 

VM memudahkan pengguna untuk menangani perubahan volume lalu lintas atau kebutuhan aplikasi. 

Teknologi Virtualisasi 

Teknologi Virtualisasi adalah fondasi dari banyak lingkungan komputasi modern seperti VPS dan VM. Teknologi ini berfungsi menjalankan beberapa sistem operasi dan aplikasi secara bersamaan di atas satu mesin fisik. Di antara teknologi virtualisasi yang populer adalah: 

KVM  

KVM adalah teknologi virtualisasi yang terintegrasi ke dalam kernel Linux. Ini memungkinkan Linux untuk berfungsi sebagai hypervisor, memungkinkan untuk membuat dan mengelola mesin virtual di atasnya. 

Kemampuan: KVM mendukung berbagai sistem operasi tamu, termasuk Linux, Windows, dan lainnya. Ini populer di kalangan pengguna Linux dan banyak digunakan dalam lingkungan server. 

Hyper-V 

Hyper-V merupakan platform virtualisasi atau hypervisor yang dikembangkan oleh Microsoft. Hyper-V terintegrasi ke dalam sistem operasi Windows dan tersedia sebagai produk mandiri. 

Hyper-V mendukung virtualisasi berbasis server dan desktop yang memungkinkan pengguna menjalankan berbagai sistem operasi, termasuk Windows dan Linux. Hyper-V digunakan secara luas dalam lingkungan perusahaan yang menjalankan Windows Server. 

Xen 

Sama halnya dengan KVM dan Hyper-V, Xen juga merupakan sebuah hypervisor. Xen bersifat open-source yang dikembangkan oleh komunitas dan dikelola oleh Linux Foundation. Ia dapat dijalankan sebagai hypervisor mandiri maupun diintegrasikan dengan kernel Linux. 

Xen memiliki reputasi yang baik untuk kinerja, keandalan, dan keamanan. Xen biasa digunakan dalam berbagai lingkungan, termasuk hosting cloud dan pusat data, serta digunakan oleh banyak penyedia layanan cloud terkemuka. 

Kapan Menggunakan VPS dan VM? 

Agar lebih memahami beda VPS vs VM, Anda perlu mengetahui juga kapan menggunakan VPS dan VM. Dengan mengetahui ini , Anda jadi lebih bisa memutuskan mana yang harus Anda digunakan saat Anda hendak memiliki website atau aplikasi. 

Contoh Penggunaan VPS 

1. Hosting Situs Web atau Aplikasi: VPS sering digunakan untuk hosting situs web, blog, atau aplikasi web. VPS memberikan lingkungan hosting yang terisolasi dengan kapasitas yang cukup untuk menangani lalu lintas situs web atau aplikasi mereka. 

2. Pengembangan Aplikasi: VPS dapat digunakan untuk menguji dan mengembangkan (staging) aplikasi web atau perangkat lunak. Mereka dapat membuat lingkungan pengembangan terisolasi di VPS tanpa mempengaruhi lingkungan produksi. 

3. Server File: VPS bisa difungsikan sebagai server file untuk menyimpan dan berbagi file dengan tim atau pengguna lain. 

4. Server Email: VPS bisa digunakan sebagai server email untuk mengelola dan menyimpan email perusahaan atau pribadi. Ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol penuh atas email mereka tanpa harus mengandalkan penyedia layanan email eksternal. 

Contoh Penggunaan VM 

1. Konsolidasi Server: VM digunakan dalam lingkungan perusahaan atau data center untuk mengkonsolidasikan server fisik. Hal ini memungkinkan perusahaan mempunyai hanya satu server fisik yang menjalankan beberapa VM, untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. 

2. Uji Coba dan Pengujian: Tim pengembangan dapat menggunakan VM untuk melakukan pengujian dan uji coba aplikasi di berbagai lingkungan, termasuk pengujian kompatibilitas dan pengujian keamanan. 

3. Penyediaan Cloud: Penyedia layanan cloud menggunakan VM untuk menyediakan layanan infrastruktur sebagai layanan (IaaS) kepada pelanggan mereka. Hal ini memungkinkan pelanggan menyewa dan menggunakan sumber daya komputasi serta penyimpanan sesuai kebutuhan mereka. 

4. Penyediaan Lingkungan Pengembangan: Organisasi menggunakan VM untuk menyediakan lingkungan pengembangan yang terisolasi. Setiap pengembang memiliki VM sendiri untuk mengembangkan dan menguji kode mereka tanpa mempengaruhi pengembang lain. 

5. Penyediaan Desktop Virtual: VM dapat digunakan untuk menyediakan desktop virtual bagi pengguna. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses desktop mereka dari jarak jauh atau untuk menciptakan desktop yang terisolasi untuk tujuan keamanan atau pengujian. 

6. Server Email: VM juga dapat digunakan sebagai server email. Pengguna dapat menginstal dan mengkonfigurasi perangkat lunak server email di dalam VM, seperti Microsoft Exchange, Postfix, atau Zimbra. VM dapat memberikan kontrol dan isolasi yang diperlukan untuk mengelola server email dengan baik, termasuk keamanan dan keandalan. 

