ARTICLE


25 Template Website Gratis untuk Website Anda

25 August 2020 by Marketing Cloudraya

Website dibuat dengan tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada pengunjung website yang diharapkan atau dituju. Tujuan sebuah website akan menentukan jenis website itu sendiri. Ada website yang dibuat dengan tujuan untuk entertainment, website untuk menginformasikan jendela informasi dan berita, website untuk memasarkan produk, dan lain sebagainya.

Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang tersedia. Halaman-halaman website ini bisa memuat banyak keterangan dan detail, mulai dari profil perusahaan, produk yang ditawarkan, paket dan jenis produk, alamat, contact, hingga event dan promo-promo lainnya. Website dapat digunakan untuk berbagai keperluan baik individu maupun bisnis. Website kerap digunakan dengan tujuan untuk hard selling atau menjual barang atau jasa, namun ada juga yang menggunakan website dengan tujuan untuk memberikan sejumlah informasi kepada audiens. 

Web design diperlukan untuk menunjang User Interface (UI) dan User Experience (UX) website supaya dapat lebih menarik pengunjung serta memudahkan visitor dalam berinteraksi di dalam website tersebut. Berikut ini akan dibahas mengenai 25 jenis website beserta template website gratis yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat website. 

25 Template Website Gratis untuk Website Anda
Pada dasarnya website memiliki tujuan mengapa website itu dibuat, maka dari itu sangat dianjurkan untuk memilih tema website yang sesuai dengan jenis website atau tujuan website Anda. Dalam artikel berikut, akan diberikan contoh referensi template website gratis yang telah disesuaikan dengan jenis atau tujuan beberapa website. Berikut diantaranya :  

  1. Colorlib untuk E-commerce / toko online
    Tujuan website ini sangat jelas, yaitu untuk memasarkan dan menjual produk dan layanan secara hard selling atau pembelian langsung melalui website. Jenis website ini biasanya dioptimalkan  dengan sedemikian rupa oleh provider hosting sehingga aman dari resiko downtime / error karena traffic tinggi, serta diamankan dari berbagai resiko cyber crime, karena tentunya akan ada transaksi keuangan dalam website tersebut.

    Contoh template gratis yang bisa Anda gunakan adalah dari Colorlib. Dalam situs ini, terdapat puluhan macam template website e-commerce yang bisa Anda download secara cuma-cuma. 

  2. aThemes untuk Company Profile
    Website untuk sebuah perusahaan merupakan sebuah ‘wajah’ bagi perusahaan. Beberapa orang pasti akan menilai profesionalitas dan kredibilitas sebuah perusahaan dari tampilan websitenya. Ironisnya, beberapa website perusahaan dengan penampilan yang tidak menarik akan jarang dibuka oleh pengunjung.

    Salah satu template tema website yang bisa Anda download dan gunakan secara gratis adalah Airi. Dengan desain yang minimalis, tentu sangat mencerminkan tujuan website itu dibuat, yaitu untuk branding sebuah perusahaan. Detail tambahan lain adalah Anda bisa menambahkan halaman website berisi contact, alamat, blog perusahaan, dan lain sebagainya. 

  3. Mockplus untuk Tour and Travel
    Di era digital seperti saat ini, orang yang suka bepergian atau traveling akan memilih memesan paket perjalanannya secara online. Disini peran website tour dan travel sangat dibutuhkan. Pengunjung mengharapkan dapat melakukan booking pesawat, hotel, akomodasi, events dan tempat wisata dari satu website, dimana akan menjadi nilai tambah jika bisa dilakukan hanya dalam sekali klik atau ada paket bundling, misalnya akomodasi dan hotel.

    Website yang dibutuhkan untuk tour & travel adalah desain yang clean serta user friendly atau easy to use bahkan jika diakses melalui smartphone. Anda bisa mencari template tour & travel website di Mockplus yang sangat beragam, seperti Wonder Tour, Journey, Avalon, Listing, dan lain sebagainya.

  4. Just Free Themes untuk News dan media
    Website untuk media harus memiliki hosting yang baik, karena walaupun memiliki konten gambar yang banyak, website tidak boleh loading terlalu lama. Jika tidak, pengunjung akan pergi dan memilih website media yang lain. Ciri khas dari website jenis ini adalah memang ada banyak sub page atau halaman website dengan kategori masing-masing topik berita beserta gambar-gambar pendukungnya.
    Tidak hanya template website untuk news dan media, Just Free Themes juga menyediakan template desain website untuk majalah online dan blog. 

  5. Themezy untuk Startup company
    Website untuk startup memerlukan tipe website yang responsif, minimalis, mudah diakses dan ringan, namun mampu menjelaskan tentang perusahaan tersebut. Salah satu template website gratis yang bisa Anda gunakan adalah dari Themezy ini.

  6. Templatemo untuk Photography
    Website untuk fotografi identik dengan showcase galeri atau koleksi foto-foto menarik yang sengaja memang ingin banyak ditampilkan dalam website. Website jenis ini justru akan sedikit menampilkan deskripsi, melainkan dipenuhi dengan latar belakang gambar yang cukup besar, serta detail-detail lain yang juga berisikan gambar.
    Templatemo memberikan beberapa opsi template website gratis untuk kategori ini.

  7. Templatemonster untuk Fashion & Beauty
    Website ini digunakan oleh para designer untuk memamerkan koleksi fashion yang mereka miliki. Biasanya website ini akan memuat banyak gambar dan foto, event atau jadwal pameran yang akan berlangsung, serta tidak jarang yang menambahkan fitur pembelian atau opsi cart dan check out untuk memudahkan pengunjung membeli produk mereka. Jika Anda mencari website jenis ini, maka Templatemonster sangat cocok untuk Anda karena menyediakan banyak pilihan dan referensi.

  8. Fresh Design Web untuk Wedding invitation
    Sebagian besar orang telah beralih dari undangan konvensional ke digital untuk momen pernikahan mereka. Undangan digital lebih hemat budget namun memuat informasi yang sama dengan undangan cetak. Fresh Design Web sangat cocok digunakan untuk membuat template website undangan pernikahan karena menyediakan beragam template pernikahan yang unik dan personal.

  9. Webflow untuk Blog
    Jenis website ini bisa dikreasikan sesuai dengan mood atau identitas pemilik blog. Jaid desain blog dapat mengikuti, apakah ingin menampilkan banyak gambar atau sekadar kalimat-kalimat. Webflow menyediakan beragam template gratis yang bisa menjadi referensi Anda.

  10. Dream Template untuk Art & Art Exhibition
    Pada dasarnya jenis dan tujuan template ini hampir sama dengan website fotografi, dimana tujuan utama adalah untuk memamerkan koleksi foto atau galeri seni yang dimiliki. Untuk ini Anda bisa memilih beberapa opsi dari Dreamtemplate berikut.

  11. Theme Wagon untuk Food and Beverage
    Industri makanan memang sangat membutuhkan website untuk beberapa kebutuhan, seperti memajang menu yang dimiliki, fasilitas booking atau reservasi online, promo event tertentu, pengenalan produk baru, dan lain sebagainya. Theme Wagon memiliki beberapa referensi untuk Anda.

  12. W3 Layouts untuk Hotels
    Hampir sama dengan website untuk Tour & Travel, yaitu menyuguhkan fasilitas booking online namun website ini juga memiliki tambahan halaman untuk informasi hotel tersebut, mulai dari fasilitas dan layanan, jumlah dan lokasi cabang, dan lain sebagainya. Untuk ini, pilihan template dari W3 Layout sangat cocok untuk Anda.

  13. Elements Envato untuk Technology
    Pada website ini akan ditemukan berbagai desain website untuk berbagai kategori. Anda cukup mencari mana desain yang menurut Anda paling menarik dan cocok untuk bisnis IT. Ciri khas website teknologi tentu penjelasan mengenai jenis produk dan layanan yang dimiliki, bagaimana pelayanan perusahaan tersebut, serta bagaimana cara menghubungi. 

  14. Template on Web untuk Science
    Template ini sangat cocok digunakan untuk keperluan research, lab, maupun penelitian-penelitian ilmiah lainnya. Website ini memuat informasi-informasi penting terkait penelitian dan survey yang telah dilakukan beserta metode-metode yang digunakan. 

  15. Templates Hub untuk Entertainment  
    Website ini harus didukung provider hosting yang handal karena website bisa menyuguhkan link maupun fasilitas online streaming film, musik, infotainment, dan lain sebagainya. Coba beberapa template gratis dari Templates Hub. 

  16. Zebranding untuk Lifestyle
    Jenis website ini sangat bermacam-macam, mulai dari fashion, womens, baby’s and kids, dan lain sebagainya. Untuk ini, Anda bisa melihat referensi website dari Zebranding. 

  17. Web Design Dev  untuk Plants & Gardening
    Website ini sangat cocok digunakan untuk hobi dan sekaligus bisnis. Dalam website, Anda dapat memajang foto koleksi-koleksi tanaman kesayangan Anda, dan bahkan juga bisa menambahkan fitur buy this plant. 

  18. Free CSS untuk Real Estate
    Website jenis ini menyajikan informasi mengenai tipe bangunan, bisa rumah, apartemen, dan home property lainnya secara mendetail, berikut lokasi, serta fasilitas yang ditawarkan. 

  19. Shopify untuk Furniture
    Website jenis ini menyuguhkan showcase furnitur e-furniture untuk melengkapi hunian Anda. Tidak jarang website yang menampilkan contoh desain penataan atau tata ruang furniture tersebut dalam salah satu bagian rumah. Anda dapat menggunakan free template website dari Shopify.

  20. Theme Vault untuk Industrial
    Website ini menghadirkan beberapa detail yang diperlukan untuk menjelaskan tentang industri tersebut, misalnya saja manufacturing.
    Tujuan utama website jenis ini adalah untuk meraih audiens dengan fitur pencarian yang cepat, dapat menampilkan berita terbaru, serta fitur berlangganan newsletter. 

  21. Smashing Hub untuk Automotive
    Website jenis ini sangat bergantung pada penampilan visual. Website harus support untuk banyak gambar, animasi, news flash, audio dan bahkan video. Sehingga website dapat menampilkan fitur-fitur dan sparepart otomotif secara keseluruhan. 

  22. Creative Market untuk Delivery service / Shipping & Expedition
    Website ini perlu menonjolkan sisi profesionalisme, konsistensi, dan dedikasi. Halaman-halaman websitenya juga harus dapat diakses dengan cepat, serta dilengkapi dengan fitur tracking pengiriman.

  23. KVCHosting untuk Government
    Bagi website legal dan government yang bersifat statis dan berisi banyak informasi berupa artikel atau laman informasi, maka sebaiknya desain website lebih clean dengan hanya menambahkan beberapa foto atau gambar.
     
  24. Nice Page untuk Health & Medicine
    Website ini berisi informasi penting untuk dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat luas. Website juga diberikan tambahan fitur untuk melakukan pembelian obat secara langsung melalui website. Konten website ini harus sering diubah karena harus selalu update dengan berita dan informasi terkini. 

  25. Web Themez untuk Education
    Website ini memuat program e-learning maupun palet pendidikan lainnya sehingga terkadang harus menampilkan video-video. Selain itu, bagian company profile atau ‘about us’ juga penting untuk menarik kepercayaan visitor

WordPress telah banyak digunakan oleh individu maupun pemilik bisnis untuk mengenalkan dan memasarkan produk dan layanan mereka secara online. WordPress merupakan salah satu platform open source populer untuk website. Website sendiri dapat diartikan sebagai ‘rumah’ ketika Anda memutuskan ingin memasarkan produk secara online. Dari website tersebut, pengunjung / visitor web dapat menemukan segala hal tentang bisnis Anda. Mulai dari profil perusahaan, jenis produk layanan, harga, lokasi, contact untuk dihubungi, jam kerja, event atau promo yang sedang berlangsung, dan lain sebagainya. WordPress seringkali digunakan sebagai dasar platform sebuah website. WordPress dapat digunakan untuk e-commerce, blog, website company profile, startup, dan lain sebagainya. 

Cloud Raya menyediakan layanan public cloud serta cloud hosting yang handal untuk mendukung hosting website Anda. Tentunya layanan ini didukung layanan managed service oleh tim IT profesional selama 24/7. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami. Buka website www.cloudraya.com dan dapatkan informasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan Cloud Raya. 

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya