ARTICLE
Mengenal Pentingnya Peran Data Center Pasca Terjadi Bencana Alam

Mengenal Pentingnya Peran Data Center Pasca Terjadi Bencana Alam

28 Februari 2022 by Marketing Cloudraya

Tahukah Anda, bahwa bisnis yang bergantung pada koneksi internet juga sangat tergantung dengan peran Data center. Sehingga jika sebuah lokasi data center mengalami kerusakan, maka tak dapat dipungkiri para pengguna akan terkena dampak yang signifikan apalagi jika berhubungan dengan risiko kebakaran.

Tahukah Anda, Apa itu Data Center?

Data center atau pusat data adalah fasilitas fisik (bangunan) yang dipakai sebagai tempat menyimpan sistem komputerisasi dan komponen lainnya yang terkait, seperti sistem komunikasi data dan sistem penyimpanan. Maka, dapat ditarik benang merah bahwa peran data center adalah repositori terpusat bagi pemilik kepentingan pada institusi.

Sementara itu, fungsi data center adalah untuk menampung traffic website atau aplikasi web. Oleh sebab itu, tak heran ketika terjadi kebakaran di data center, secara otomatis sistem internet di beberapa bisnis pengguna jasa data center akan ikut turun dan tidak dapat berfungsi untuk sementara waktu.

Nah, agar tidak terjadi hal serupa, penting dipahami bahwa gedung penempatan data center wajib dirancang sebaik mungkin untuk menghadapi segala macam gangguan, masalah hingga bencana. Hal ini agar bisnis bisa terus berjalan dengan baik. Dengan begitu, penempatan lokasi bangunan tempat data center berada harus sesuai dengan standar internasional yang berlaku. Penempatannya bersifat khusus atau tidak sembarangan. Data center juga harus memperhatikan sisi catu daya, tahan gempa dan kebakaran, serta jaminan kemampuan untuk beroperasi selama 24/7.

Kerugian Bisnis Dapat Disebabkan Hanya Karena Salah Pilih Data Center

Bagi para pebisnis yang bergelut dibidang online service, memilih data center merupakan pilihan sulit. Pasalnya salah pilih data center dapat memberikan dampak kerugian bisnis yang cukup siginifikan.

Bayangkan saja ketika salah satu marketplace online mengalami downtime saat jutaan pengguna tengah melakukan transaksi. Secara tidak langsung transaksi tersebut batal dan dengan mudahnya jutaan pengguna tadi berpindah ke marketplace lain dengan kondisi server yang lebih stabil.

Selain itu, apabila gedung data center tidak dirancang untuk tahan bencana alam, maka data yang tersimpan di dalamnya bisa saja hilang karena fasilitas penyimpanan yang rusak akibat bencana alam. Resiko selanjutnya yang wajib menjadi pertimbangan adalah serangan siber dari hacker yang memungkinkan pencurian data website. Hal ini bisa saja terjadi apabila data center tidak dilengkapi sistem perlindungan kehilangan data. Isu pencurian data ini pernah dialami oleh salah satu aplikasi keislaman. Hal ini menyebabkan beberapa pengguna aplikasi meng-uninstall aplikasi tersebut karena takut data pribadinya diperjual belikan. Tentunya dengan tindakan uninstall dari pengguna merupakan salah satu kerugian terbesar dalam bisnis aplikasi ini.

Beralih ke Data Center Tier 4; Solusi Website Bisnis Online

Agar tidak terjadi kerugian yang siginifikan, wajib bagi para pemilik website bisnis online memilih data center yang aman dan handal. Data center tier 4 yang memiliki SLA (Service Level Agreement) 99,999% dan tidak pernah mengalami downtime dapat menjadi solusi.

Beberapa keunggulan lain yang dimiliki data center tier 4 adalah letak gedung data center tier 4 berada di lokasi yang sangat aman dan didesain untuk meminimalkan dampak gempa hingga 8,2 skala Richter. Serta ditinggikan hingga 2,5 meter dari permukaan jalan untuk mengurangi kemungkinan terkena banjir.

Data center tier 4 juga mendapat jaminan pasokan listrik berlimpah dari dua pembangkit listrik yang berbeda. Keunggulan lainnya dapat dirasakan ketika listrik padam. Tak perlu risau data center tier 4 memiliki redundancy dari UPS yang mampu menyediakan listrik selama 15 menit. Selain itu, mereka juga dilengkapi dengan redundancy dari generator penyedia listrik yang bisa digunakan dalam jangka waktu 72 jam.

Jadi, jika Anda merupakan pemilik bisnis yang mengandalkan internet sebagai komponen utama, silahkan pilih data center yang mumpuni. Hal ini tidak lain agar segala jenis kendala dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

Temukan informasi-informasi lainnya seputar IT di Blog dan Knowledge Base Cloud Raya. Atau jika Anda tertarik untuk mencoba Public Cloud dari Cloud Raya, Anda bisa langsung mencoba fitur-fitur kami dengan sign up secara gratis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image