ARTICLE


Tips Design Blog yang Menarik

21 July 2020 by Marketing Cloudraya

Sebagian besar masyarakat memilih blog untuk membangun ataupun mengembangkan bisnis mereka. Namun tidak banyak pengguna blog yang mengetahui cara bagaimana menarik pengunjung dan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama. Selain konten dan gaya penulisan yang baik, design yang menarik juga menjadi salah satu trik utama untuk menaikan traffic pengunjung dan pastinya akan membantu Anda dalam proses pengembangan bisnis Anda.


Design suatu blog dikatakan menarik jika desain tersebut dapat memberikan kesan pertama yang baik dari segi estetikanya, dan juga dari segi kenyamanan berupa penataan blog yang memudahkan dan loading speed yang tidak memakan waktu cukup lama. Untuk memiliki desain yang memanjakan pengunjung seperti itu, berikut tips yang dapat kami bagikan untuk Anda:

Tentukan Tujuan Anda
sebelum mulai mendesain blog, akan lebih baik meluangkan waktu untuk benar-benar memahami tujuan Anda membuat blog. Misalnya, jika Anda ingin membuat blog yang memperkenalkan bisnis Anda, maka Anda dapat mulai memikirkan desain yang akan merepresentasikan bisnis Anda dengan baik.


Cara ini dapat membantu Anda untuk lebih fokus dan konsisten terhadap desain yang akan Anda implementasikan berikutnya seperti penggunaan warna, font, dan lainnya, sehingga menambah nilai estetika blog, serta dapat membantu untuk membranding produk atau perusahaan Anda dengan baik,

Gunakan Maksimal 3 Warna Pada Blog Anda
Setelah memikirkan dengan matang tujuan pembuatan blog, sekarang saatnya menentukan warna yang akan digunakan. Rasanya setiap orang setuju bahwa pemilihan warna sangatlah penting dalam pembuatan suatu desain untuk memanjakan mata pengunjung. Pemilihan warna juga harus sesuai dengan identitas bisnis dan filosofi bisnis yang dimiliki bisnis Anda. Oleh karena itu blogger diharapkan untuk benar-benar memikirkan tentang penggunaan warna pada blog yang sedang didesain.

Penggunaan warna dalam mendesain blog disarankan untuk tidak lebih dari 3 macam warna. Terlalu banyak menggunakan warna yang berbeda dalam suatu blog akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung, merusak estetika, dan konsistensi blog itu sendiri.


Hal yang harus ditentukan terlebih dahulu adalah warna inti (main colour). Dalam memilih warna inti, diharapkan memilih warna yang sesuai dan dapat mempresentasikan brand atau perusahaan Anda. Misalkan saja halaman pada social media seperti facebook, mereka menggunakan warna biru tua sebagai warna icon mereka, dan menjadikannya warna inti di halaman Facebook itu sendiri.

Untuk warna kedua dan ketiga, Anda diharapkan untuk memilih warna bebas, namun tetap memiliki makna khusus bagi perusahaan Anda atau tujuan Anda membuat blog. Serta, untuk mempermudah pembaca, berilah warna berbeda untuk link yang terdapat di konten Anda. Perlu diingat, konsistensi dalam pemberian warna dapat menjadi nilai plus tersendiri bagi pengunjung.

Penggunaan Font
Sama halnya dengan memilih warna, pemilihan font juga perlu dipikirkan dengan seksama agar tetap konsisten dalam mempresentasikan produk atau perusahaan Anda. Penggunaan font juga disarankan menggunakan maksimal 3 jenis font saja.
Pilihlah font utama yang akan digunakan untuk nama blog, lalu font kedua untuk navigasi, dan yang ketiga untuk konten.

Pengaturan Struktur Blog
Pengaturan struktur blog tidak kalah pentingnya seperti pemilihan warna dan penggunaan font. Struktur normal blog adalah, header, sidebar, konten blog, dan footer.

Untuk header sudah pasti akan terletak diatas, oleh karena itu dapat dimanfaatkan untuk meletakkan hal-hal yang ingin Anda atau perusahaan Anda tunjukan pertama kali pada pengunjung. Seperti nama perusahaan atau produk Anda beserta logonya, satu atau dua kalimat deskripsi tentang perusahaan Anda, bar navigasi, dan juga menu blog.

Sidebar biasanya berisikan tentang opsi konten yang ditawarkan oleh blog Anda, seperti list judul konten yang direkomendasikan, arsip konten, kategori content dan widget. Beberapa widget yang diperlukan seperti search bar yang pastinya akan memudahkan pengunjung untuk mencari konten yang diperlukannya, dan about me guna memperkenalkan diri Anda dan menyapa pengunjung. Peletakan sidebar sendiri bisa pada bagian kiri blog ataupun bagian kanan. Namun untuk memudahkan pengunjung, lebih disarankan untuk meletakkannya di bagian kanan.

Sisanya adalah konten blog dan footer. Pada footer, Anda bisa meletakkan kontak Anda, disclaimer, privacy policy, dan juga informasi media social Anda.

Penambahan Gambar
Gambar merupakan media yang sangat ampuh untuk kegiatan Branding. Jadi, pastikan Anda memberikan gambar yang mewakilkan produk atau perusahaan Anda. Selain itu gambar juga dapat membantu pembaca memahami narasi atau penjelasan yang Anda berikan. Meskipun begitu penggunaan gambar juga disarankan agar tidak terlalu banyak 2-3 gambar dirasa cukup untuk mengilustrasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Pemilihan Template yang Responsif
Demi menjadi blog yang user friendly, selain memanjakan pengunjung dengan desain yang estetik, penting juga memilih template yang responsif terhadap pengunjung yang menggunakan smartphone atau tablet. Menurut penelitian yang dilakukan oleh APJII, sebanyak 44,16 persen masyarakat Indonesia mengakses internet melalui smartphone, dan 39,28 persen melalui smartphone dan juga desktop, hanya sebanyak 4,49 yang mengakses melalui desktop saja. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih template yang dengan mudah dapat diakses oleh semua device.

Menjaga Loading Speed
Setelah membuat design yang menarik, salah satu peran terpenting adalah membuat website anda bisa diunduh dengan cepat. Loading speed yang terlalu lama pada sebuah blog kerap menjadi masalah dan mengganggu bagi pengunjung. Untuk memastikan bahwa pengunjung tidak mengalami hal tersebut di blog Anda, maka disarankan agar tidak menggunakan widget dan efek yang berlebih. Anda juga perlu memastikan anda menggunakan jasa cloud hosting yang bisa memproses dan menampilkan blog Anda dengan cepat.

Apa pentingnya cloud hosting bagi blog Anda? Cloud hosting sendiri adalah layanan hosting yang menggunakan teknologi cloud computing, yang memanfaatkan internet sebagai pusat server yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan data yang ada di komputer. Sekarang ini sudah banyak penyedia layanan cloud di Indonesia, seperti halnya Cloud Raya. Dengan memilih cloud hosting provider yang terpercaya seperti Cloud Raya, maka Anda dapat mempercayakan keamanan dan keefektifan blog Anda, karena Cloud Raya dilengkapi oleh fitur-fitur seperti storage, Virtual Machine, load balancer, dan masih banyak lagi.

Design suatu blog memang diharapkan untuk terlihat menarik bagi pengunjung, namun kenyamanan dan keamanan blog itu sendiri juga perlu diperhatikan. Menggunakan teknologi cloud seperti Cloud Raya dapat menjadi solusi praktis untuk Anda.

Kenali produk cloud kami di www.cloudraya.com atau hubungi kami langsung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cloud hosting dan konsultasi mengenai kebutuhan teknologi bisnis Anda.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya