Apa itu Web Browser: Jenis-jenis, Fungsi, Manfaat Dan Penggunaannya

Apa itu web browser

Memahami seluk beluk terkait komponen komputer sangat diperlukan agar semakin handal menggunakan perangkat keras beserta software-nya. Kemahiran tersebut tentu membawa dampak besar, pekerjaan cepat selesai dan mudah beradaptasi pada teknologi baru. Oleh karena itu, ketahui apa itu Web Browser beserta jenis, fungsi, manfaat dan cara penggunaan yang aman, disini.

Mengenal Apa Itu Web Browser

Website browser atau Web browser adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk menjelajah, menyajikan hingga mengambil konten dari berbagai sumber informasi pada jaringan internet. Peramban website ini dapat mengidentifikasi sumber informasi dari jaringan internet, berupa halaman website, video, gambar atau konten lainnya.

Jenis-jenis Web Browser

Ada beberapa jenis web browser yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

Mozilla Firefox

mozilla firefox
Sumber: mozilla.org

Performa baik dengan tingkat keamanan ganda, membuat Mozilla Firefox masih eksis digunakan hingga kini. Kelebihan web browser yakni memiliki banyak fitur, seperti add on, Reader View, dan sistem keamanan terjamin. Namun, proses pengunduhan di Mozilla Firefox kadang tidak berjalan otomatis.

Google Chrome

Tampilan minimalis dan menarik, membuat pengguna merasakan kenyamanan ketika menjelajah internet menggunakan web browser Google Chrome. Kelebihannya ada pada kecepatan loading karena Google Chrome cenderung lebih ringan, kemudian memiliki fitur keamanan yang lengkap dan anti-fraud protection. Namun, Anda tidak bisa mengubah shortcut key pada Google Chrome.

UC Browser

UC Browser
Sumber: ucweb.com

Browser ini pertama dirilis pada tahun 2004 di Tiongkok. Mayoritas pengguna UC Browser datang dari smartphone, namun performa UC Browser via web juga tidak bisa diremehkan. Kelebihan peramban website satu ini yakni dapat mengecilkan data browsing, sehingga dapat menghemat data. UC browser dinilai baik sebagai media pengunduh. Yang patut disayangkan dari UC Browser adalah tidak mendukung javascript dan RSS Feed.

Opera

Opera
Sumber: opera.com

Opera memiliki tampilan minimalis dan satu keunikan yang membedakannya dengan browser lain. Jika browser lain segala menu ada di atas layar, di Opera Anda bisa menemukannya di sisi kanan layar Anda (sidebar). Opera juga memiliki Turbo Mode yang membuat Anda lebih cepat membuka halaman website ketika jaringan internet kurang stabil. Tetapi sama seperti Google Chrome, di Opera Anda tidak bisa mengubah shortcut key.

Microsoft Edge

Bagi Anda pengguna lama Microsoft pasti ingat dengan web browser andalan Microsoft yaitu Internet Explorer (IE), kini Microsoft sudah memberikan penggantinya, Microsoft Edge. Microsoft Edge dibangun menggunakan Chromium, sebuah proyek open source yang juga menjadi dasar pembangunan Google Chrome. Sehingga fitur Microsoft Edge dan Google Chrome hampir sama. Ada anggapan bahwa Microsoft Edge lebih baik dari Google Chrome, ini dikarenakan Microsoft Edge dinilai lebih ringan, lebih cepat, dan lebih hemat baterai. Anda juga tidak perlu repot mengatur akun karena sudah terintegrasi dengan Microsoft. Tetapi sayangnya, Microsoft Edge tidak memiliki fitur ekstensi/add on.

Safari

Safari
Sumber: apple.com

Seiring makin naik daun produk Apple, Safari menjadi web browser yang cukup banyak digunakan. Dikembangkan oleh Apple Inc, Safari mulai rilis di tahun 2003 untuk web, dan 2007 untuk mobile. Safari juga bisa digunakan untuk OS Windows, loh. Memiliki tampilan UI yang menarik dan loading cepat membuat Safari semakin diminati banyak orang. Namun, karena sudah melekat dengan produk Apple, meskipun bisa digunakan di Windows, membuat pengguna Windows masih kurang familiar.

