ARTICLE


Perbedaan Antara Cloud Publik dan Cloud Pribadi

28 October 2020 by Marketing Cloudraya

Perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi bisa dilihat dari manfaat serta sistem yang digunakannya. Komputasi Awan merupakan teknologi yang populer dan sangat diminati saat ini. Teknologi ini menggabungkan antara komputer dengan jaringan internet, sehingga dapat memudahkan aktivitas pekerjaan.

Komputasi awan memiliki infrastruktur berbasis internet yang menawarkan kelebihan yang lebih banyak, selain efektif, teknologi juga dapat membangun data center tradisional melalui skalabilitas, kinerja dan keamanan yang baik. Tidak heran jika teknologi ini banyak digunakan oleh organisasi, instansi, lembaga atau perusahaan di Indonesia.

Sebagai teknologi IT, komputasi awan memiliki model yang sangat populer, yaitu Private serta Public. Perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi harus Anda ketahui dengan baik sebelum memilih model teknologi tersebut. Sampai saat ini, komputasi awan banyak digunakan oleh perusahaan khususnya untuk dalam bidang bisnis.

Mengenal Private Cloud dan Public Cloud

Sistem komputasi private adalah salah satu jenis teknologi yang sangat populer sebagai solusi hosting. Sistem awan pribadi ini dikenal juga dengan internal atau eksternal sistem, digunakan oleh perusahaan untuk membangun data center. Private dapat menyimpan semua data dilindungi oleh firewall dan bisa diakses dengan mudah.

Sistem komputasi publik adalah jenis teknologi yang digunakan lebih dari satu perusahaan atau instansi. Dalam teknologi ini, Anda tidak bertanggung jawab atas pengelolaan solusi hosting dari publik. Teknologi ini dapat memudahkan proses pengelolaan maupun pengujian produk baru di perusahaan.

Perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi bisa dilihat dengan jelas, termasuk dari namanya. Namun, keduanya memiliki fasilitas keamanan yang sama atau bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan Anda. Bahkan jika Anda ingin menggabungkan kedua jenis komputasi awan tersebut, Anda bisa menggunakan Hybrid.

Sistem komputasi hybrid menjadi solusi terbaik jika Anda ingin memanfaatkan teknologi Private dan Public. Private bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis dengan menyertakan sumber daya khusus bersifat private. Sedangkan Public digunakan untuk operasi yang tidak sensitif, sehingga tidak menimbulkan sesuatu yang berisiko.

Sistem Keamanan Teknologi Private Cloud dan Public Cloud

Selain perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi, manfaat keduanya juga sangat besar bagi kehidupan manusia. Private mempunyai sistem keamanan yang lebih baik dan bersifat lebih private atau rahasia. Anda juga bertanggung jawab dalam mengelola serta menggunakan teknologi tersebut.

Sedangkan pada Public, keamanannya masih dibawah komputasi pribadi. Hal ini dikarenakan komputasi publik digunakan oleh lebih dari satu perusahaan dan ada pihak ketiga didalamnya. Internet yang sangat luas membuat data Anda bisa diakses oleh orang lain jika tidak diberi keamanan tinggi.

Private teknologi biasanya dimanfaatkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan khusus untuk kepentingan pribadi. Dalam pemanfaatannya, hanya untuk kebutuhan pribadi saja tidak untuk umum. Komputasi private tidak bisa diakses sembarangan ataupun tidak disebarluaskan di media maya setelah data diupload.

Public Computing bisa diakses secara umum karena sifatnya terbuka. Untuk menjaga keamanan data, Anda harus menggunakan password yang kuat dan unik agar tidak bisa dihack. Jangan menyimpan data sensitif dalam sistem untuk menjaga privasi Anda pribadi. Hal ini menjadi perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi.

Kemudahan dan Kepatuhan Kontrol Private Cloud dan Public Cloud

Jika dilihat dari kemudahan dan kepatuhan kontrolnya, keduanya memiliki performa yang berbeda. Private Computing lebih digunakan untuk kebutuhan industri atau bisnis secara ketat, sehingga kepatuhan adalah poin terpenting. Didalamnya, semua data sensitif disimpan dengan aman atau tidak bisa diakses oleh orang lain.

Public Computing biasanya digunakan untuk kebutuhan sosial media, seperti Instagram, Youtube, Twitter, Facebook atau sebagainya. Data didalamnya bermacam-macam serta bisa diakses oleh orang lain. Dalam komputasi awan publik, Anda tidak disarankan untuk menyimpan data pribadi yang mungkin dapat dilihat oleh orang lain.

Penerapan sistem Computing pribadi dapat meningkatkan pengawasan atau kontrol kepada organisasi atau perusahaan. Jenis sistem ini hanya bisa digunakan dalam satu bisnis yang memiliki kemampuan konfigurasi yang baik. Perusahaan harus bisa mengelola teknologi tersebut untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak.

Perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi pada penerapannya. Untuk sistem komputasi publik, terdapat pihak ketiga yang mengelola sistem didalamnya. Semua orang bisa menggunakan dan menikmati layanan ini dengan mudah. Sebagai pengguna, Anda harus menggunakan password kompleks agar tidak dihack oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Strategi Private Cloud dan Public Cloud

Selain dari keamanan, kemudahan dan penerapannya, komputasi pribadi maupun publik bisa dibedakan atas strategi yang digunakan. Untuk private, terdiri dari perangkat keras telah dihosting dan memiliki fasilitas lengkap. Biasanya jenis teknologi ini dibayar secara paket atau sesuai kebutuhan pengguna.

Untuk lebih aman lagi, Anda bisa menggunakan jaringan eksklusif dalam memanfaatkan teknologi komputasi awan ini. Perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi dari strateginya ini tidak terlalu kaku maupun sesuai dengan kebijakan masing-masing.

Teknologi awan sudah digunakan sejak dulu oleh banyak orang. Seiring berjalannya waktu, teknologi ini terus berkembang dengan fitur menarik. Karena dibangun oleh beberapa perusahaan, komputasi publik memiliki strategi yang tidak terlalu ketat. Setiap pengguna bisa dengan mudah mengakses data pribadi maupun orang lain jika sudah memiliki password.

Jenis Private Cloud dan Public Cloud

Perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi memang sangat terlihat. Namun, jika dilihat dari jenisnya, kedua komputasi awan ini dibedakan atas:

  • Virtual

Sistem komputasi virtual merupakan lingkungan yang lebih tertutup dan memiliki beban kerja terpisah dengan setiap pengguna. Saat ini teknologi digital lebih memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Virtual sama dengan berbasis online atau menggunakan layanan internet.

  • Hosted

Jenis teknologi awan lain menurut layanan yang diberikan diantaranya hosted. Dalam lingkungan private sistem, server tidak dibagi dengan organisasi lainnya. Penyedia layanan akan memelihara perangkat, jaringan, serta melakukan konfigurasi jaringan dengan baik.

Sedangkan untuk model public, ada beberapa pihak yang bisa mengelola server dalam teknologi ini. Pihak ketiga tersebut bisa memperbarui perangkat, jaringan serta konfigurasi sesuai kebutuhan bersama atau umum.

  • Managed

Jika dilihat dari sistem managednya, lingkungan private sistem dilakukan oleh penyedia atau organisasi. Mereka bisa mengelola semua aspek yang ada, baik itu menerapkan pelayanan tambahan, penyimpanan data dan manajemen identitas aman.

Sedangkan dalam Public Computing, pengelolaannya dilakukan oleh pihak tertentu sesuai kesepakatan. Pihak tersebut berhak untuk mengelola lingkungan awan ini sesuai kebijakan untuk kepentingan bersama, khususnya publik. Komputasi awan sudah mulai merambah ke berbagai sektor kehidupan, mulai dari finansial, bisnis, industri hingga pendidikan. Sebagai pengguna yang baik, Anda harus bijaksana dalam memanfaatkan teknologi canggih saat ini. Perbedaan antara cloud publik dan cloud pribadi memang terlihat, namun keduanya memiliki manfaat besar bagi perusahaan atau lembaga.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya