Apa itu S3-Compatible Object Storage? – Simak Penjelasannya

Apa itu s3-compatible object storage?

Object Storage merupakan jenis penyimpanan cloud berbasis object yang dapat menyimpan berbagai jenis file di dalamnya. Object Storage banyak difungsikan untuk kebutuhan backup, archiving, dan menyimpanan berbagai jenis data aplikasi maupun website. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan S3-compatible Object Storage? 

Apa itu S3-Compatible Object Storage? 

S3-compatible Object Storage adalah solusi Object Storage yang dirancang kompatibel dengan interface dan API S3, sebuah layanan Object Storage dari Amazon yang banyak digunakan secara luas dalam dunia IT.  

S3-compatible Object Storage hadir ditengah banyaknya pengguna S3 yang mencoba mencari solusi alternatif yang lebih terjangkau dan fleksibel. Dengan performa, fitur, dan cara kerja yang sama dengan, S3-compatible Object Storage menawarkan harga yang relatif lebih terjangkau, fleksibilitas tinggi, keterbebasan dari vendor lock-in, dan masih banyak lagi. 

Keuntungan Menggunakan S3-Compatible Object Storage? 

S3-compatible Object Storage memiliki segudang kelebihan yang menjadikannya solusi terbaik dalam pemenuhan kebutuhan penyimpanan data. Adapun kelebihan dari S3-compatible Object Storage adalah sebagai berikut: 

  1. Skalabilitas tinggi: S3-compatible Object Storage memiliki kapasitas penyimpanan unlimited. Dengan begitu, kebutuhan penyimpanan data yang semakin meningkat seiring perkembangan bisnis akan selalu terpenuhi.
     
  2. Biaya yang efisien: S3-compatible Object Storage biasanya memiliki sistem pembayaran pay-as-you-go. Artinya, Anda hanya perlu membayar sesuai banyaknya data yang disimpan.

  3. Aman: S3 compatible storage memiliki beragam fitur keamanan, seperti enkripsi data, kontrol akses berbasis peran (IAM), dan logging aktivitas untuk memastikan data selalu terlindungi.

  4. Ketersediaan tinggi: Data disimpan secara redundan di beberapa lokasi geografis, sehingga meningkatkan ketersediaan dan mengurangi risiko kehilangan data.

  5. Kemudahan integrasi: Banyak aplikasi dan layanan pihak ketiga yang sudah mendukung protokol S3, sehingga memudahkan Anda mengintegrasikannya dengan berbagai sistem dan workflow yang ada.

  6. Fleksibel: S3-compatible Object Storage dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data dengan kebutuhan yang juga beragam, termasuk backup dan recovery, big data analytics, aplikasi mobile, dan archiving.

  7. Performa andal: S3-compatible Object Storage memiliki tingkat durability tinggi, memastikan data tetap utuh dan tidak rusak dalam jangka waktu yang lama. 

Kelebihan S3-Compatible Object Storage Dibandingkan Layanan S3 

Pengguna S3-compatible Object Storage terus bertambah seiring dengan meningkatnya popularitas jenis object storage ini di industri. Minat akan S3-compatible storage ini dikarenakan kelebihan yang tidak ditemukan pengguna pada layanan S3. Kelebihan S3-compatible Object Storage dibanding layanan S3 itu sendiri di antaranya: 

  1. Biaya yang lebih terjangkau: Penyedia layanan S3-compatible Object Storage biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Amazon S3. Karenanya, S3-compatible Object Storage bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk perusahaan dengan anggaran terbatas.

  2. Terbebas dari vendor lock-in: S3-compatible Object Storage menggunakan API yang sama dengan Amazon S3, memungkinkan fleksibilitas untuk berpindah antar penyedia tanpa modifikasi signifikan, sehingga mengurangi risiko vendor lock-in.

  3. Dukungan pelanggan yang lebih personal: Penyedia layanan S3 compatible storage yang lebih kecil atau regional biasanya menawarkan layanan pelanggan yang lebih personal dan responsif dibandingkan dengan layanan skala besar seperti Amazon S3.

  4. Interoperabilitas: Banyak solusi S3 compatible mendukung interoperabilitas, kemampuan sistem, perangkat lunak, atau komponen teknologi yang berbeda untuk bekerja sama dan berbagi data secara efektif. Artinya, pengguna dapat memaksimalkan integrasi berbagai platform, aplikasi, dan layanan tanpa memerlukan perubahan signifikan.

  5. Lebih fleksibel secara geografis: Sekarang ini ada banyak penyedia layanan S3-compatible Object Storage yang tersedia. Dengan begitu Anda mempunyai kebebasan untuk memilih vendor yang memiliki opsi lokasi penyimpanan data yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  6. Beragam pilihan vendor: Ada banyak penyedia layanan S3-compatible Object Storage yang tersedia. Selain fleksibel secara geografis, Anda juga dapat memilih vendor yang memiliki fitur, spesifikasi, regulasi, dan harga yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu layanan S3-compatible Object Storage yang patut dipertimbangkan adalah StorageRaya dari CloudRaya. 

StorageRaya, Object Storage yang Kompatibel dengan S3  

Salah satu contoh layanan S3-compatible Object Storage lokal yang bisa dijadikan alternatif adalah StorageRaya dari CloudRaya. StorageRaya sendiri merupakan layanan S3-compatible Object Storage yang menawarkan keunggulan dan fitur yang sama dengan Amazon S3, namun dengan harga yang lebih terjangkau.  

Beberapa keunggulannya antara lain, kapasitas unlimited, interface yang simpel dan mudah digunakan, provisioning cepat, dapat menyimpan berbagai jenis file, serta memiliki redundansi dan skalabilitas tinggi. Selain itu, data center lokal yang dimiliki StorageRaya turut mendukung kelancaran pengelolaan data Anda.  

Sebagai solusi Object Storage Indonesia, StorageRaya memungkinkan penggunanya membayar dalam mata uang rupiah, yang mengurangi dampak fluktuasi nilai tukar dan memberikan stabilitas biaya. Hal ini tentunya menjadikan perencanaan anggaran lebih mudah dan lebih terjangkau bagi pengguna di Indonesia. 

StorageRaya juga menyediakan berbagai fitur unggulan layaknya S3, seperti CDN (Content Delivery Network), metadata, HTTPS protocol, dan sistem keamanan lainnya. Dengan keunggulan dan fitur yang sama, StorageRaya menawarkan harga yang relatif lebih murah berkat sistem pembayaran pay-per-use, sehingga Anda hanya perlu membayar sesuai yang Anda gunakan tanpa takut adanya biaya berlebih. 

Tertarik mengetahui lebih detail tentang StorageRaya? Temukan informasi lengkap StorageRaya di sini. Atau, Anda juga bisa langsung bertanya dan mendiskusikan kebutuhan Anda melalui fitur live chat CloudRaya. 

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud