Apache Vs Nginx: Unggul yang Mana ya?

Apache vs Nginx

Sebagai seorang pengunjung, ketika melakukan pengaksesan terhadap sebuah website, yang nyatanya memiliki kinerja server yang cepat, maka hal tersebut dapat memberikan user experience yang bagus bukan? Yup, kecepatan suatu server menjadi salah satu indikator bagus atau tidaknya user experience yang kamu berikan kepada pengunjung.

Nah, untuk mengatasi permasalahan kecepatan server ini, kamu dapat menggunakan berbagai macam program. Yang mana diantaranya, program Apache dan Nginx menjadi kedua program web server yang paling populer dan umum digunakan. Maka dari itu, artikel ini akan menyuguhkan informasi detail dari perbandingan kedua program server populer ini.

Berkenalan dengan Apache

Apa itu Apache? Untuk kamu yang belum familiar dengan istilah ini Apache merupakan sebuah web server yang pertama kali dibuat pada tahun 1995, saat ini Apache menjadi web server yang populer, memiliki open source, yang dapat ditinjau, dan ditingkatkan sesuai keinginan.

Tujuan utama dari Apache ini sendiri adalah menyuguhkan sebuah web server yang mampu menyuguhkan berbagai bentuk proteksi, kestabilan dan fleksibelitas.

Berkenalan dengan Nginx

Nginx merupakan web server yang memiliki performa cepat. Dan mudah untuk dikustomisasi sama halnya dengan Apache. Nginx ini berusia lebih muda dari Apache, yakni terlahir pada tahun 2002, dan mulai terus dikembangkan saat kebutuhan server yang cepat semakin diperlukan. Terutama di era digitalisasi saat ini.

Popularitas Apache Vs Nginx

Setelah berkenalan dengan kedua web server mari kita mulai melakukan perbandingan terhadap keduanya. Sekiranya mana yang lebih unggul, dan pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan pada website milikmu.

Mari mulai membahas dari popularitas Apache dan Nginx. Pemberian mutu terhadap dukungan komunitas yang baik merupakan indikator kepopuleran kedua web server ini. Dan masing-masing server baik, Apache dan Nginx keduanya masih sangat populer. Maka, dapat disimpulkan bahwa keduanya seri.

Proteksi Apache Vs Nginx

Masing-masing web server memberikan ketentuan dan kebijakan tersendiri mengenai proteksi terhadap Apache dan Nginx. Yup, Kedua tim development pada Apache dan Nginx sama-sama merilis security patch untuk mengantisipasi  serangan DDos secara berkala.

Maka dari itu, dalam poin proteksi ini. Dapat dikatakan keduanya masih memiliki nilai yang imbang alias seri.

Performa Apache Vs Nginx

Hadirnya sub-process pengaturan,  pada Nginx sendiri, membuat Nginx mampu membalas request customer dengan baik. Penghematan konsumsi resource komputer pun dapat ditingkatkan, begitu pula dengan konsumsi RAM. Sedangkan sub-process yang satu ini tidak hadir pada Apache.

Oleh karenanya pada poin performa ini, Nginx dinilai lebih unggu dibanding Apache, karena website pun juga dapat diakses secara bersamaan menggunakan web server Nginx ini.

Fleksibilitas Apache Vs Nginx

Lain halnya dengan Nginx, Apache sendiri bisa dibilang menjadi web server yang amat fleksibel. Yup, server Apache telah memberikan support kepada lebih dari 60 modul dengan ragam yang berbeda. Perluasan fungsionalitas pun juga dapat dilakukan terhadap web server ini. Apalagi Apache juga mendukung tindak kustomisasi koneksi melalui tools, dan menghadirkan berbagai bentuk kemudahan.

Kemampuan Caching Apache Vs Nginx

Baik Apache dan Nginx, keduanya sama-sama memiliki kemampuan chaching yang baik. Namun,untuk Apache sendiri,  dua buah komponen yang dapat difungsikan untuk membuat cache, yakni modul mod_cache dan Varnish. Dan untuk Nginx sendiri ia menggunakan caching FastCGI yang dikenal mampu membentuk cache konten statis.

kinerja mod_cache pada Apache tidak menutup kemungkinan untuk bertentangan langsung dengan modul lain, serta dapat memunculkan beragam kendala. Sedangkan untuk Varnish dari Apache dan FastCGI dari Nginx, dinilai lebih unggul FastCGI, karena mampu lebih cepat merespon permintaan dan melakukan penanganan terhadap banyak permintaan dibanding Varnish.

Maka dari itu, dapat disimpulkan kemampuan caching Nginx dinilai lebih unggul dari Apache.

Tersedianya Dokumentasi Apache Vs Nginx

Apache telah lama hadir sebagai web server ternama, maka dari itu tak heran telah banyak dokumentasi yang tersedia dari berbagai bahasa.

Nah, untuk dokumentasi Nginx sendiri awalnya hanya disuguhkan dalam bahasa Rusia. Namun, seiring dengan popularitasnya yang semakin berkembang pesat, panduan Nginx sudah banyak tersedia dalam berbagai bahasa.

Tools dari kedua web server ini juga lengkap, dan dengan adanya tools Apache dan Nginx inilah, keduanya dinilai mampu terintegrasi satu sama lain. Kamu dapat menentukan pilihan, terhadap jenis server yang mana yang akan kamu pilih, beserta berbagai bentuk pertimbangan yang dapat dijumpai di dalamnya.

Dapat disimpulkan bahwa Apache maupun Nginx merupakan dua web server yang paling populer. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, pilih lah web server yang menurut Anda paling bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Temukan artikel seputar IT lainnya di blog Cloud Raya. Atau Anda juga bisa melakukan sign up gratis untuk cari tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud