ARTICLE
5 Ancaman Cyber Security yang Perlu Anda Waspadai

5 Ancaman Cyber Security yang Perlu Anda Waspadai

25 Agustus 2022 by Marketing Cloudraya

Ancaman cyber security di tengah pesatnya perkembangan era digitalisasi berdampak pada peningkatan kewaspadaan oleh berbagai pihak perusahaan. Teknologi yang semakin berkembang turut membantu para pelaku kejahatan cyber untuk melakukan berbagai teknik dan upaya peretasan data dari tahun ke tahun.

Karenanya, dibutuhkan berbagai upaya pencegahan untuk dapat meminimalisir dan menanggulangi berbagai jenis ancaman kejahatan cyber. Untuk itu, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis ancaman cyber security yang perlu Anda dan perusahaan waspadai.

Artikel berikut akan membahas beberapa hal mengenai ancaman cyber security yang perlu Anda ketahui dan waspadai, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Phishing

Phishing merupakan salah satu cara termudah dan termurah yang biasa digunakan oleh para pelaku cyber crime untuk mengkompromikan target. Karenanya, phising menjadi vektor pertama untuk serangan cyber jenis peretas. Umumnya, serangan phising terlihat normal seperti mengirimkan email setiap hari dari berbagai sumber terpercaya tetapi mengirimkan malware ke komputer maupun perangkat Anda untuk memberi akses pada peretas.

Penggunaan Dropbox, Slack, Office 365, Salesforce dan lainnya mampu memungkinkan peretas untuk dapat meningkatkan keterampilan peniruan dengan berbagai jenis serangan yang lebih canggih. Dalam hal ini, konten menjadi salah satu hal yang lebih relevan dan menarik untuk digunakan para calon korban. Sehingga, mampu memikat korban untuk terus memberikan dan membocorkan informasi. Akibatnya, serangan ini menjadi semakin sulit dikenali.

2. Ransomware dan Malware

Malware merupakan salah satu jenis kejahatan cyber yang bekerja dengan cara mencuri dan menahan data. Data tersebut kemudian akan digunakan oleh para agen cyber crime untuk meminta sejumlah tebusan. Sehingga, data-data penting yang semula tertahan dapat kembali diakses oleh komputer maupun sistem Anda.

Ancaman kejahatan ini lebih mahal dibandingkan dengan pelanggaran data tradisional. Meskipun demikian, ironisnya bukan ancaman untuk dapat membayar tebusan dan biaya pencurian daya yang mampu mendorong para eksekutif untuk meningkatkan perlindungan keamanan mereka.  Melainkan, untuk dapat meminimalisir dampak paling mahal pada perusahaan atau gangguan organisasi yang lebih luas dari serangan cyber sekaligus untuk membersihkan jaringan dan memulihkan operasi bisnis. Hal tersebut karena ransomware dapat terus meningkat dan berdampak pada pengeluaran biaya yang lebih mahal dari yang Anda kira.

3. Serangan Berbasis AI dan ML

Sumber : https://www.pexels.com

Saat ini Machine Learning (ML) dan pendekatan Artificial Intelligence (AI) telah banyak digunakan untuk memerangi kejahatan dunia maya, sekaligus menjadi “taruhan” dalam semua strategi keamanan modern. Akan tetapi, kedua hal tersebut juga dapat menjadi alat untuk melawan Anda.

Kemudahan dan ketersediaan ML dan AI yang mulai digunakan hampir oleh setiap orang akan semakin memudahkan para peretas untuk meningkatkan kecanggihan serangan mereka. Dengan menggunakan alat-alat tersebut, serangan yang diberikan oleh oknum cyber crime dapat mencapai ke level yang serius. Misalnya saja sudah banyak serangan ransomware yang meluas akhir-akhir ini karena digerakkan oleh ML dan AI.

4. Serangan Pihak Ketiga dan Rantai Pasokan

Serangan rantai pasokan (juga disebut serangan pihak ketiga) umumnya terjadi ketika sistem disusupi oleh mitra atau penyedia luar yang memiliki akses ke sistem maupun data Anda. Karenanya, peretas memiliki peluang lebih luas, dan jenis serangan ini menjadi lebih jelas.

5. Serangan Titik Akhir

Banyaknya perusahaan yang memindahkan sumber daya ke dalam cloud memungkinkan permukaan serangan akan terus tumbuh dalam berbagai ukuran. Sehingga, memudahkan para oknum cyber crime untuk melewati langkah-langkah keamanan Anda. Karenanya, keamanan akses sumber data ini menjadi salah satu batu loncatan para aktor jahat untuk masuk ke dalam jaringan dan memulai serangan pada titik akhir.

Demikian beberapa penjelasan mengenai ancaman cyber security yang perlu Anda waspadai. Semoga artikel tersebut dapat membantu, khususnya untuk menambah wawasan terkait berbagai ancaman kejahatan cyber yang perlu Anda waspadai dan cegah sebelum terjadi. Sehingga, dapat meminimalisir kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kunjungi blog dan knowledge base Cloud Raya untuk mendapatkan informasi dan insight seputar dunia IT. Anda juga bisa cek kanal Youtube kami untuk menemukan lebih banyak tips dan tutorial mengenai teknologi dan Cloud Raya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image