ARTICLE
Cloud Storage vs Cloud Computing: Apa Perbedaannya?

Cloud Storage vs Cloud Computing: Apa Perbedaannya?

23 Agustus 2021 by Marketing Cloudraya

Memasuki era digital, pastinya istilah Cloud Storage dan Cloud computing sering terdengar, tapi apakah Anda sudah mengerti perbedannya?

Sejak internet berkembang pesat, media penyimpanan menawarkan alternatif baru yaitu cloud storage dan cloud computing. Keduanya sangat berkaitan erat dan mengandalkan jaringan internet.

Sebagai media penyimpanan online, cloud storage dan cloud computing menawarkan berbagai kelebihan yang menguntungkan untuk para penggunanya. Ulasan selengkapnya akan disampaikan berikut ini.

Apa itu Cloud Storage?

Cloud storage merupakan media penyimpanan online yang lebih canggih, koneksi internet merupakan andalannya untuk akses data. Dibandingkan dengan media penyimpanan onffline seperti hardisk dan flashdisk, cloud storage merupakan terobosan baru.

Menyimpan data menggunakan cloud storage lebih diminati karena berbagai alasan. Penyimpanan cloud diyakini lebih aman dari serangan virus atau kerusakan seperti yang biasa terjadi pada hardisk atau flashdisk.

Namun kendala cloud storage adalah kapasitas yang sudah ditentukan, Anda tidak bisa menyimpan data yang terlalu besar.

Kalau ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar, bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar.

Mengenal Cloud Computing

Cloud Computing adalah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan yang digunakan untuk CPU, RAM, Network Speed, OS, Software atau Storage internet.

Transfer data tidak dilakukan secara fisik dan proses daya komputasinya berada di lokasi pengguna yang memakai layanan cloud. Fokus dari cloud computing adalah pengolahan dan pemrosesan data di server agar bisa ditampilkan sesuai kebutuhan.

Contoh dari cloud computing diantaranya adalah Google Cloud Platform, AWS EC2, Microsoft Azure dan lainnya.

Baca juga article kami: Pengertian dan Perbedaan IaaS, PaaS, dan SaaS

Perbedaan Cloud Storage vs Cloud Computing

Cloud storage masuk ke dalam teknologi cloud computing, bedanya ada pada penggunaan teknologi dimana cloud computing tidak hanya menyimpan. Akan tetapi cloud computing juga bisa mengakses data untuk mengolahnya kembali.

Teknologi tersebut sangat efisien, dimana user bisa mengakses data dari mana saja. Yang terpenting adalah adanya device yang terhubung ke internet  dengan tetap mengandalkan kecepatan koneksi agar prosesnya tidak terkendala.

Perbedaan dari keduanya bisa mengerucut menjadi seperti ini:

  • Cloud storage membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, sedangkan cloud computing membutuhkan keberadaan memori dan cpu yang lebih banyak untuk melakukan pemrosesan.
  • Cloud computing lebih banyak digunakan pada kebutuhan tingkat lanjut, baik bisnis atau aplikasi tertentu. Sedangkan cloud storage penggunaan penyimpanannya lebih ke data pribadi, kelompok atau pekerjaan.
  • Dalam hal pengelolaannya, cloud storage lebih sederhana untuk dilakukan. Sedangkan untuk cloud computing harus memiliki atribut tambahan dalam pengelolaannya seperti akses pengguna, common line interface dan lainnya.

Kedua penyimpanan cloud tersebut sama-sama menjadikan server sebagai titik utama.

Itulah perbedaan cloud storage vs cloud computing yang bisa Anda ketahui. Keduanya bisa dijadikan sebagai alternatif canggih dalam menyimpan data yang penting.

Jika Anda penasaran dengan bentuk dari cloud computing, Anda bisa mencoba mempelajarinya secara langsung dan coba merakit infrastruktur cloud Anda sendiri pada panel Cloud Raya, dan rasakan manfaatnya, Sign Up di sini.

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x