ARTICLE
Kenali Content Delivery Network (CDN) dan Beberapa Keuntungannya!

Kenali Content Delivery Network (CDN) dan Beberapa Keuntungannya!

25 Agustus 2022 by Marketing Cloudraya

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat beberapa tahun terakhir tentu membawa dampak positif terhadap kemudahan akses informasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemudahan tersebut adalah Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi secara cepat meskipun data informasi tersebut berasal dari negara-negara di benua lain di seluruh dunia.

Salah satu hal yang dapat membantu kemudahan akses informasi data adalah Content Delivery Network (CDN). Artikel berikut akan membahas beberapa hal terkait dengan Content Delivery Network (CDN) dan keuntungannya bagi Anda. Simak informasi lengkapnya pada penjelasan berikut.

1. Content Delivery Network (CDN) dan Keuntungannya

Sebelum mengenali Content Delivery Network (CDN) dan keuntungannya, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal sebagai berikut.

a. Pengertian Content Delivery Network (CDN)

Content Delivery Network (CDN) merupakan sekelompok server yang tersebar secara geografis untuk menyediakan pengiriman konten informasi digital dalam internet secara cepat dan mudah.

Misalnya saja, Anda yang berada di Indonesia ingin mengakses website yang web hosting-nya berada di Eropa. Tentu tidak menutup kemungkinan akses informasi tersebut mengalami kendala karena keterbatasan jarak dan kecepatan yang dapat mengakibatkan timeout.

Content Delivery Network (CDN) dapat membantu Anda untuk dapat memperoleh informasi berupa konten-konten web seperti gambar, video, CSS, dan Custom Script yang tersebar secara geografis tersebut. Sehingga, mampu memuat halaman dengan lebih cepat dan mencegah atau meminimalisir adanya timeout karena perbedaan zona perolehan informasi.

b. Manfaat Content Delivery Network (CDN)

Terdapat beberapa manfaat dari penggunaan CDN, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Website Lebih Ringan

CDN mampu memberikan kemudahan pada website agar lonjakan aktivitas lalu lintas (traffic) di dalamnya menjadi lebih mudah untuk dikelola serta mampu meningkatkan dan menurunkannya intensitas traffic yang berlebihan dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini mampu mengurangi dan menghilangkan sedikit beban pada server guna meminimalkan adanya downtime.

  • Meningkatkan Keamanan

Penggunaan CDN mampu meminimalisir dan memitigasi serangan DdoS secara otomatis. Selain itu, sertifikat TLS atau yang pada umumnya disebut sertifikat SSL dapat diimplementasikan pada sebagian platform CDN untuk memastikan semua lalu lintas telah dienkripsi. Saat ini, CDN juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang menambah perlindungan seperti hotlink protection dan secure tokens.

c. Kelebihan Content Delivery Network (CDN)

Beberapa kelebihan dari CDN di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Biaya Lebih Rendah

Penggunaan CDN mampu menghapus biaya tambahan karena tidak ada infrastruktur lain yang perlu dikelola. Sehingga, biaya pemeliharaan dapat dialokasikan kepada kebutuhan lainnya. Sebagai gantinya biaya bandwidth server dapat dikurangi karena konten dikirim oleh server CDN sebagai gantinya. Anda juga tidak perlu meningkatkan paket hosting karena website tidak banyak menangani masalah traffic sendirian.

  • Meningkatkan Konversi

Banyak kasus membuktikan bahwa peningkatan kecepatan keseluruhan website juga akan meningkatkan hasil konversi. Terutama untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara otomatis. Karenanya, penggunaan CDN mampu meningkatkan konversi untuk mencapai tingkat sasaran penjualan yang lebih tinggi.

  • Mengurangi Bounce Rate

Beberapa faktor yang berkontribusi pada tingginya bounce rate diantaranya adalah navigasi, tampilan, hingga fungsi tombol. Karenanya, salah satu faktor terpenting adalah berapa lama website tidak memuat konten.

CDN dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian, mesin konversi dan penjualan, serta meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

d. Komponen Content Delivery Network (CDN)

Terdapat beberapa komponen pada CDN yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Point of Presence

Point of Presence atau biasa disebut dengan POP merupakan lokasi geografis tempat sekelompok edge server berada. Beberapa gabungan POPs di beberapa lokasi geografis, akan membentuk keseluruhan jaringan. Jumlah total POP yang membentuk CDN beserta lokasinya dapat memberikan efek besar pada cakupan global.

  • Edge Servers

Edge server merupakan jenis server yang berada di antara dua jaringan dan terletak di setiap POP. Edge server merupakan cache proxy sederhana yang memiliki cara kerja mirip dengan cache web browser yang tidak menghasilkan konten untuk situs web, namun menyimpan salinan konten dalam cache.

f. Cara Kerja Content Delivery Network (CDN)

Ketika Anda tidak menggunakan CDN, semua konten dikirimkan oleh server asal. Misalnya ketika asal server ada di Kanada, pengguna yang berada di Indonesia dan China akan menerima konten dari satu lokasi yang sama. Karenanya, jarak antara lokasi yang meminta dan server asal yang merespons memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keseluruhan waktu pemuatan.

Sedangkan ketika Anda menggunakan CDN maka semua konten akan dikirimkan oleh POP terdekat dari lokasi geografis pengguna yang meminta. Artinya, jika server asal berada di Kanada, pengguna dari Indonesia dan China akan menerima konten dari lokasi server yang berbeda. Jarak lokasi server yang lebih pendek juga akan turut mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat halaman website.

2. Cara Kerja Content Delivery Network (CDN)

Sumber: https://www.freepik.com

a. Jenis Konten yang dapat Dikirim Melalui CDN

Terdapat beberapa jenis konten yang dapat dikirim melalui CDN, di antaranya yaitu static content dan dynamic content. Static content merupakan informasi yang mengirimkan konten dalam bentuk tetap atau statis. Karenanya, Javascript yang mempengaruhi interaksi dalam website Anda, serta CSS yang menentukan penampilan dari website Anda, tetap tidak akan berubah untuk seluruh pengunjung dan dapat diklasifikasi sebagai static content.

Sedangkan dynamic content merupakan konten yang dapat berubah berdasarkan pengunjung. Misalnya, Anda berkeinginan untuk menjaga agar ongkos kirim ter-cache untuk beberapa jam karena ongkos kirim tidak sering berubah. Meskipun demikian, konten seperti rekomendasi produk tetap akan sering berubah sehingga tidak bisa di-cache.

b Cara CDN Meningkatkan Waktu Muat Halaman

Umumnya, CDN memiliki fungsi untuk meng-cache konten dan mengirimnya kepada pengunjung website agar mampu memangkas waktu dalam memuat laman. Karenanya, konten perlu ter-cache di PoP selama mungkin. Sehingga, semakin lama tersimpan, akan semakin cepat juga kecepatan website Anda.

c. Cara Update Cache CDN

Anda dapat meng-update cache CDN dengan memperbaharui konten maupun URL pada server utama. Setelah itu, pastikan bahwa URL yang telah dikombinasikan dapat terus ter-update dan sinkron dengan server utama Anda.

3. Meningkatkan Performa Website dengan Content Delivery Network (CDN)

Sumber: https://www.freepik.com

Apakah CDN dapat Digunakan di Semua Layanan Hosting?

Penggunaan CDN umumnya dapat Anda gunakan di semua layanan hosting. Hal tersebut karena layanan hosting dapat membantu Anda untuk meningkatkan kecepatan akses website, mengurangi disk space, dan penggunaan bandwidth serta mampu memastikan bahwa content Anda dapat didistribusikan dengan cepat tanpa mempedulikan jarak pengunjung website dengan server hosting Anda.

Apabila Anda menggunakan layanan shared hosting atau hosting gratis, CDN dapat membantu Anda untuk menghemat resource penggunaan yang berdampak signifikan karena dibatasi pada layanan seperti itu. Karenanya, jika suatu saat website mendapat lonjakan pengunjung, CDN dapat memastikan bahwa hal tersebut tidak membuat Anda kehabisan batas resource.

Demikian beberapa informasi mengenai Content Delivery Network (CDN) dan beberapa keuntungannya. Semoga artikel tersebut dapat membantu menjadi tambahan wawasan Anda terkait beberapa sistem digital yang mampu menunjang berbagai aktivitas digital Anda melalui penggunaan dan pemanfaatan internet.

Dapatkan informasi seputar teknologi lainnya di blog dan juga Knowledge Base Cloud Raya. Atau Anda juga bisa mengunjungi kanal Youtube kami untuk menemukan video tutorial seputar cloud, networking, dan Cloud Raya.

4.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image