ARTICLE
Apakah Penyimpanan Personal Cloud Privat Aman?

Apakah Penyimpanan Personal Cloud Privat Aman?

12 Agustus 2021 by Marketing Cloudraya

Penyimpanan data bisa dilakukan dengan berbagai cara, tidak hanya di flashdisk atau harddisk eksternal. Salah satunya adalah di personal cloud privat, tapi Apakah Penyimpanan Personal Cloud Privat Aman? Untuk menjawab pertanyaan tersebut simaklah ulasan artikel di bawah ini.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dan kebutuhan penyimpanan data sangat besar, maka muncullah media penyimpanan seperti privat cloud. Ini merupakan salah satu dari tiga jenis komputasi cloud yang ada sekarang. Tiga jenis komputasi cloud tersebut diantaranya, privat cloud, public cloud dan hybrid cloud.

Ulasan akan lebih spesifik ke penyimpanan private cloud.

Apa Itu Penyimpanan Private Cloud?

Private cloud diartikan sebagai salah satu model komputasi, dimana layanan ini menawarkan lingkungan kepemilikan khusus untuk keperluan satu entitas bisnis.

Sebagaimana jenis komputasi cloud lain, private cloud menyediakan sumber daya komputasi virtual. Kemudian nantinya bisa diperluas melalui komponen fisik yang disimpan di lokasi atau pusat data vendor.

Memilih private cloud berarti Anda akan mendapatkan peningkatan derajat kontrol yang ditawarkan kepada organisasi. Karena penyimpanan private cloud hanya bisa diakses oleh satu organisasi maka harus memiliki cara yang unik untuk mengelolanya sesuai kebutuhan komputasi perusahaan.

Alasan Memilih Penyimpanan Private Cloud

Suatu organisasi bisnis atau perusahaan harus menjalankan proses bisnisnya secara internal. Tentunya hal tersebut membutuhkan sistem yang privat agar tidak diganggu oleh pihak lain.

Private cloud merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi proses bisnis tersebut. Selain mementingkan proses bisnis, suatu perusahaan juga memiliki kebutuhan akan kapasitas penyimpanan data, jaminan keamanan data dan yang lainnya.

Dengan menggunakan penyimpanan private cloud juga suatu perusahaan bisa mengatur sendiri sistem yang dimilikinya sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Memilih private cloud memudahkan user untuk mengontrol atau mengelola cloud sesuai kebutuhan. Private cloud hanya bisa diakses oleh user atau pengguna yang spesifik yang diberikan kewenangan tersebut.

Jadi, Apakah Penyimpanan Personal Cloud Privat Aman?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, maka sebaiknya harus memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini.

  • Sertifikasi security cloud

Pastikan perusahaan layanan penyimpanan private cloud memiliki sertifikasi security berupa ISO 27001 dan memiliki SLA. Kedua sertifikasi tersebut berguna untuk menjamin kerahasiaan data Anda.

Jika perusahaan penyedia private cloud memberikan garansi seperti itu, maka Anda bisa bernafas lega. Karena jika data bocor dan melanggar SLA, izin layanannya akan dicabut dan diproses secara hukum.

  • Besaran data yang akan disimpan di private cloud

Pastikan Anda mengkalkulasi dan memilah data dengan benar agar data yang disimpan merupakan data yang penting. Karena jika data yang tidak penting ikut disimpan, itu hanya akan menambah harga penyimpanan private cloud.

  • Data sudah terenkripsi selama proses upload dan download

Pastikan data sudah terenkripsi atau tidak selama proses upload/download dari cloud. Pastikan aplikasi yang tersedia dari cloud memiliki layanan enkripsi ketika terhubung ke komputer atau server.

  • Terenkripsi ketika sudah disimpan di cloud

Cek kembali ke penyedia private cloud mengenai syarat dan ketentuannya, biasanya perusahaan penyedia cloud tidak meng-enkripsi data. Jadi ketika menyimpan data yang sangat rahasia, Anda harus memastikannya sudah terenkripsi.

Kemudian mengetahui juga cara men-decrypt data Anda kembali ketika akan diambil dari private cloud.

Jadi, setidaknya harus memperhatikan hal-hal di atas untuk menjawab Apakah Penyimpanan Personal Cloud Privat Aman? Jawabannya, aman selama hal-hal yang disebutkan di atas bisa terpenuhi, terutama sertifikasi keamanannya.

Untuk lebih memastikan keamanan, Anda bisa menggunakan jasa cloud provider yang mempunyai fasilitas keamanan ekstra seperti Cloud Raya. Di dukung oleh teknologi keamanan CyberProtect Acronis, tim support yang siaga 24/7, dan user-friendly panel, dapat memaksimalkan usaha Anda dalam mengamankan cloud storage.

Sign up dan cari tahu fasilitas apa saja yang diberikan Cloud Raya dengan menjelajahi isi panelnya sekarang!

0 0 votes
Article Rating

Ready to Make Something Big?

Deploy in Cloud Raya
Top Footer Image
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x