7. Backup dan Pemulihan Bencana: VM dapat digunakan untuk membuat backup dari sistem produksi atau untuk menyediakan solusi disaster recovery. Dengan membuat salinan VM, organisasi dapat memulihkan sistem mereka dengan cepat saat terjadi kegagalan sistem atau bencana alam. 

 

Bagus yang mana?  

Meskipun VM dan VPS memiliki beberapa kesamaan, ada beberapa perbedaan utama yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih menggunakan VM dan VPS: 

  • Skalabilitas: VM menawarkan skalabilitas yang lebih tinggi dibandingkan VPS. Anda dapat dengan mudah menambah atau menghapus instans VM sesuai kebutuhan, sedangkan VPS biasanya memiliki batasan skalabilitas.  
  • Kontrol: VM memberi Anda kontrol lebih besar atas infrastruktur Anda dibandingkan VPS. Anda dapat memilih jenis instans, jumlah CPU, RAM, dan penyimpanan yang Anda butuhkan. VPS biasanya memiliki opsi konfigurasi yang lebih terbatas.  
  • Harga: VM dapat lebih hemat biaya dibandingkan VPS, terutama jika Anda hanya membutuhkan sumber daya untuk waktu singkat. VPS biasanya memiliki biaya tetap per bulan, sedangkan VM hanya mengenakan biaya untuk sumber daya yang Anda gunakan.  

Kesimpulan 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, meskipun memiliki kemiripan VPS dan VM memiliki perbedaan signifikan dalam hal kemampuan. VPS bisa digunakan untuk kebutuhan project kecil yang tidak banyak membutuhkan banyak resource, skalabilitas, dan kinerja tinggi. 

Sedangkan, VM adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang membutuhkan skalabilitas, kinerja, dan efisiensi biaya tinggi. Hal ini membuat RayaVM sebagai solusi cloud server terbaik, selain selain menawarkan semua keuntungan VM, RayaVM juga dapat memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pemenuhan kebutuhan server Anda, dan masih banyak lagi. 

Facebook
Twitter
LinkedIn

16 Comments

  1. India is a hiker’s dream destination. Here are a dozen of its most epic trails
    [url=https://www-blackspruty4w3j4bzyhlk24jr32wbpnfo3oyywn4ckwylo4hkcyy4yd.com]blacksprut площадка[/url]
    When planning a trip to India, the “Golden Triangle,” comprising Delhi, Jaipur and Agra, often comes to mind as a must-see region. And these historic destinations do indeed provide a classic introduction to the country.

    However, India boasts an array of natural wonders that provide ample opportunities for the more active traveler to get out and explore.
    https://blackspruty4w3j4bzyhlk24jr32wbpnfo3oyywn4ckwylo4hkcyy4yd.site
    сайт спрут
    The terrain encountered during a hiking odyssey in subcontinent-sized India is as diverse as the cultural fabric that weaves this extraordinary nation together.

    Here, one can encounter towering peaks of the formidable Himalayas and undulating plains that whisper tales of ancient civilization in the northern region. Towards the southern reaches, the forest-cloaked Western Ghats mountain range abounds with vibrant flora and fauna.

    Numerous local guides and trekking agencies are on hand to help you conquer these trails. Check out the Indian Mountaineering Foundation for a list of the country’s registered tour agencies.

    If it’s inspiration you’re after, here’s a rundown of 12 of the most epic hikes in India, ranging from quick, casual hikes to multi-day excursions.

  2. Hi there,

    My name is Mike from Monkey Digital,

    Allow me to present to you a lifetime revenue opportunity of 35%
    That’s right, you can earn 35% of every order made by your affiliate for life.

    Simply register with us, generate your affiliate links, and incorporate them on your website, and you are done. It takes only 5 minutes to set up everything, and the payouts are sent each month.

    Click here to enroll with us today:
    https://www.monkeydigital.org/affiliate-dashboard/

    Think about it,
    Every website owner requires the use of search engine optimization (SEO) for their website. This endeavor holds significant potential for both parties involved.

    Thanks and regards
    Mike Paterson

    Monkey Digital

  3. Вы, гнилые представители силовых структур, стали олицетворением беззакония и коррупции! Вместо того чтобы защищать наш Бествей, вы сами стали его врагами! Вы – лишь инструмент в руках коррумпированных властей, готовых поглотить нас и вас, если вы не знали, как зверьё на охоте! Это не просто нарушение закона, это наша кровь и пот, наши мечты и надежды, которые были безжалостно растоптаны. Это не просто незаконные действия, это предательство и ущерб, который нанесен каждому из нас. Да, я уверен, что Прокуратура фальсифицирует факты ! Здесь произошло нарушение всех норм и законов! Это не просто незаконное действие, это преступление против нас, против каждого из нас, против каждой нашей мечты! Пусть вас ждёт ответственность за ваши безнравственные поступки перед законом и перед народом! Вы – не достойны звания защитников порядка, вы – просто позор общества и предатели идеалов, ради которых мы все стоим вместе! Мы не позволим вам превратить наши жизни в ад! Мы будем стоять против вас, как один, готовые пойти на все, чтобы защитить наши права и свободу выбора.
    Михаил

  4. Hi there,

    I have reviewed your domain in MOZ and have observed that you may benefit from an increase in authority.

    Our solution guarantees you a high-quality domain authority score within a period of three months. This will increase your organic visibility and strengthen your website authority, thus making it stronger against Google updates.

    Check out our deals for more details.
    https://www.monkeydigital.co/domain-authority-plan/

    NEW: Ahrefs Domain Rating
    https://www.monkeydigital.co/ahrefs-seo/

    Thanks and regards
    Mike Donovan

  5. This service is perfect for boosting your local business’ visibility on the map in a specific location.

    We provide Google Maps listing management, optimization, and promotion services that cover everything needed to rank in the Google 3-Pack.

    More info:
    https://www.speed-seo.net/ranking-in-the-maps-means-sales/

    Thanks and Regards
    Mike Eddington

    PS: Want a ONE-TIME comprehensive local plan that covers everything?
    https://www.speed-seo.net/product/local-seo-bundle/

  6. Арест счетов, арест недвижимого имущества, блокирование налоговых платежей — все это лишь вершина айсберга, который угрожает нашим правам и нашему благополучию. И что мы видим дальше? Кооператив “Бест Вей” — не просто форма жилищного образования. Это наша надежда на жилье, наша возможность избежать долгих лет ипотечных выплат, наш путь к финансовой независимости. И какой ответ получаем мы? Произвол, неправосудие, отсутствие человечности. Следствию и Прокуратуре СПБ хочется напомнить: закон не должен быть средством подавления наших прав. Наши голоса должны быть услышаны, наши права должны быть защищены. Мы не станем играть по их правилам. Мы уже приобрели свои квартиры через кооператив и планируем продолжить в том же духе. Наша система работает, и она успешна. Произвол со стороны МВД и давление на наш кооператив – это ответ нашему выбору и желанию оставаться независимыми. По-видимому, именно за это нас пытаются наказать. Давайте не сдадимся, друзья. Давайте продолжим бороться за наши семьи, за наши дома и за наше будущее!
    Артём

  7. Адвокат Запорожье — юрист Запорожье. Военный адвокат Запорожье. Помощь опытных адвокатов в Запорожье и Запорожской области. Любые виды юридических услуг и консультаций адвокатов
    [url=https://advokat.061.ua/]Военный адвокат СЗЧ[/url]
    Профессиональная круглосуточная поддержка адвоката позволяет держать в курсе дела и во время принимать необходимые меры. Вся информация о нас находится в реестре Адвокатов Украины, документы, подтверждающие наши полномочия, будут представлены при личной встрече.
    Адвокат Запорожье. Военный адвокат Запорожье. Мы — команда адвокатов по международному, национальному и военному праву, с многолетним опытом практической работы. Наши сотрудники — члены Национальной ассоциации Адвокатов Украины, а некоторые и члены Международных обществ и организаций.

    У нас нет молодых специалистов, которые на делах клиентов набираются опыта. Наша работа – это наше хобби, поэтому к каждому делу мы относимся ответственно, подбирая индивидуальный подход. Мы знаем, что нужно делать, чтобы выиграть Ваше дело.

  8. TruePills, No prescription needed, Buy pills without restrictions. Money Back Guaranteed 30-day refunds.

    Trial ED Pack consists of the following ED drugs:
    Viagra Active Ingredient: Sildenafil 100mg 5 pills
    Cialis 20mg 5 pills
    Levitra 20mg 5 pills

    https://cutt.ly/7wC5m1Id
    https://afmonline.org/?URL=https://true-pill.top/
    https://vidau-cctv.ru/bitrix/rk.php?goto=https://true-pill.top/
    https://larouge-lingerie.ru/bitrix/redirect.php?event1=click_to_call&event2=&event3=&goto=https://true-pill.top/
    https://infodaymedia.com:443/bitrix/rk.php?goto=https://true-pill.top/
    https://rcmr.minzdravrso.ru:443/bitrix/redirect.php?goto=https://true-pill.top/

    Osteofene
    Miocardie
    Zendhin
    Oxiflox
    Geslutin
    Copharlan
    Becilan
    Arabloc
    Aprazol
    Nortrilen
    Pepcid
    Cetirizindi
    Lumaren
    Oxkine
    Piroxin
    Neupax
    Finap
    Alesof-10
    Famvir
    Klarit
    Indomax
    Sildenafil dapoxetine
    Flovid
    Lodoz
    Pericam
    Bifrizide
    Medet
    Emcolol
    Losucon
    Anpiride
    Throcin
    Valtrex
    Elcrit
    Idomethine
    Ambramycin
    Cetirinax
    Normaln
    Lisilet
    Nifecard
    Balcor

  9. Hello! Company Political Science a completely new scientific political system, which has never been seen before in the history of mankind. The document contains 10 pages of detailed description. You can buy this sex-free document for 950$, payment bitcoin. To obtain and pay for it, go to the proxy-tunneled self-hosted site, click Visit Site, register without using personal data, make payment and download the document. Thank you in advance.

    Self-hosted website: https://az1jgrh.localto.net/
    If pages don’t load – refresh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud