ARTICLE
Apa itu Web Browser: Jenis-jenis, Fungsi, Manfaat Dan Penggunaannya

Apa itu Web Browser: Jenis-jenis, Fungsi, Manfaat Dan Penggunaannya

25 Oktober 2021 by Marketing Cloudraya

Memahami seluk beluk terkait komponen komputer sangat diperlukan agar semakin handal menggunakan perangkat keras beserta software-nya. Kemahiran tersebut tentu membawa dampak besar, pekerjaan cepat selesai dan mudah beradaptasi pada teknologi baru. Oleh karena itu, ketahui apa itu Web Browser beserta jenis, fungsi, manfaat dan cara penggunaan yang aman, disini.

Mengenal Apa Itu Web Browser

Web browser atau website browser merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk menjelajah, menyajikan hingga mengambil konten dari berbagai sumber informasi pada jaringan internet. Peramban website ini dapat mengidentifikasi sumber informasi dari jaringan internet, berupa halaman website, video, gambar atau konten lainnya.

Jenis-jenis Website Browser

Ada beberapa jenis website browser yang perlu diketahui, diantaranya:

Mozilla Firefox

Performa baik dengan tingkat keamanan ganda, membuat mozila firefox masih eksis digunakan hingga kini. Kelebihan web browser yakni memiliki banyak fitur, seperti add on.

Google Chrome

Tampilan minimalis dan menarik, membuat pengguna merasakan kenyamanan ketika menjelajah internet menggunakan peramban website chrome. Kelebihannya ada pada kecepatan loading.

US Browser

Kelebihan peramban website satu ini yakni dapat mengecilkan data browsing, sehingga dapat menghemat data. UC browser dinilai baik sebagai media pengunduh.

Fungsi Website Browser

Anda perlu mengetahui fungsi sesungguhnya agar tak melewatkan keunggulan website browser, berikut ulasannya:

1. Verifikasi Keamanan Website

Website browser memiliki fungsi memastikan atau verifikasi keamnan sebuah laman website, tujuannya memastikan keamanan dan meminimalisir bahaya bagai user.

2. Memudahkan Akses Laman

Fungsi utama dari web browser ialah kemudahan akses membuka laman website pada internet, pengguna akan langsung diarahkan menuju website yang ingin diakses dengan mudah.

3. Mengumpulkan Data

Website browser akan menampilkan konten dalam bentuk teks, gambar, video, hingga audio pada laman tersebut.

4. Mendukung Permintaan Data

Jika Anda membutuhkan data pada laman website dan ingin menyimpannya secara permanen ke komputer atau PC, maka web browser memiliki fungsi membantu Anda melakukan proses download hingga masuk ke dokumen PC Anda.

5. Sinergisme dengan Mesin Pencari

Search engine pada laman google merupakan mesin pencari yang memudahkan Anda mengakses suatu konten. Web browser pun demikian dibutuhkan oleh mesin pencari untuk semakin memudahkan pengguna mengakses data dan informasi dari internet.

Manfaat Website Browser

Memahami fungsi website browser, kurang afdol jika belum memahami manfaatnya bagi para user dengan mobilitas kerja tinggi dan memerlukan bantuan akses internet.

  • Akses yang mudah, memudahkan pengguna mengakses informasi dan data secara cepat dan ringkas dari internet.
  • Kemudahan download, web browser membantu pengguna mengunduh file atau data dari laman website ke komputer pribadi.
  • Kemudahan menjelajah internet, berbagai macam situs yang aman dan berguna bagi pengguna akan dipermudah dengan website browser.

Cara Kerja Web Browser

Setelah memahami keseluruhan apa itu web browser, selanjutnya mengetahui cara kerjanya dalam membantu pengguna menemukan laman sesuai keinginan, berikut ini:

  • User mengakses website dengan mengetikkan alamat pada URL di address bar pada peramban website (contohnya: Google(dot)com).
  • Web browser akan otomatis menerima permintaan user dan menjalankan pengambilan data pada DNS server.
  • Data yang telah diambil, berupa IP dari perintah dengan mengetikkan sesuai keinginan user.
  • Kemudian, web browser dapat mengakses server tujuan menggunakan IP yang diperoleh dari DNS server
  • Server memberikan data dari konten dalam bentuk HTML atau file lain, seperti PHP, CSS, dll.
  • Terakhir, peramban web menampilkan beragam konten sesuai permintaan pengguna.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa web browser adalah aplikasi software yang berfungsi untuk berselancar di internet dan beberapa macam diantaranya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan US browser.

Silahkan baca artikel Cloud Raya lainnya untuk mendapat lebih banyak informasi mengenai teknologi di blog Cloud Raya atau diskusi secara langsung melalui sosial media di @CloudRaya. Anda juga bisa mencari tahu apa saja yang bisa Anda lakukan pada cPanel Cloud Raya dengan melakukan Sign Up terlebih dulu di sini.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x