Apa itu Switch? Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa itu switch?

Apa itu switch dan bagaimana peranannya dalam jaringan komputer?

Teknologi informatika sungguh luas dan tentunya tak dapat dipisahkan dari komputer dengan segala komponen pada jaringannya. Komponen yang terdapat dalam komputer memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing, seperti mengatur biner pemrograman dan media penghubung beberapa PC agar dapat saling bertukar informasi dan data.

Switch merupakan satu dari sekian komponen penting bagi komputer, umumnya punya fungsi membantu bertukarnya informasi dan data beberapa komputer. Bagi Anda yang belum paham mengenai apa itu switch, beserta fungsi, jenis, tujuan dan cara kerja. Maka, simak ulasan berikut ini agar paham:

Mengenal Apa itu Switch?

Switch

Sumber gambar: freepik

Switch adalah perangkat jaringan untuk menghubungkan 2 atau lebih komputer dalam satu jaringan (concentrator).  Switch lebih terarah, sehingga pertukaran data dapat langsung diterima alamat yang dituju. Hal itu disebabkan Switch mampu mendeteksi tujuan data yang akan dikirimkan menuju alamat penerima, sehingga meminimalisir terjadinya collision pada saat pengiriman data.

Apa Saja Fungsi Switch?

Secara umum, Switch berfungsi sebagai concentrator pada jaringan komputer dengan bantuan topologi star, namun beberapa fungsi di bawah ini dapat menyatakan bahwa sesungguhnya Switch sangat kompleks, berikut ulasannya:

Address Learning

Switch mampu mencatat alamat MAC dari perangkat jaringan komputer yang terhubung dengannya. Jadi, saat data yang terkirim diterima oleh Switch, maka data tersebut secara otomatis dicatat berdasarkan alamat MAC pengirim, kemudian mempelajari rute data sebelum diteruskan agar lebih terarah.

Menyaring Data Frame

Selain kemampuan mencatat MAC address, Switch mampu menyaring dan meneruskan data frame atau paket data yang diterima menuju alamat yang dituju, ke MAC address mana dan port ke-berapa. Sehingga, data tidak bertabrakan.

Looping Avoidance

Looping Avoidance berfungsi saat Switch salah menerima data dan tak dikenali tujuannya. Umumnya terjadi akibat kesalahan pengkoneksian kabel port-port Switch. Sehingga, terjadi looping (perputaran) pada port. Switch dapat mencegah dengan memblok salah satu port yang terkoneksi ke perangkat lain.

Jenis-jenis Switch

Switch merupakan komponen penting dalam jaringan yang memiliki kemampuan efektif dalam bertukar, memproses, dan menerima data. 

Terdapat beberapa jenis switch yang dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai aspek. Simak penjelasan singkat mengenai berbagai jenis switch berikut.

Berdasarkan OSI (Open System Interconnection) 

  • Switch Layer 2: Beroperasi pada lapisan data link OSI dan meneruskan data dengan melihat MAC address tujuan.
  • Switch Layer 3: Terletak di lapisan network OSI dan meneruskan data dengan menggunakan IP address.

Berdasarkan Fungsinya

Switch memiliki beberapa jenis yang memiliki fungsi dan kelebihan berbeda-beda, jenis switch tersebut adalah::

  • Unmanaged Switch:

digunakan pada jaringan skala kecil, seperti kantor atau rumah. Fungsinya mengelola aliran data antara printer dan beberapa komputer. Umumnya tak membutuhkan pengaturan rumit, sehingga instalasinya mudah dan murah.

  • Managed Switch:

Kelebihan user interface memudahkan pengguna saat mengkonfigurasi Switch, dan melakukan beberapa metode sekaligus.

  • Smart Switch:

memanfaatkan web base, sehingga mampu mengatur dan mengubah kebutuhan jaringan komputer secara otomatis.

  • Enterprise-Managed Switch:

Enterprise-Managed Switch digunakan skala besar pada perusahaan ternama yang membutuhkan jaringan sebagai monitoring dan konfigurator.

Berdasarkan Bentuk dan Cara Kerjanya 

  • ATM Switch: Meneruskan data dalam bentuk sel dan menggunakan mode transfer asinkron.
  • ISDN Switch: Digunakan pada service provider untuk koneksi Frame Relay Over ISDN.
  • DSLAM Switch: Digunakan pada line telepon untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet dengan teknik multiplexing.
  • Ethernet Switch: Berfungsi sebagai perangkat interkoneksi LAN pada lapisan data-link OSI, mendukung lebih banyak segmen LAN tersambung dengan manajemen yang lebih banyak.

Setiap jenis switch memiliki kelebihan dan kegunaan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan jaringan yang dihadapi. Pilihlah jenis switch yang sesuai untuk mengoptimalkan kinerja jaringan Anda.

Tujuan Switch

Paham dengan switch serta ragam jenisnya, berikut tujuan switch yang tak boleh dilewatkan untuk diketahui:

  • Meningkatkan kinerja pada jaringan lebih optimal.
  • Mengurangi beban kerja program masing-masing PC host.
  • Mengurangi benturan antar frame ketika terjadi collision pada koneksi.
  • Menghubungkan antara Switch dengan workstation secara otomatis.

Cara Kerja Switch

Pada dasarnya melakukan pertukaran hingga memproses data yang lebih efisien dibandingkan HUB. Switch akan menerima data yang terkirim kepadanya lewat perangkat (kondisi terkoneksi).

Kemudian, switch mendeteksi dan mencocokkan alamat MAC perangkat tujuan berdasarkan tabel yang dimiliki. Selanjutnya, Switch membuat logika koneksi menggunakan port yang terhubung dengan alamat perangkat yang dituju. Switch mengurangi potensi tabrakan data pada port penghubung.

Kesimpulan

Sampai saat ini, Anda tentunya telah memahami konsep switch dari pengertian dasarnya hingga cara kerjanya. Switch merupakan sebuah komponen jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan sejumlah perangkat pada suatu jaringan. Switch bekerja secara terarah sehingga kinerjanya dalam mengirim, memproses, dan menerima data jauh lebih cepat. Switch memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu:

  •    Switch yang dikelola (managed switch)
  •     Switch tanpa pengelolaan (unmanaged switch)
  •     Switch yang dikelola secara enterprise (enterprise managed switch)
  •     Switch pintar (smart switch)

Demikianlah pembahasan seputar switch dari Cloud Raya. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Bandwidth: Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja

Dengan layanan-layanan unggulan seperti Virtual Machine, storage & backup, dan berbagai layanan cloud lainnya, Cloud Raya siap membantu Anda mengoptimalkan infrastruktur teknologi informasi bisnis Anda. Dapatkan kecepatan, keandalan, dan keamanan dalam setiap solusi teknologi yang kami tawarkan. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Cloud Raya dan bergabunglah dengan kami untuk membawa bisnis Anda ke level berikutnya dalam era transformasi digital. Salam sukses online!

Temukan artikel seputar teknologi lainnya di blog CloudRaya. Atau, jika Anda membutuhkan tutorial yang lebih technical, Anda bisa mendapatkannya di halaman Knowledge Base dan juga channel Youtube CloudRaya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ready, Set, Cloud

Ready, Set, Cloud