Fungsi Web Browser

Anda perlu mengetahui fungsi sesungguhnya agar tak melewatkan keunggulan web browser, berikut ulasannya:

1. Verifikasi Keamanan Website

Web browser berfungsi memastikan atau memverifikasi keamanan sebuah laman website, tujuannya supaya keamanan user terjaga dan meminimalisir bahaya bagi user.

2. Memudahkan Akses Laman

Fungsi utama web browser adalah kemudahan akses membuka laman website pada internet, pengguna akan langsung diarahkan menuju website yang ingin diakses dengan mudah.

3. Mengumpulkan Data

Web browser akan menampilkan konten dalam bentuk teks, gambar, video, hingga audio pada laman tersebut.

4. Mendukung Permintaan Data

Jika Anda membutuhkan data pada laman website dan ingin menyimpannya secara permanen ke komputer atau PC, maka web browser memiliki fungsi membantu Anda melakukan proses download hingga masuk ke dokumen PC Anda.

5. Sinergisme dengan Mesin Pencari

Search engine pada laman Google merupakan mesin pencari yang memudahkan Anda mengakses suatu konten. Web browser pun demikian dibutuhkan oleh mesin pencari untuk semakin memudahkan pengguna mengakses data dan informasi dari internet.

Manfaat Web Browser

Memahami fungsi web browser, kurang afdol jika belum memahami manfaatnya bagi para user dengan mobilitas kerja tinggi dan memerlukan bantuan akses internet.

  • Akses yang mudah, memudahkan pengguna mengakses informasi dan data secara cepat dan ringkas dari internet.
  • Kemudahan download, website browser membantu pengguna mengunduh file atau data dari laman website ke komputer pribadi.
  • Kemudahan menjelajah internet, berbagai macam situs yang aman dan berguna bagi pengguna akan dipermudah dengan website browser.

Fitur Web Brower

Setiap browser memiliki fitur-fitur di dalam penggunaannya untuk mendukung dan memudahkan kita dalam belajar / bekerja. Ada beberapa fitur web browser yang sama satu sama lain tetapi ada juga yang berbeda. Berikut adalah tabel perbandingan fitur setiap browser yang dijalankan di dekstop

Tabel Perbandingan Fitur Web Browser

Fitur

Mozilla

Safari

Chrome

Edge

Opera

UC

Memindah tab ke browser yang baru

v

Hanya Single Tab

v

v

Hanya Single Tab

x

Aktivasi Sync

v

v

v

v

v

v

Setting Synch

v

x

v

v

x

x

Fitur Translate

x

v

v

v

x

v

Support Java Script

v

v

v

v

v

x

VPN

Third Party

Versi Terbaru mendukung VPN

v

Third Party

Third Party

Third Party

v

Cara Kerja Web Browser

Setelah memahami keseluruhan apa itu web browser, selanjutnya mengetahui cara kerjanya dalam membantu pengguna menemukan laman sesuai keinginan, berikut ini:

  • User mengakses website dengan mengetikkan alamat pada URL di address bar pada peramban website (contohnya: Google(dot)com).
  • Web browser akan otomatis menerima permintaan user dan menjalankan pengambilan data pada DNS server.
  • Data yang telah diambil, berupa IP dari perintah dengan mengetikkan sesuai keinginan user.
  • Kemudian, web browser dapat mengakses server tujuan menggunakan IP yang diperoleh dari DNS server
  • Server memberikan data dari konten dalam bentuk HTML atau file lain, seperti PHP, CSS, dll.
  • Terakhir, peramban web menampilkan beragam konten sesuai permintaan pengguna.

Kesimpulan 

Sudah jelaskan beberapa materi web browser di atas? Dari pembahasan Apa itu Web Browser: Jenis-jenis, Fungsi, Manfaat Dan Penggunaannya dapat disimpulkan bahwa pengertian web browser adalah aplikasi software yang berfungsi untuk berselancar di internet dan beberapa macam jenis diantaranya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Microsoft Edge, Safari dan UC browser. 

Jadi mana nih,  dari beberapa rekomendasi browser yang ada di atas yang menjadi jagoan Anda? Tuliskan jawabannya di kolom komentar, ya!

Silakan baca artikel Cloud Raya lainnya untuk mendapat lebih banyak informasi mengenai teknologi di blog Cloud Raya atau diskusi secara langsung melalui sosial media di @CloudRaya. Anda juga bisa mencari tahu apa saja yang bisa Anda lakukan pada cPanel Cloud Raya dengan melakukan Sign Up terlebih dulu di sini.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud