ARTICLE
Mengulas Pengertian HTTP, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

Mengulas Pengertian HTTP, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

29 November 2021 by Marketing Cloudraya

Seiring berjalannya waktu, kecanggihan teknologi kian andal, tak terkecuali jaringan internet. Walaupun telah banyak orang berhasil memanfaatkan, namun tak jarang dari mereka belum mengetahui pengertian HTTP. Padahal, tanpa disadari ketika mengakses laman atau website, terdapat http di awal address bar.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenal dan mengulas lebih dalam mengenai HTTP, mulai dari pengertian, fungsi hingga cara kerjanya. Mengapa? Tentu saja agar mengoptimalkan jaringan internet untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pengertian HTTP

Apa pengertian http itu? HTTP atau singkatan dari Hypertext Transfer Protocol merupakan protokol jaringan lapisan aplikasi (application layer) berfungsi membantu proses transfer data / informasi antar komputer. Protokol ini mampu mentrasnfer data seperti dokumen, file, gambar, audio hingga video.

Protokol HTTP menyuguhkan beragam perintah dalam komunikasi antar jaringan, seperti antara web server dengan komputer client, atau sebaliknya. Komunikasi di dalamnya berisi permintaan akses alamat IP atau domain URL, kemudian web server mengelola permintaan sesuai kode yang diinput.

Komputer client menggunakan browser sebagai media permintaan ke web server, selanjutnya akan ditanggapi dan mengirimkan data atau dokumen ayang tersaji di dalam web server sesuai dengan request komputer client.

Selain membahas pengertian HTTP, ternyata terdapat protokol dengan fungsi serupa, seperti SMTP, FTP, IMAP atau POP3. Tetapi, HTTP paling disukai karena didesain hanya untuk mengelola HTML. Selain itu, HTTP lebih fleksibel dan terus dikembangkan dengan fitur terbaru.

Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Setelah memahami pengertian HTTP, selanjutnya memahami fungsi HTTP berikut ini:

1. Mengatur Format Perintah

Fungsi pertama, HTTP dapat digunakan mengatur format dan mentransmisikan data. Contohnya, ketika Anda memasukkan URL domain di browser, maka URL yang masuk menjadi sebuah perintah ke dalam web server untuk memberikan data atau informasi website yang dituju. Hasil perintah akan ditampilkan dalam bentuk website browser.

2. Mengamankan Data

Anda perlu mempelajari pengertian HTTPdari sekarang, sebab fungsinya dapat mengamankan data dari kejahatan cyber dan hacker. Kemunculan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) menambah sistem keamanan ganda pada data/ informasi user ketika ingin menjelajah laman.

Data yang masuk melalui HTTPS akan dienkripsi terlebih dulu, tujuannya menghalangi pihak ketiga (hacker) yang mencoba mencuri data ketika proses pertukaran pihak pertama dan kedua berlangsung. Tanpa enkripsi data, pihak ketiga dapat dengan mudah membaca informasi, seperti username, password, identitas pribadi, PIN, dan data sensitif lainnya.

Cara Kerja HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Berdasarkan pengertian HTTP dan fungsinya, Anda pun perlu mengetahui cara kerjanya agar semakin aman dan nyaman menjelajah internet, berikut rinciannya:

Aplikasi Website dan Browser

Aplikasi website merupakan perangkat lunak yang dapat diakses menggunakan media browser. Namun, apakah Anda telah memahami apa itu browser? betul, browser ialah aplikasi untuk akses data dan informasi di internet. Contoh browser yang sering digunakan, diantaranya Chrome, Firefoc, Safari, Internet Explorer.

Pada dasarnya, cara kerjanya cukup sederhana. Ketika pengguna mengakses website melalui browser, maka HTTP akan bertugas menghubungkan pengguna dengan WWW dan URL. Kemudian HTTP akan masuk menuju protokol menggunakan TCP/IP untuk menampilkan kembali data yang didapat. Barulah pengguna dapat melihat situs atau laman dengan isinya melalui browser. HTTP mentransmisikan daya sebagai berikut:

  • Komputer client membuat sambungan dan mngirim data ke web server.
  • HTTP server merespon permintaan.
  • Web server merespon permintaan dan mengirim kode status data.
  • Web server menutup sambungan ketika proses permintaan client selesai.

Sekarang Anda sudah tahu pengertian, fungsi, serta cara kerja HTTP. Temukan artikel-artikel seputar teknologi lainnya di blog Cloud Raya, atau langsung saja sign up ke Cloud Raya untuk membangun VM Anda sendiri dan mulai bisnis digital Anda.

3.3 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image