6 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Layanan Cloud Storage

layanan cloud storage

Layanan cloud storage, atau layanan penyimpanan data berbasis cloud, semakin diminati baik untuk keperluan personal maupun bisnis. Oleh karena itu, banyak penyedia layanan cloud storage yang ada di pasaran. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih layanan ini.

Definisi Cloud Storage

Cloud storage merupakan media penyimpanan file berbasis online atau digital yang  membutuhkan koneksi internet untuk mengakses data. Data yang disimpan pada cloud storage akan tersimpan pada beberapa server yang dikelola oleh penyedia layanan atau yang biasa disebut sebagai hosting.

Cloud storage menjadi terobosan baru dalam dunia penyimpanan data yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan media penyimpanan offline seperti hardisk dan flashdisk.

Menurut statistik pada 2022 lalu, lebih dari 60% data korporasi secara global akan tersimpan di cloud, atau meningkat 30% dari tahun 2015. Angka ini diperkirakan akan terus tumbuh seiring dengan banyaknya perusahaan yang mengalihkan sumber daya ke lingkungan cloud. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan keandalan dalam rangka mengoptimasi produktivitas bisnis.

Dari data tersebut, dapat dilihat bahwa minat masyarakat terhadap penyimpanan data di cloud semakin meningkat. Meskipun bisa memberikan banyak manfaat, namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan cloud storage, dari segi keamanan dan keandalan penyimpanan data. Selain itu, perlu diperhatikan juga kapasitas penyimpanan, kecepatan akses, dan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh layanan tersebut.

Manfaat Cloud Storage

Kemampuan untuk menyimpan dokumen dan media di cloud atau online merupakan salah satu kemudahan di era internet saat ini. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mengakses file dari mana saja.

Di era kolaborasi dan praktik kerja mobile yang banyak diterapkan oleh perusahaan dan organisasi saat ini, layanan cloud storage memegang peran penting. Tanpa cloud storage, kolaborasi berpotensi memicu kesulitan dan kompleksitas.

Misalnya saja pengguna harus membuat beberapa salinan dokumen dan memberinya nama yang berbeda agar dapat memeriksa setiap perubahan yang dilakukan oleh setiap orang.

Dengan layanan penyimpanan dan sinkronisasi file di cloud, pengguna dapat mengakses berbagai jenis data di mana saja dan kapan saja. Data tersebut juga dapat diakses oleh pengguna lain untuk berkolaborasi dan setiap perubahan pada data akan dicatat oleh sistem cloud storage.

Selain itu, layanan ini relatif lebih aman karena penyedia cloud storagetelah menggunakan standar keamanan berkelas internasional. Berbagai sistem keamanan dihadirkan mulai dari keamanan jaringan hingga keamanan pusat data provider cloud.

Bagi bisnis berskala kecil, kehadiran cloud storage memungkinkan mereka memiliki penyimpanan data yang andal, didukung teknologi terkini, dan dijamin standar internasional tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal jika mereka melakukannya sendiri.

Sumber foto: https://pixabay.com/

Cloud Storage atau Cloud Backup?

Saat ini, tersedia banyak layanan cloud storage yang dapat dipilih di pasar sehingga seringkali membingungkan bagi pengguna, khususnya pengguna pribadi. Terdapat juga layanan cloud backup yang tersedia di pasar. Banyak pengguna yang menganggap kedua layanan tersebut sama. Meskipun ada penyedia cloud storage yang menyediakan fitur backup dan sebaliknya.

Memang ada beberapa kesamaan di antara keduanya, tetapi tujuan dari kedua layanan tersebut sebenarnya berbeda. Cloud storage fokus pada penggunaan dan akses sehingga dapat membantu pengguna dalam hal penyimpanan, sinkronisasi, dan berbagi dengan pengguna dan perangkat lain.

Memiliki salinan file di cloud storage sepertinya sudah cukup aman bagi pengguna jika perangkat pengguna mengalami masalah. Namun, tindakan ini hanya mengamankan file dan data yang secara manual pengguna salin atau pindahkan ke cloud storage.

Layanan cloud backup akan menghilangkan proses manual tersebut dan memastikan integritas dan keamanan data. Dengan layanan cloud backup, salinan file di perangkat pengguna akan secara otomatis dan terus-menerus dikirimkan dan dicadangkan ke cloud.

Selain itu, versi file dan data akan selalu diperbarui sehingga dapat memastikan keamanan data. Cloud backup juga memastikan data dapat dengan mudah dipulihkan oleh pengguna.

Sumber foto: https://pixabay.com/

Hal yang Harus Diperhatikan untuk Memilih Layanan Cloud Storage

Ada 6 hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna dalam memilih layanan cloud storage yang baik, yaitu:

1.    Kemampuan integrasi

Dengan kemampuan ini, pengguna tidak perlu khawatir jika tidak dapat menggunakan perangkat lunak lain yang telah pengguna gunakan sebelumnya.

2.    Kemampuan Pencadangan (Backup) dan Pemulihan (Recovery) Data

Pengguna baiknya memperhatikan kemampuan pencadangan dan pemulihan data provider cloud storage. Pilihlah layanan yang dapat menyimpan file yang hilang atau terhapus setidaknya selama 30 hari, atau dapat memulihkan file dari titik manapun dalam periode waktu tersebut.

Akan tetapi, tidak semua provider cloud storage menyediakan fitur pencadangan. Biasanya penyedia layanan hanya menawarkan kemampuan versi file, yaitu proses menyimpan file dalam beberapa versi selama proses pengeditan.

Versi yang berbeda ini disimpan di lokasi yang berbeda untuk memastikan file tersebut tidak hilang. Ada juga fitur Rewind yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk mengembalikan file ke versi sebelumnya.

3.    Biaya

Terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan terkait biaya, antara lain jumlah pengguna, kapasitas penyimpanan yang diperlukan, fitur yang dibutuhkan, serta apakah Anda telah memiliki penyimpanan di cloud. Sebagai contoh, jika Anda berlangganan Office 365, maka Anda sudah memiliki penyimpanan di cloud yaitu OneDrive.

4.    Fitur Keamanan

Saat ini, keamanan siber menjadi prioritas utama bagi pelaku bisnis, termasuk dalam memilih layanan cloud storage. Sebaiknya pilih layanan yang menawarkan fitur enkripsi data tingkat advanced dan autentikasi dua faktor untuk login sehingga keamanan akun dan file Anda dapat lebih terjamin.

5.    Fitur Kolaborasi

Tak hanya untuk menyimpan data, banyak layanan cloud storage juga menawarkan fitur kolaborasi, seperti alat untuk memberikan komentar pada dokumen, melakukan tagging pada pengguna lain, serta membuat dokumen secara kolaboratif.

6.    Akses dari Mana Saja

Dengan adopsi gaya kerja mobile dan terdistribusi oleh banyak perusahaan saat ini, kemampuan untuk mengakses data dari mana saja menjadi sangat penting. Dengan mengakses layanan cloud storage melalui aplikasi mobile, pengguna dapat dengan mudah mengakses data dari perangkat apa pun.

Kesimpulan

Dalam memilih cloud storage, ada banyak aspek yang harus diperhatikan demi kelancaran pekerjaan ataupun bisnis. Dengan demikian, 6 hal yang perlu diperhatikan dapat membantu Anda dalam memilih layanan cloud storage terbaik.

Ingin membaca artikel seputar teknologi lainnya? Kunjungi halaman blog kami di sini. Atau, Anda juga bisa mendapatkan artikel tutorial di halaman knowledge base dan video tutorial di channel youtube Cloud Raya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud