Mengenali Serba-serbi Ping dan Berbagai Fungsinya

apa itu ping, manfaat dan cara kerjanya.jpg

Apa ya ping itu? Kenapa ya mengetahui cara cek ping itu penting?  Tenang, pasti kamu pernah menjumpai halaman yang nyatanya tak kunjung muncul saat ingin diakses? Kadang kala, koneksi internet pun sampai disalahkan padahal sedari tadi tidak ada gangguan.

Nah, Ping disini hadir untuk memberi solusi bagi kamu yang seringkali mengalami kejadian tak mengenakan seperti yang disebutkan di atas. Eits, tapi apa ya yang dimaksud dengan Ping itu? Terdengar kurang familiar sepertinya.

Pada artikel kali ini, kamu akan disuguhkan informasi mengenai serba-serbi Ping. Kamu dapat mengetahui mulai dari apa itu Ping sampai kiat melakukan pengecekan terhadap Ping. Yuk, langsung saja kita mulai pembahasan pertama.

1.  Mengenali yang Dimaksud dengan Ping

Tak kenal maka kenalan, maka dari itu… Pertama-tama kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan apa yang dimaksud PING itu sendiri. Nah, apa sih, yang dimaksud dengan Ping? Sebuah perangkat lunak, kah? Atau istilah dari komponen Laptop?

Packet Internet Network Groper adalah kepanjangan dari singkatan Ping, jadi Ping ini sebenarnya merupakan sebuah singkatan. Secara umumnya, pengertian dari apa itu Ping adalah bentuk perintah atau instruksi, yang dibuat untuk melakukan pengecekan terhadap status dan keberadaan dari host dalam sebuah jaringan internet. Ketika memberlakukan Ping ini dilangsungkan, maka hasil atau respon yang diperoleh, akan sesuai dengan status host pada laman itu sendiri.

2.  Prosedur Kerja PING

Ping sendiri memiliki prinsip utama layaknya penggunaan sonar yang diberlakukan untuk mengukur kedalaman area laut. Yang mana, prosedur kerja dari sonar ini dilakukan dengan mengirimkan sinyal ke dasar laut yang kemudian waktu kembali dari sinyal tersebut menjadi bentuk perhitungan kedalamannya.

Prinsip kerja Ping ini dapat dikatakan mirip dengan prinsip kerja sonar. Dengan instruksi atau perintah Ping, kamu dapat mengirim sebuah paket data yang dapat disebut sebagai ICMP ECHO ke host tujuan. Lalu, host akan melakukan pembalasan dengan paket data berupa ICMP_ECHO_REPLY.

Jika kamu menerima respon atau jawaban, maka artinya host tengah tidak aktif. Namun, ketika respon yang didapatkan cukup lama. Maka ada gangguan yang perlu ditinjau dan diperiksa terlebih dahulu.

3.  Manfaat Ping

Dengan adanya Ping ini kita sama-sama dapat mengetahui status keaktifan host atau server, melakukan pengukuran terhadap lamanya respon atau balasan dari host, serta meninjau kualitas dari koneksi internet kamu berdasarkan hasil respon atau jawaban Ping yang kamu terima.

Baca juga : Apa itu server, pengertian, Jenis, Fungsi, Beserta Cara Kerjanya

4.  Cara Melakukan Cek Ping dengan Sistem Operasi Windows

Ada beberapa langkah yang dapat kamu jalankan untuk agar pengecekan terhadap Ping yang ada pada sistem operasi windows ini dapat diberlakukan, antara lain adalah :

  • Bukalah Windows PowerShell ( Windows 10)
  • Lakukan pengetikan instruksi terhadap Ping dengan format: ping [alamat domain atau alamat IP] lalu tekan tombol Enter.
  • Tunggu dan lihat progresnya
  • Lalu kamu pun akan menerima informasi berupa Reply atau merupakan balasan dari host yang diikuti oleh informasi alamat IP, Request Timed Out (RTO) yang dapat diartikan sebagai tidak adanya balasan sesuai waktu yang ditunggu Ping tersebut, Bytes akumulasi dari total data, Time adalah lamanya waktu respon dari host data yang dikirimkan, TTL (Time To Live) adalah durasi atau waktu paket data yang berada jaringan.

Jadi, pemberlakuan Ping dapat menjadi solusi bagi kamu yang kesal dengan halaman yang tak kunjung muncul, saat pemberlakuan terhadap pengaksesan sebuah website dilakukan. Semoga informasi ini dapat menambah pemahamanmu mengenai Packet Internet Network Groper dan bila Kamu masih punya pertanyaan terkait ping, silakan tinggalkan komentar di bawah, ya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud