Kelebihan Menggunakan Cloud Storage

Kelebihan menggunakan cloud storage sangat banyak. Masalahnya, tidak banyak orang yang mengetahui kelebihan tersebut. Layanan ini sendiri merupakan tempat penyimpanan file di internet. Dengan proses penyimpanannya yang dilakukan di sana, akses bisa dilakukan di mana saja. Namun tetap, diperlukan izin akses dan koneksi internet.

Sebenarnya, sistem dari cloud storage ini cukup mirip jika disandingkan dengan server pada suatu perusahaan. Pada suatu perusahaan, server berfungsi untuk melakukan penyimpanan data. Karena datanya disimpan di satu tempat, besar penyimpanan tersebut tidak akan memenuhi tempat lain. Namun, akses pada data tersebut tetap bisa dilakukan.

Itu karena komputernya saling terhubung antara satu dengan yang lain. Perbedaan antara komputer server dengan cloud storage sebenarnya terlihat pada pihak pengelola. 

Pengertian cloud storage

Cloud storage adalah layanan penyimpanan data yang disediakan melalui infrastruktur cloud computing. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses data mereka melalui internet, tanpa perlu menyimpan data secara lokal pada perangkat keras fisik seperti hard drive atau server lokal. Data yang disimpan dalam layanan ini dapat diakses dari berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan ponsel pintar, dengan menggunakan koneksi internet.

Layanan ini biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan cloud seperti Amazon Web Services (AWS), Google Cloud Platform (GCP), Microsoft Azure, Dropbox, dan iCloud. Keuntungan utama dari cloud storage termasuk fleksibilitas, skalabilitas, keamanan, dan kemudahan akses data dari mana saja dan kapan saja. 

Kelebihan Menggunakan Cloud Storage

Kelebihan penggunaannya

Pada cloud storage, pengelolanya adalah provider cloud. Untuk Anda yang masih baru, kelebihan menggunakan cloud storage sebenarnya sangat terasa.

1. Kolaborasi yang mudah

Cloud storage memungkinkan kolaborasi yang mudah antara anggota tim, terlepas dari lokasi atau zona waktu mereka. Dengan menyimpan data secara terpusat dalam cloud, anggota tim dapat dengan mudah berbagi dan mengedit dokumen secara bersama-sama, mengurangi kebingungan dan meminimalkan risiko duplikasi atau konflik versi. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim, serta memungkinkan kolaborasi yang lebih baik dalam proyek-proyek bersama.

2. Tidak sulit dibagikan dan memudahkan pengarsipan

Kelebihan selanjutnya dari cloud storage terletak pada kemudahan dalam proses membagikan. Sebuah data tidak selamanya dikonsumsi untuk kebutuhan pribadi. Bisa saja data tersebut perlu disebarkan pada orang lain untuk suatu kepentingan. Ketika menggunakannya, kemudahan dalam pembagian data akan terasa.

Itu karena, terdapat fitur lengkap sharing data seperti pada Mediafire atau juga 4shared. Namun, kelebihan lain dari cloud storage terletak pada adanya fungsi sinkronisasi otomatis. Jika fungsi tersebut digunakan, data yang dimiliki, akan terupload secara otomatis. Ini tentu memudahkan ketika pembagian data hendak dilakukan.

Dengan proses upload yang sudah terjadi secara otomatis, data tersebut bisa langsung dibagikan tanpa melakukan proses pengunggahan terlebih dahulu. Selain terlihat pada kemudahan dalam membagikan, kelebihan menggunakan cloud storage juga terlihat dalam proses pengarsipan data. Keamanan pengarsipannya juga sudah terjamin.

Oleh sebab itu, data tersebut tidak akan rusak atau hilang. Hal berbeda jelas akan terlihat apabila proses pengarsipan dilakukan menggunakan hardisk atau flashdisk. Pada kedua perangkat tersebut, kerusakan bisa saja terjadi. Ini pasti akan merugikan apabila file yang mengalami kerusakan merupakan file penting dalam bisnis.

Agar keamanannya lebih terjaga, akan lebih baik jika file dikompres terlebih dahulu sebelum diupload. Dengan proses kompres, keamanan file di dalamnya akan lebih terjaga. Selain itu, file dalam jumlah banyak juga akan berubah menjadi satu ketika dilakukan kompres. Ini tentu membuat pencarian data menjadi lebih mudah.

3. Ketersediaan yang tinggi

Cloud storage biasanya menawarkan tingkat ketersediaan yang tinggi, yang berarti bahwa data Anda dapat diakses secara terus-menerus tanpa gangguan. Ini dicapai melalui penggunaan infrastruktur yang redundan dan penyebaran data di beberapa pusat data. Bahkan jika satu pusat data mengalami gangguan atau pemeliharaan, data Anda tetap dapat diakses dari pusat data lainnya. Dengan demikian, layanan ini memastikan bahwa bisnis Anda tetap berjalan dan data Anda tetap tersedia sepanjang waktu.

4. Kolaborasi dan kontrol data bisa dilakukan secara mudah

Kelebihan menggunakan cloud storage selanjutnya terletak pada kemudahan dalam melakukan kolaborasi. Biasanya pada sebuah kantor, adanya server membuat kolaborasi menjadi lebih mudah. Itu karena, setiap orang bisa bekerja dengan melakukan penyimpanan pada komputer server. Ini jelas membuat setiap pekerjaan bisa diselesaikan bersama-sama.

Dengan adanya layanan ini hal tersebut bisa dilakukan walaupun beberapa orang bekerja tidak pada satu kantor. Hanya dengan menggunakan akses internet, cloud storage bisa dijadikan sebagai wadah bagi setiap hasil kerja maupun ide. Ini membuat kecepatan pengerjaan dari tugas menjadi jauh lebih cepat.

Dalam melakukan kolaborasi, kontrol data juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Sering kali terjadi masalah berupa pengiriman data secara terus menerus ketika file dikirim lewat email. Proses ini membuat nama file tersebut akan terus mengalami perubahan. Selain itu, kesulitan mencari file terbaru juga bisa saja terjadi.

Pada kesulitan ini, kelebihan menggunakan cloud storage sangat menonjol. Saat menggunakannya, pengiriman file secara terus menerus tidak perlu dilakukan. Itu karena, setiap orang akan mengerjakan satu file secara online. Untuk mempermudah, penggunaan catatan bisa dilakukan. Ini akan mempermudah rekan kerja sehingga paham bagian mana yang dirubah.

5. Skalabilitas yang mudah

Cloud storage memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan kapasitas penyimpanan mereka sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini berarti bahwa Anda dapat dengan cepat menambah atau mengurangi ruang penyimpanan yang Anda gunakan tanpa harus membeli atau mengelola perangkat keras tambahan. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan kapasitas penyimpanan sesuai dengan pertumbuhan bisnis Anda atau perubahan kebutuhan penyimpanan Anda seiring waktu tanpa harus khawatir tentang investasi modal yang besar.

6. Biaya yang dibutuhkan jauh lebih kecil

Jika mengatakan tentang layanan ini, banyak orang akan menghubungkannya dengan kelebihan dari segi biaya. Sifat hemat memang kelebihan menggunakan cloud storage yang paling utama. Ketika penyimpanan dilakukan secara normal, dibutuhkan perangkat keras untuk menyimpan file tersebut.

Tentu, dibutuhkan biaya untuk mendapatkan perangkat tersebut. Mungkin jika file tersebut hanya membutuhkan penyimpanan dalam jumlah sedikit, biaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Namun lain halnya apabila penyimpanan tersebut membutuhkan ruang dalam jumlah besar. Tentu, penyimpanannya juga cukup mahal.

Kondisi berbeda akan terlihat apabila cloud storage dimanfaatkan dengan baik. Perangkat untuk menyimpan sama sekali tidak dibutuhkan karena semuanya dilakukan secara online. Selain hemat biaya, ini juga membuat kondisi ramah lingkungan bisa diciptakan. Itu karena jumlah limbah bekas perangkat menjadi menurun.

7. Terdapat fitur pemulihan pasca bencana

Layanan cloud storage sering kali menyertakan fitur pencadangan dan pemulihan bencana yang kuat. Ini berarti bahwa data Anda disalin dan disimpan di beberapa lokasi yang terpisah secara geografis, sehingga memastikan bahwa data Anda tetap aman bahkan jika terjadi bencana alam atau kerusakan fisik pada satu lokasi penyimpanan. Fitur pemulihan bencana ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat memulihkan data Anda dan melanjutkan operasi bisnis Anda setelah kejadian darurat.

Alt: Penggunaan Cloud Storage Melalui Mobile

Cara kerja dalam mengolah data

Layanan ini bekerja dengan menyimpan data Anda di infrastruktur komputasi awan yang terdiri dari beberapa server dan pusat data yang tersebar di berbagai lokasi. Saat Anda menyimpan data ke dalam cloud storage, data tersebut dibagi menjadi potongan-potongan kecil yang disebut blok data. Setiap blok data kemudian diperintahkan untuk disimpan di beberapa server fisik yang terhubung ke infrastruktur cloud. Ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan ketersediaan data, serta untuk mengurangi resiko kehilangan data akibat kegagalan perangkat keras atau kerusakan.

Saat Anda ingin mengakses atau mengambil data yang disimpan di cloud storage, permintaan tersebut dikirim ke infrastruktur cloud melalui koneksi internet. Di sini, server cloud menggunakan metadata untuk menemukan lokasi blok data yang sesuai dan mengumpulkannya kembali menjadi file asli. Proses ini sering kali dilakukan secara otomatis dalam hitungan milidetik, memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengakses data Anda dari mana saja dan kapan saja dengan perangkat yang terhubung ke internet.

Selain menyimpan dan mengambil data, layanan cloud storage juga menyertakan fitur-fitur tambahan seperti enkripsi data, pemulihan bencana, dan manajemen akses pengguna. Enkripsi data memastikan bahwa data Anda diamankan selama transit dan saat disimpan di cloud, sementara fitur pemulihan bencana memastikan bahwa data Anda tetap tersedia dan dapat dipulihkan bahkan jika terjadi gangguan atau kerusakan pada infrastruktur cloud. Manajemen akses pengguna memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa yang memiliki akses ke data Anda dan apa yang mereka dapat lakukan dengan data tersebut, memberikan Anda tingkat kontrol yang lebih besar atas keamanan dan privasi data Anda.

Jenis yang umum digunakan

Terdapat beberapa jenis utama cloud storage yang memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda.

1. Multi-cloud

Jenis ini melibatkan penggunaan lebih dari satu penyedia layanan cloud untuk menyimpan data. Dengan ini, organisasi dapat memanfaatkan fitur dan harga optimal dari masing-masing penyedia, serta mengurangi risiko ketergantungan pada satu penyedia. 

2. Object

Jenis ini adalah model penyimpanan data yang menyimpan data sebagai objek, masing-masing dilengkapi dengan metadata yang menggambarkan karakteristiknya. Ini memungkinkan skala besar dan cepat serta cocok untuk aplikasi dengan kebutuhan penyimpanan data besar seperti arsip digital dan big data analytics

3. Public

Jenis ini merupakan layanan penyimpanan yang disediakan oleh penyedia layanan cloud dan dapat diakses oleh publik melalui internet. Data disimpan di infrastruktur cloud yang dibagi bersama, membuatnya ekonomis dan mudah scalable, cocok untuk berbagai aplikasi seperti penyimpanan arsip dan hosting website. 

4. Private

Jenis ini adalah infrastruktur penyimpanan yang didedikasikan untuk satu organisasi atau perusahaan. Data disimpan di dalam infrastruktur cloud yang terisolasi dan dikelola oleh organisasi sendiri, memberikan tingkat kontrol dan keamanan yang lebih tinggi, yang sesuai untuk organisasi dengan kebutuhan tinggi akan keamanan data. 

5. Hybrid

Jenis ini menggabungkan elemen dari public dan private cloud storage. Data dapat disimpan di kedua lingkungan cloud, dengan kemampuan untuk bergerak di antara keduanya sesuai kebutuhan. Cocok untuk organisasi yang ingin memanfaatkan fleksibilitas public cloud, sambil menjaga kontrol atas data sensitif dengan private cloud

Penggunaannya dalam bisnis

Penggunaan cloud storage telah menjadi elemen krusial dalam transformasi digital bisnis modern. Dalam konteks bisnis, layanan ini berperan sebagai solusi penyimpanan data yang aman, efisien, dan scalable. Bisnis dapat menyimpan berbagai jenis data mereka, mulai dari dokumen dan file hingga gambar dan video, di dalamnya untuk menghindari kehilangan data, memfasilitasi akses yang mudah, dan mengelola data dengan lebih teratur. 

Selain itu, cloud storage memungkinkan kolaborasi yang lebih baik di antara anggota tim, memungkinkan mereka untuk dengan mudah berbagi dan mengakses dokumen serta berkolaborasi pada proyek-proyek bersama-sama, tanpa terbatas oleh batasan geografis atau perangkat yang digunakan. 

Fleksibilitas dan skalabilitas cloud storage juga memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan kapasitas penyimpanan mereka sesuai dengan pertumbuhan mereka tanpa memerlukan investasi besar dalam infrastruktur penyimpanan fisik. Dengan memanfaatkan layanan ini, bisnis dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas tim, dan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar yang semakin berubah dan kompetitif. Simak penggunaan cloud storage di industri lainnya dalam artikel Pemanfaatan Cloud di Industri Pendidikan berikut.

Dengan segala kelebihan tersebut, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakannya. Pastikan untuk memanfaatkannya pada setiap aktivitas. Dengan itu, file akan tertata rapi dan pekerjaan yang dilakukan bersama rekan kerja juga menjadi lebih lancar. Tentu Anda akan merasakan kelebihan menggunakan cloud storage tersebut secara langsung.

CloudRaya menawarkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengalaman Anda dalam memanfaatkan layanan cloud storage. Salah satu solusi utama kami adalah WHM cPanel, yang memungkinkan Anda untuk mengelola semua cPanel Anda dengan baik di CloudRaya. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur-fitur lengkap, Anda dapat mengelola dan mengoptimalkan penggunaannya Anda dengan mudah. Jadi, jika Anda ingin merasakan manfaat dari layanan cloud storage yang optimal, jangan ragu untuk memilih CloudRaya sebagai mitra Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Comments are closed.

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud