ARTICLE
Ingin Website Berkembang? Pahami Fungsi SSL dan Cara Kerjanya

Ingin Website Berkembang? Pahami Fungsi SSL dan Cara Kerjanya

28 Desember 2021 by Marketing Cloudraya

Anda ingin mengembangkan nilai jual website? Fungsi SSL bisa menjadi solusi tepat dengan berbagai manfaat. Rupanya telah banyak website memanfaatkan SSL untuk meningkatkan keamanan, SEO, dan teknik marketing lainnya. Maka dari itu, pahami fungsi SSL hingga cara kerjanya dalam artikel ini.

Mengenal SSL

Berdasarkan Wikipedia, SSL atau Secure Socket Layer dapat melindungi website dari serangan kejahatan cyber. Caranya dengan melakukan enkripsi data antara website dan web browser, sehingga informasi tidak dapat terbaca oleh pihak ketiga (hacker). Umumnya, pada URL website yang memiliki sertifikat SSL akan menampilkan HTTPS dan bukan lagi HTTP.

Jika Anda pernah mendengar TLS, maka diantara keduanya, baik fungsi SSL maupun TLS merupakan komponen penting dalam suatu website. Saking pentingnya, sistem operasi Chrome melabeli website tanpa sertifikasi SSL/ TLS sebagai laman “Not Secure”.

Istilah SSL sebenarnya telah diganti menjadi TLS, walau begitu banyak orang telah lekat dengan istilah SSL dan tetap menggunakannya hingga kini. TLS dirancang lebih canggih dan baik dari SSL.

Fungsi SSL (Secure Socket Layer)

Setelah mengetahui peranan besar pada SSL, selanjutnya memahami fungsi sebenarnya dari Secure Socket Layer berikut ini:

1. Enkripsi Data

SSL juga merupakan protokol jalur antara website dengan web browser. Jalur tersebut biasanya rentan indikasi pencurian data. Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya jika data yang diinput pihak pertama (user) berupa data sensitif, seperti PIN, password, email, indentitas pribadi, dan lainnya.

Fungsi SSL mampu mengubah data menjadi bahasa pemrogaman yang sulit terlacak oleh pihak ketiga (hacker) dengan cara enkripsi data.

2. Melindungi Website

SSL berperan memberikan perlindungan ganda pada website Anda agar tidak mudah dibajak oleh oknum tak bertanggung jawab. Data dan informasi Anda pun semakin aman dan minim risiko kebocoran data. Berkat protokol yang diubah SSL dari HTTP menjadi HTTPS, membuat website Anda semakin aman digunakan untuk melakukan pertukaran data.

3. Meningkatkan Reputasi Website

Selain melindungi website beserta data dan informasi penting, fungsi SSL mampu meningkatkan reputasi website Anda. URL website tanpa SSL dan masing mengunakan protokol HTTP akan secara otomatis dilabeli Not Secure oleh Google. Hal itu berdampak pada mobilitas visitor yang hendak mengunjungi website Anda. Lain halnya dengan menggunakan SSL, protokol berubah menjadi HTTPS dan dikenali Google sebagai situs aman bagi visitor.

4. Meningkatkan Kualitas SEO

Jika Anda telah memasang sertifikat SSL pada website, tentu saja berdampak besar pada kualitas SEO (Search Engine Optimize). Algoritma Google mengutamakan website dengan sertifikat SSL dibandingkan tanpa SSL.

Cara Kerja SSL (Secure Socket Layer)

Sertifikat SSL atau (Secure Socket Layer) membantu mengamankan komunikasi dua komputer atau lebih yang terhubung dengan jaringan internet. Pertama, pertukaran data akan terjadi, seperti mengunjungi website, pengiriman dan penerimaan email, transaksi jual-beli online dan pertukaran data penting perusahaan. Pada saat tersebut, SSL langsung mengubah bahasa menjadi bahasa pemrogaman yang sulit dipecahkan lewat enkripsi data.

Kombinasi sertifikat SSL yakni public key digunakan enkripsi data yang akan dikirim. Sedangkan private key digunakan mendekripsi data dalam format yang mudah dibaca setelah kembali pada penerima data.

Selanjutnya SSL mengubah HTTP menjadi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) yang akan berpepran untuk transfer informasi dari satu komputer ke komputer lain dengan sistem keamanan ganda.

Sekarang Anda telah mengetahui apa fungsi dan cara kerja SSL. Temukan banyak artikel seputar IT lainnya di Blog dan Knowledge base Cloud Raya. Atau, Anda juga bisa langsung membangun VM dengan sign up ke Cloud Raya untuk mendukung performa website Anda.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x