ARTICLE
Layanan Managed Service dan Managed Service Desk, Apa Perbedaannya?

Layanan Managed Service dan Managed Service Desk, Apa Perbedaannya?

26 Juli 2022 by Marketing Cloudraya

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memastikan kinerja server agar tetap berjalan lancar adalah dengan memaksimalkan peran customer service. Meskipun demikian, terdapat beberapa hal yang mampu membuat pelanggan berhenti untuk menggunakan jasa dan layanan. Beberapa diantaranya yaitu karena terjadi masalah pada layanan dan lamanya respon serta kesulitan dalam menghubungi customer support.

Karenanya, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan layanan managed service dari pihak ketiga atau perusahaan lain. Sehingga, waktu maupun sumber daya yang dimiliki dapat difokuskan untuk mengejar revenue perusahaan maupun melakukan inovasi pada layanan.

Pengertian Managed Service

Managed Service merupakan salah satu layanan yang dilakukan oleh perusahaan lain atau pihak ketiga dengan tujuan untuk mengelola sistem atau infrastruktur. Pada pengelolaan tersebut, di dalamnya mencakup pengelolaan sistem keamanan pada server, proses backup dan pengelolaan database, pemantauan kesehatan server, penyediaan sistem CRM untuk customer service, dan lain sebagainya.

Layanan Managed Service dengan fitur yang mengutamakan Customer Business tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Proactive Monitoring

Fitur ini memiliki beberapa fungsi yang bertujuan untuk mengumpulkan alert atau malfungsi dari sistem pelanggan. Selain itu, proactive monitoring juga bertujuan untuk memberitahukan kepada pelanggan jika terjadi adanya malfungsi atau warning alert pada sistem. Kemudian, engineer atau helpdesk dapat memberikan rekomendasi sebelum dilakukannya problem handling.

  • Problem Handling

Problem handling merupakan salah satu bentuk penanganan dari berbagai permasalahan yang dilakukan oleh engineer.

  • Configuration Request

Fitur ini merupakan salah satu bentuk layanan permintaan pelanggan yang berhubungan dengan sistem dan akan diproses bersama dengan ticket sebelum dilakukannya tahap eksekusi. Hal ini mampu memberikan kemudahan dan keuntungan kepada pelanggan untuk menerima informasi secara akurat.

  • Preventive Maintenance

Fitur ini merupakan salah satu jenis pemeliharaan yang dilakukan oleh engineer kepada berbagai perangkat hardware. Tujuannya yaitu agar sistem tetap dapat berjalan dengan baik. Selain itu, fitur ini juga dapat meminimalkan terjadinya kerusakan pada perangkat ketika sistem sedang berjalan.

  • Patch Management

Fitur ini merupakan salah satu bentuk layanan di mana engineer akan selalu memonitor patch dan update dari sistem. Setelah itu, engineer akan mengirimkan rekomendasi pre patch report dan melakukan eksekusi repatch sesuai persetujuan atau approval dari customer.

  • Report and Recommendation

Merupakan salah satu bentuk laporan mengenai performansi berbagai sumber data atau resource dan rekomendasi yang dibutuhkan dalam periode bulanan.

Pengertian Managed Service Desk

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/

Managed Service Desk merupakan salah satu bentuk layanan yang dilakukan oleh perusahaan lain atau pihak ketiga untuk mengelola kegiatan customer service beserta sistemnya. Sehingga, fokus perusahaan dapat terkonsentrasi pada peningkatan kompetensi inti untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasionalnya.

Kesimpulan serta Perbandingan Managed Service dan Managed Service Desk

Penggunaan layanan managed service desk dapat digunakan sebagai salah satu bentuk penanganan terhadap berbagai jenis kegiatan customer service beserta sistem yang dibutuhkan dan dilakukan oleh perusahaan pihak ketiga.

Beberapa contohnya yaitu seperti penyediaan sumber daya manusia untuk agent help desk atau call center, sistem pengelolaan operasional call center, infrastruktur pendukung, hingga SOP yang mungkin memang dibutuhkan sesuai dengan perjanjian dan ketentuan yang telah disepakati tentunya.

Layanan managed service dan managed service desk dapat menjadi salah satu alternatif all-in-one solution yang digunakan oleh perusahaan untuk mengoptimalkan performa infrastruktur serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Demikian penjelasan mengenai layanan managed service dan managed service desk bagi Anda. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai tambahan informasi dan pengetahuan untuk dapat membandingkan dan membedakan kedua jenis layanan managed service.

Kunjungi Blog dan Knowledge Base Cloud Raya untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar teknologi dan Cloud Raya. Atau Anda juga bisa mencobai panel simple cloud raya dan cari tahu tentang layanan managed service cloud raya, cukup dengan registrasi gratis di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image