ARTICLE
Berbagai Macam Jenis Software Cloud Management

Berbagai Macam Jenis Software Cloud Management

10 November 2020 by Marketing Cloudraya

Saat ini ada berbagai macam jenis software cloud management bisa dipakai. Namun ternyata tidak semua orang benar-benar memahami tentang manajemen ini. Manajemen awan adalah platform untuk mengelola private-cloud, public-cloud, multicloud ke hybrid. Sehingga fungsinya cukup lengkap.

Dengan adanya manajemen awan membuat setiap orang bisa membangun, menggunakan aplikasi, dan mengontrol hybrid environments lebih mudah. Semuanya bisa dikerjakan dengan cara otomatis sesuai kebijakan yang berlaku. Hal ini berlaku untuk major public clouds provider dan environment on premise.

Selain itu, biasanya software manajemen awan juga menyediakan fleksibilitas dan high level agility kepada pengguna. Supaya segala bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu supaya lebih mengenalnya, kami akan berikan sedikit penjelasan tentang berbagai jenis software managemen awan.

Berbagai Macam Jenis Software Cloud Management 

Pada dasarnya ada 3 jenis tingkatan software pada manajemen awan yang harus diperhatikan. Yaitu IaaS, SaaS, dan PaaS. Ketiganya memiliki perbedaan tersendiri jika dilihat dari fungsinya. Untuk itu berikut akan kami jelaskan letak perbedaan dari masing-masing jenis software cloud management tersebut di bawah ini:

Macam jenis software yang pertama adalah SaaS atau singkatan dari Software as a Service. Ini adalah layanan berbentuk perangkat lunak (software). Anda bisa menemukannya dari Spreadsheet, Google Docs, dan Adobe Creative. Umumnya setiap pengguna bisa memanfaatkan aplikasi itu tanpa memahami letak penyimpanan datanya dan cara pengelolaan aplikasinya.

Karena semuanya sudah dimasukkan ke dalam sebuah penyedia SaaS. Dengan memahami salah satu dari berbagai macam jenis software cloud management ini, Anda bisa mengakses aplikasi tanpa menyiapkan storage perangkatnya dulu. Karena pihak vendor menjamin reliabilitas aplikasi dan ketersediaannya. Sehingga setiap pengguna bisa fokus menggunakan aplikasinya.

PaaS ini berbentuk platform as a service bisa digunakan untuk pembuatan aplikasi. Jadi dengan adanya PaaS membuat pengguna bisa menyewa rumah dan lingkungannya supaya aplikasinya berjalan dengan lancar. Jadi sewanya sudah termasuk database engine, network, framework aplikasi, sistem operasi, dll. 

Salah satu contoh layanan penyedia berbagai macam jenis software cloud management ini adalah IBM Bluemix. Anda bisa menciptakan aplikasi sendiri lewat fiturnya. Idealnya fitur yang disediakan skalabilitasnya tinggi. Jadi semakin banyak penggunanya, maka aplikasinya terbantu secara otomatis dalam melayani pengguna.

Terakhir, IaaS atau Infrastructure as a Service. Ini adalah salah satu contoh jenis software manajemen awan yang layanannya memberikan sumber daya infrastruktur dengan lengkap. Baik dari jaringan, server, storage, sampai dengan ruang data centernya. Saat menggunakannya sama saja pengguna menyewa komputer virtual kosong.

Tipe Cloud Berdasarkan Penyebarannya

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang berbagai macam jenis software cloud management, saatnya mempelajari tipe dari teknologi awan berdasarkan penyebarannya. Seperti yang diketahui bahwa manajemen awan merupakan proses pengawasan kontrol administratif yang digunakan pada lingkungannya. Berikut ini adalah macam-macam tipe teknologi awan berdasarkan penyebarannya:

  1. Public. Ini adalah tipe yang layanannya bisa diakses langsung lewat jaringan publik secara online. Jadi semuanya dapat diakses menggunakan internet karena pihak vendor menyediakan layanan ke banyak klien dengan infrastruktur sama. Sehingga tipe ini tidak aman karena sifatnya umum.
  2. Private. Tipe ini hanya bisa digunakan oleh klien tertentu. Seperti namanya cara aksesnya menggunakan jaringan private jadi tidak berbagi dengan pengguna lain. Sehingga jenis cloud ini sering dipakai oleh perusahaan untuk mendapat akses kontrol fisik secara penuh. Namun biayanya biasanya lebih mahal.
  3. Hybrid. Teknologi ini merupakan gabungan dari private dan public cloud. Jadi penggunaannya bisa disesuaikan kebutuhan perusahaan. Untuk berinteraksi dengan pelanggan bisa menggunakan public cloud. Sedangkan untuk media penyimpanan data menggunakan private supaya sistemnya lebih aman.
  4. Community. Tipe ini infrastrukturnya terbagi atas organisasi atau perusahaan. Jadi biasanya community cloud digunakan oleh pemerintahan pada 1 negara tertentu karena sifatnya komunitas. Sehingga pemanfaatannya disesuaikan dengan namanya. Dengan memahaminya, ini akan membantu Anda memilih tipe teknologi awan seperti apa yang sedang dibutuhkan saat ini.

Layanan Cloud Management Platform

Sebelum memilih berbagai macam jenis software cloud management seperti yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya pahami juga layanannya. Sehingga Anda tahu apa saja yang bisa dilakukan oleh platform cloud management sistem. Berikut ini adalah beberapa layanan yang umumnya ditawarkan oleh platform tersebut:

  1. Self service sesuai namanya. Dalam hal ini pelayanannya meliputi sumber daya aplikasi dan infrastruktur yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Umumnya layanan ini memiliki beberapa pilihan consumption, yaitu katalog atau CLI dan API. Jadi perhatikan kebutuhan Anda sebelum memilihnya.
  2. Multi Cloud Management. Layanan ini merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan dengan public cloud. Biasanya layanannya bekerja sama dengan Azure, AWS atau Amazon Web Service, dll. Pastikan Anda memahami kegunaannya dulu bila ingin memilih layanan berbentuk multi cloud management ini.
  3. Automation. Layanan yang satu ini cukup menguntungkan untuk pelanggan. Karena didalamnya meliputi layanan pemeliharaan sumber daya secara otomatis. Dimana semuanya dilakukan melalui blueprint. Sehingga semua komponen layanan yang dibutuhkan akan dipelihara dan disediakan secara otomatis sesuai kebutuhan pelanggan.
  4. Operations Management. Layanan ini sangat berguna sekali untuk membantu mengambil keputusan. Dengan begitu segala bentuk masalah yang terjadi bisa diselesaikan dengan cepat. Karena didalamnya ada seperti machine learning yang bertugas untuk memperlihatkan semua datanya secara lengkap dalam kondisi prima.

Dalam hal ini sebaiknya pilih provider yang tepat dimana mereka harus mampu memberikan efisiensi, tingkat agility, dan kontrol tinggi sebaik mungkin. Sehingga proses pengembangan aplikasi semakin mudah karena didukung oleh berbagai macam jenis software cloud management yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Efektifitas Pemanfaatan Cloud Management

Masih berkaitan dengan masalah keamanan, umumnya beberapa pengguna teknologi cloud ada yang merasa bahwa datanya lebih aman disimpan sendiri. Jadi beberapa dari mereka masih menggunakan cara manual untuk menyimpan datanya. Padahal sebenarnya berkat cloud management yang baik membuat segalanya semakin mudah.

Meskipun semua data disimpan secara online, namun tidak berarti siapapun bisa mengaksesnya dengan mudah. Umumnya berbagai macam jenis software cloud management mempunyai sistem yang dapat memberikan batasan akses kepada pengguna agar semua data yang tersimpan tetap aman ke dalam teknologi awan.

Software cloud management menyediakan jaringan publik dan private. Sehingga siapa yang bisa mengakses datanya lewat cloud bisa diatur dengan mudah. Jadi daripada menggunakan cara manual, cloud management itu lebih praktis! Meskipun dalam prakteknya mungkin dibutuhkan sedikit adaptasi bagi pengguna. Namun hal ini tidak menghalangi pengguna untuk mendapatkan kemudahan. Dengan adanya vendor cloud membuat setiap kontrol data lebih mudah. Jadi hal ini sangat berperan penting dalam pengembangan usaha. Itulah sebabnya memahami berbagai macam jenis software cloud management itu penting supaya tahu perangkat mana yang terbaik.

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya